Memberikan ASI memang tugas utama seorang mama, karena yang pasti seorang papa tidak bisa memberikan itu untuk bayi mereka :). Namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai seorang papa untuk membantu proses pemberian ASI menjadi lebih lancar.new-family

Perlu anda ketahui, ada banyak mama yang kesulitan untuk memberikan ASI bagi bayi mereka (baca: Rahasia memperlancar pemberian ASI mula-mula). Padahal apabila ASI dapat diberikan dengan lancar, selain antibodi alami yang didapat oleh si bayi, orang tua juga akan banyak dibantu secara materi.

Berikut adalah hal kecil yang bisa dilakukan papa:
1. Beri perhatian dan tanyakan kondisi mama, jangan hanya anaknya saja. Ini hal kecil, namun bagi mama yang sudah capek mengurus ini itu, apalagi kalau ASInya kurang lancar, perhatian ini akan menyuntikkan semangat dalam hatinya.

2. Membantu saat pemberian ASI di malam hari. Pemberian ASI di tengah malam memang melelahkan dan membutuhkan pengorbanan seorang mama yang cukup besar. Bila mama meminta bantuan papa sebelum atau disaat memberikan ASI, seperti mengambilkan popok baru, merapikan tempat tidur bayi, cobalah untuk menjalankan dengan segenap hati. Ini akan membantu mama dalam proses menyusui tadi.

3. Bila nafsu makan mama kurang, doronglah untuk makan. ASI dapat diproduksi oleh tubuh mama dengan banyak dan baik tentunya memiliki bahan baku. Bila bahan bakunya kurang, darimana lagi didapatkannya? Beri multi vitamin alami yang dapat memenuhi gizi bagi keduanya, baik untuk mama maupun si kecil.

4. Beri pujian bila mama selesai memberikan ASI, baik itu lancar atau tidak lancar. Beri semangat lagi untuk terus mencobanya, karena saat-saat ini (saat pemberian ASI) adalah saat emas bagi si bayi dan tidak mungkin dapat diulangi lagi dalam kehidupannya, ulangi kata-kata ini agar mamapun semakin bersemangat.

Pengalaman papa selama masa ini, saya berusaha untuk di rumah selalu ada camilan buat mama apabila sewaktu-waktu dia lapar (khususnya setelah menyusui) ada makanan yang masuk. Yang paling sering saya sediakan adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat banyak, seperti roti, jajan pasar dan juga beberapa jenis buah.

Mengutip lagu “In love with you” by Jacky Cheung:
“Tell me that you love me
tell me that you care.
Tell me that you need me
and I’ll be there…”

Ini saat pembuktian bagi papa dong. ;) Ya kan ma?

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

3 Responses to “Bantuan kecil papa disaat pemberian ASI mula-mula yang berdampak besar”

  1. Lamunadi says:

    Saya tidak saja ikut ambil bagian dalam urusan ASI, bahkan kedua anak saya boleh dikatakan sejak bayi hingga balita, besar di tangan saya … he .. he .. he .. :)

    Salam. 8-)

  2. yudi oktiadi nugraha says:

    dibaca yaaa…

  3. Baby-C says:

    setuju dengan artikel ini, dukungan dari suami sangat menentukan suasan hati ibu yang pada akhirnya berefek pada Asi yang dikeluarkan. :-bd

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »