babybacaKerinduan seorang papa dan mama adalah bisa melihat anaknya bertumbuh kembang. Kapan anak nya bisa bicara, bisa duduk dan merangkak, bisa berdiri dan kapan waktunya dia bisa berjalan. Sungguh hal yang menyenangkan yang akan atau sudah anda alami.

Ada beberapa anak yang cepat berbicara lancar, ada anak yang kurang lancar dan bahkan ada anak yang susah sekali untuk berbicara. Mengapa demikian?

Berikut tips yang bisa dilakukan sebagai seorang mama untuk membantu si kecil pandai berbicara :

1. Ajak si kecil berbicara sejak dini.

Contoh : saat mandi, ajaklah dia berbincang bincang ’aduuuh segarnya….hangat ya airnya…..basahi rambut dulu sayang, basahi badan lalu pakai sabun biar bersih’

Memang keliatannya aneh, krn anda seperti sedang berbicara sendiri tetapi itu perlu anda lakukan untuk merangsang respon si bayi.

2. Gunakan bahasa bayi. Dalam berinteraksi dengan si kecil gunakan bahasa yang sederhana, agar dia dengan mudah dapat memahami maksud anda.

3. Berusahalah menyimak perkataan bayi. Meskipun anda tidak mengerti artinya, berusahalah untuk menyimak apa yang dia katakan. Dengarkan dan berikan respon positif kepadanya, itu membuat bayi anda merasa gembira karena anda mau berinteraksi dengan nya.

4. Katakan perkataan yang benar, jangan cedal.

Banyak mama yang keliru ketika berbicara dengan si bayi menggunakan bahasa yang cedal.

Contoh : ”cayaang….ayo minum cucu ya”

Bayi anda akan menangkap & meniru apa yang anda contohkan, saat dia sudah bisa berbicara dia akan mengatakan ”ma….minta cucu”

Pengalaman mama: anak saya yang pertama, usia 1,5 taon sudah bisa mengatakan ’susu’ dengan jelas , di usia 3 taon bisa mengucapkan kata ”R” dengan jelas seperti ’kereta, mobil besar’ dsb.

5. Bila anak anda salah mengatakan sesuatu, jangan mengulagi yang salah, melainkan langsung mengatakan yang benar.

Contoh: “ma… itu bebendela”(bendera maksudnya). Anda jangan mengatakan: “Bukan bebendela tapi bendera”. Ini kurang tepat, tidak usah diulang, tapi langsung dibenarkan: “Ooo itu bendera”.

Dapat pointnya?

Anda memiliki pengalaman lain dalam mengajar anak bicara ?? Silahkan kami pun ingin mendengarnya

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

26 Responses to “Kebiasaan sederhana agar si kecil lancar berbicara”

  1. Nuun says:

    Wah, makasi artikelx. Kbetulan sy pny ank 11bln

  2. bintangtimur says:

    Wah, saya jadi ingat 18 tahun yang lalu, pada saat anak saya lahir, mbak. Betul banget, orang tua terutama ibu memang harus rajin berbicara dengan bayinya. Jangan pernah berbicara karena terpaksa. Ngomel-ngomel apalagi….Selain itu wajah kita juga harus menyenangkan untuk dipandang. Bayi yang dilimpahi dengan tutur kata baik dan wajah menyenangkan dari orangtuanya, pasti akan menjadi anak yang ramah dan mudah bergaul dengan teman-temannya. Salam kenal ya :)

  3. mama says:

    @nuun : terima kasih ats dukungan anda, smoga artikel ini bs bermanfaat buat anda & keluarga

    @bintangtimur : tentunya anda memiliki pengalaman banyak sekali, terima kasi ats sharingnya, sungguh bermanfaat bagi keluarga muda spt kami.

  4. Rinjari says:

    artikelnya berguna sekali….terimakasih..:)

  5. Diah Pitaloka says:

    Makasih artikelnya,anakku baru 18 hari nich.Artikelnya banyak membantu ,matur suwun.

  6. Karnilasari Bmt says:

    Anak saya baru bisa bicara usia 19 bulanan. Sampai usia 3,5thn masih ada cedalnya. Setelah saya ikutkan ngaji, Alhamdulillah setelah bisa baca huruf hijaiyah ‘RO’, anak saya bisa bisa bilang kata yang ada ‘R’nya. Semua itu baru saya sadari setelah anak saya ikut ngaji slama 2 bulan.

  7. linna says:

    saya punya anak 3 taon,, belum juga bisa bicara,, dia hanya bisa mamah, mamam, engga, tida.. yang gitu2 aza.. tolong bantu saya!! kadang dia bicara yang tidak dimengerti. anak saya sebenarnya dah ngerti, klo di suruh “buang sampahnya k tempat sampah dia dah tau” pokoknya dah ngerti semua!! klo di liat temen2 nya seusia anak saya malah anak saya yg paling ngerti!!!! dan anak saya aktif sekali. cuma itu yg saya harapkan dia bisa Bicara… tolong bantu saya…. Makasih!! [-Op

    • papadanmama says:

      Mama Linna jangan panik, yang penting adalah anak anda bisa bicara + mendengar dan udah mengerti.

      Sekarang untuk memperlancar anda bisa coba consult ke dokter spesialis anak sekalian minta vitamin untuk otak agar anak anda lancar bicara.

      Tindakan lain yang penting adalah berdoa, mintalah pada Sang Pencipta belas kasihan. Lakukan doa dan puasa bila itu dirasa perlu bagi anda berdua, karna papa dan mama adalah wakilNya di bumi ini.

  8. sri says:

    tolong bantu saya yach, saya punya anak usia 21 bulan, saat ini dia baru bisa bilang ayah, ma itupun dia ucapin ketika dia mau bicara ajah kalau kita ngomong dia tak mau ngikutin. kadang2 yg lucuny sesuatu yang pernah kita ajarin tapi dia tak ikutin spontan dia ucapin dikala liat anak kecil dibawah usiany, misalny liat anak tetanggaku yg baru usia 7 bulan dia panggil dedek. kalau perintah alhamdulillah sedikit udah mengerti. mis: disuruh duduk, disuruh berdiri, disuruh cuci tangan, berdoa dia pandai. tapi kadang2 dia ngeluarin bahasa yg aku ngga ngerti apa artinya, tolong bantu aku gimana caranya supaya anakku cepat pandai bicara…..

    • papadanmama says:

      Buat Sri, jangan panik dulu ma… perkembangan anak memang tidak sama, cowok biasanya lebih lambat berbicara namun tingkahnya lebih banyak daripada anak cewek…. belum lagi apabila ternyata kepribadiannya adalah pendiam.

      Nah, ada satu tips lain yaitu belikan VCD lagu anak, dimana ada anak yg nyanyi sambil bergaya. Biasanya si kecil akan juga ikutan nyanyi di depan TV, meskipun bahasanya belum lancar, gpp… nanti kalo dia menyanyi sendiri, anda bisa betulkan saat itu.

  9. Erlisabet says:

    Dear Papa dan Mama, mohon pencerahannya yah,

    Anak saya laki-laki usia 8 bulan 1 minggu, saat ini dia sudah mulai bablling dengan mengucapkan papapapapap dan mamamamama tapi dengan frekuensi yang sangat jarang sekali. Biasanya dia hanya suka bicara abrruuuuu (sambil meniup mulutnya), jika dipanggil dia akan menegok, cukup sensitif dengan suara2 asing (menoleh, sudah bertepuk tangan dan sudah mulai berpengangan di samping tempat tidur sambil berdiri. Saya sudah coba untuk rajin mengajak berbicara dengan ci luk ba perlahan2, namun biasanya hanya dibalas dengan abruuuuu. Apalagi yang harus saya lakukan agar dia lebih aktif bicara yah? Normalkah pada usia 8 bulan bertindak demikian? Mohon pencerahannya. Thanks

    • admin says:

      Halo mama Erlisabet, jangan kuatir ma… itu normal untuk anak laki-laki.
      Cowok cenderung aktif gerak tapi kurang bicara, sama seperti anak kedua kami juga.
      Yang penting papa dan mamanya aktif terus bicara agar kosakata si anak terus bertambah, meskipun si kecil sedikit menirukan.

      Ajak melihat VCD nyanyi anak-anak akan juga membantu dia bergerak, menari dan bernyanyi.
      Selamat menikmati waktu-waktu bersama si kecil ya ma…

  10. Bunda Asyfa says:

    Hai Mama.. Anakku sekarang usia 1,5 tahun tapi belum bisa berbicara. Hanya “mama” “mamba” “bobo” saja. Tapi dia aktif sekali bergerak, menari dan bermain. dan pintar sekali menirukan apa yang dia lihat. contoh ketika saya sedang sholat, langsung dia tiru bagaimana saya sholat. dan dia mengerti jika diperintah. saya juga sering mengajaknya berbicara. bagaimana lagi ya ma supaya anakku cepat bicara?

    • admin says:

      Penyebab utama anak kurang lancar berbicara dewasa ini adalah karena sering terlalu lama nonton tv.

      Bila sering menonton tv, kurangi saja, maksimal 2 jam per hari atau 2 VCD lagu anak dengan durasi masing-masing 1 jam, ajak bermain bersama sambil ngoceh….beri perintah ini itu, terkadang juga ajari dia untuk jadi pemimpin dalam permainan, misal mainan berbaris, kereta-keretaan, sekolah-sekolahan dsb.

      Terlalu sering nonton tv bisa mengurangi kosakata anak.

      Ada juga penyebab lain anak kurang lancar bicara adalah telinganya memiliki kotoran yang banyak, ini mengganggu pendengaran si kecil sehingga dia menjadi susah untuk menirukan kata-kata orang sekitar.

      Cari dokter khusus telinga (THT) untuk mengatasinya, jangan di bersihkan sendiri.

      Semoga membantu ya Bunda :)

  11. Terimakasih atas artikelnya..bagus.
    kebetulan anak saya umurnya 15 bulan dan sedang gencar2nya diajari bicara. Jadi tambah ilmu nih. ^_^
    klo boleh ijin copy artikelnya buat tambah2 artikel di blog pribadi. ^_^
    Terimakasih.

    Wassalam,
    Agung

  12. Nenx Unse says:

    Anak saya umur 2 tahun tapi belum bisa bicara baru bisa bilang mama,dua.pengen banget dengar dia bicara lancar,apa yang harus saya lakukan agar anak saya lancar bicara. http://papadanmama.com/blogs/w.....ies/21.gif

  13. Mama Darell says:

    Hai mama….
    Anak saya skrg umurnya 3,5 tahun,baru bs bicara daddy,ma,gak,iya tp itupun kalau keadaan kepepet alias terpaksa.Padahal waktu umur 7bulan darell sudah mulai bbrp kata misalnya daddy,mama,nenen,…tapi ketika umur sekitar 1tahun darell suka sekali puzle dan membuat sesuatu yg hasilny menjadi bentuk bangunan,kalau sudah begitu dia asik sekali dan bs berlama-lama.Sejak itu kemampuan bicara berkurang seperti malas,tapi darell anak yg lumayan patuh meskipun dia tidak suka kalau kita perintah dia tetap lakukan.darell juga anak yg tidak emosional seperti nerimo,tidak histeris.Yang jadi persoalan kami sebagai orang tua adalah bicara darell yg sangat irit dan sering berimajinasi+bicara tidak jelas.Mama…tolong dibantu ya,terima kasih banyak. [-Op

    • admin says:

      Dear mama Darell, jangan panik dulu dengan yang satu itu.
      Gpp ma,anak cowok memang lebih irit bicara daripada anak cewek, banyak gerak / aktif dan sering berimajinasi.

      Bila bicara tidak jelas, coba dilihat lubang telinga anak. Ada 2 kasus yang kami temui, anak yang bicara tidak jelas ternyata lubang telinganya penuh dengan kotoran telinga yang berjenis kering.

      Bila demikian,solusinya coba bawa ke dokter spesialis THT untuk di keluarkan kotoran tersebut.
      Jangan diambil sendiri ya, nanti bisa tambah masuk kotorannya.

      Bila anak berontak di tempat praktek dokter (spt: menggerak-gerakkan kepala dengan cepat ke kiri dan kanan), jangan dipaksa untuk diambil kotorannya karna gendang telinga itu sangat sensitif. Anak harus tenang saat diambil.

      Bila bukan karena kotoran telinga, maka solusinya adalah sering mengajak anak itu berdialog.
      Contoh: bermain bersama sambil bercerita, ambil buku bergambar dan ceritakan pada dia, ajak dia nyanyi dsb
      Bila salah pelafalan, ucapkan yang benar tanpa mengulangi lafal yang salah.

  14. nic says:

    hai… mama… anak saya laki-laki berumur 3,7thn. anknya sudah bisa berbicara.. cm komunikasinya belum lancar.. disaat kita menanyakan pertanyaan nya dia hanya mengulangi apa yg kita bilang dia tidak pandai menjawab pertanyaan kita. itu termasuk normal gak mama?? trs solusi dari mama untung supaya dia bisa berkomunikasi n menjawab pertanyaan saya dengan baik???? harap tolong dijawab ya pertanyaannya>>>>> terima kasih mama….

    • admin says:

      Halo nic, wah kalo cowok memang di desain lebih pendiam daripada cewek, pernah papa dan mama baca itu sekitar 2-3x.
      Namun cowok kecil itu… banyak tingkah, actionnya bikin gemes papa dan mama nya :)
      Kalo si kecil sudah menirukan kata-kata kita itu bagus, memang begitulah awalnya dia bicara.
      Sering-seringlah diajak menyanyi sambil bergaya, karena itu cara belajar yang paling efektif.
      Mari nikmati kembali masa kecil kita bersama anak-anak kita

      Dan… selamat berkicau deh hehehehe

  15. fitriy says:

    gini miss,anak saya berusia 29 bln. dia sangat aktif dan suka ngomong2 sndri tp dengan kata2 yg sulit dicerna!!dan sulit fokus bila diajak berkomunikasi.bagaimana cara memberi stimulasi yang tepat pada anak saya di usianya yang sekarang…. :)

    • admin says:

      Dear mama Fitriy,

      Mom… apa sudah dikonsultasikan ke dokter spesialis anak? misal waktu imunisasi, bisa anda tanyakan juga mengenai hal ini.
      Bila belum,coba tanyakan dulu, bila sudah, coba praktekkan ajaran2 dari dokter spa tersebut.

      Dari kami, papa dan mama menyarankan mama Fitriy untuk coba mengamati lebih dalam anak anda.
      Ada kasus (TIDAK semua anak sama), anak yang aktif karena dia alergi terhadap bahan makanan tertentu (misal: terigu)
      Ada juga anak yang aktif karena memang seperti itulah sifat dasarnya. Coba cek, apakah dia seperti papa / mama atau kakek / neneknya?

      Pada dasarnya anak butuh bergerak banyak untuk menguatkan otot dan tulangnya.
      Bila dalam aktivitasnya si kecil jarang berbicara, cobalah untuk bermain bersamanya, masuk ke dunianya.
      Ini butuh komitmen papa dan mama untuk sabar, sabar dan sabaaaaarrrrr :)

      Anda bisa menjadi ‘kuda’ (anda merangkak dan biarkan dia naik diatas punggung anda),
      bila dia mau menyebut kata ‘mau naik kuda’

      ‘Kuda’ bisa belok kiri, bila dia menyebut kata ‘belok kiri’ dsb

      Kalau dia bosan, ingin main sendiri, biarkan sesaat dan cobalah ajak bermain bersama lagi.
      Jaga mood anak anda, jangan dipaksa.

      Bisa juga anda main, tepuk tangan, cilukba atau permainan bernyanyi dengan gerakan.
      Buatlah dia tertarik dengan cara: papa dan mama bermain itu dulu.

      Kurangi televisi / game yang membuat si kecil sering ‘diam’ dan terserap dengan hal itu.

      Dan yang terpenting, doakan tiap pagi, papa dan mama adalah saluran berkat dari Yang Di Atas sana.
      Mintalah pada Sang Pencipta agar memberikan pertumbuhan yang sempurna untuk buah hati anda.

      Semoga dengan hal ini, kita makin sadar bahwa tanpa DIA kita bukan apa2.

      Semoga membantu.

  16. Rina says:

    assalamualaikum…
    anak saya zen sejak umur 6 bulan sudah bisa bilang “abah” itu kata yang pertama dikeluarkannya, saya juga sempet kaget apa iya anak 6 bulan sudah bisa ngomong?! tapi memang berkali2 bilang itu karena memang rumah saya waktu itu masih serumah sama orang tua jd mungkin sering denger kita manggil2 “abah”. dan tumbuh gigi sejak usia 7 bulan…lancar berjalan banget usia 1,5thn dan sampai sekarang sudah mau 2 tahun bulan mei 2013 besok. cerewetnya…minta ampun g pernah diem..dan berani ngomong sama orang lain diluar sejak usia 1.5 tahun..kira2 gimana itu dengan perkembangan anak saya? makasih

  17. ririen says:

    dear mama.
    anak saya laki2 30bulan masih belum lancar bicaranya.baru umi,bah (abah),nenek, nay (sepupunya) yang lain ga bisa sebut kayak mba dira,hanif,ijaz dll. kalo binatang paling bisa nyebut gajah,lainnya kalo monyet (u..u…u sambil garuk2 kepala),kucing (meong nyebutnya), sapi (mooo..), harimau,singa (aum….)tapi ditanya binatang yang lain dia tau nunjuk ke gambarnya.kalo nyebut umi abahnya dia bisa tapi giliran ditanya namanya nyengir aja…ato kaloditanya syauqi mana? dia nunjuk sambil bilang ni..kedadanya.

    gimana ya mba, saya sempet khawatir banget sama anak saya..autis ato cuma terlambat aj bicaranya. masalahnya sepupunya yang 1 bulan lebih tua waktu 18bulan udah bisa ngomong,sekarang malah lancar banget ngomongnya.

    oiya ma, anak saya suka banget nonton shaun the sheep..mbeeek gitu katanya tiap ada filmnya.trus kalo lagi nonton suka cuek aja pas dipanggil.mmg tv berbahaya ya?

    apa yang harus saya lakukan untuk anak saya cepat dan pandai bicaranya

    tq.ririn

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »