punchbabyAnda baru menjadi seorang mama? Atau anda baru memiliki keponakan yang kecil namun sudah punya gerakan yang banyak? Pasti sangat menyenangkan deh.

Untuk itu sebagai papa dan mama baru, kenali lah beberapa gerak reflek bayi anda, agar anda dapat memberikan stimulus yang tepat bagi anak anda.

Ada 5 gerak reflek bayi :

1. Refleks Kaget. Suara yang keras atau tiba-tiba akan membuat bayi merentangkan tungkai, lengan dan jari-jarinya, tubuhnya akan meregang ke belakang. Apabila anda masuk kamar dengan pelan-pelan namun membuat kaget si kecil, jangan kuatir, karna refleks kaget adalah reflek biasa bagi seorang bayi.

2. Refleks Babinski. Jika telapak kaki diusap perlahan dari arah pergelangan kaki ke jari kaki, maka jari-jari kaki akan terangkat ke atas dan kaki membelok ke arah dalam.

3. Refleks Menghisap. Jika pipi diusap, maka bayi akan menoleh ke arah rangsangan dengan mulut terbuka dan siap menghisap.

4. Refleks berjalan atau melangkah. Bila dipegangi di bawah lengan nya dalam posisi berdiri pada permukaan yang rata, bayi akan mengangkat salah satu kaki kemudian satu kaki lainnya, seperti gerakan melangkah.

5. Refleks menggenggam. Ketika bayi menghadap ke depan, tangan terentang, coba sentuhkan telunjuk anda ke tangan nya maka bayi akan mencoba menggenggam jari telunjuk anda.

Lakukan dengan sengaja untuk reflek-reflek diatas (kecuali reflek yang bikin bayi anda kaget) karena stimulus ini merupakan proses belajar bagi si kecil.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

4 Responses to “Mama baru? Kenali 5 gerak reflek bayi anda”

  1. Ahmadinda says:

    phew…… Jadi gak sabar cepet2 punya momongan ne ma….. Sabar…. Sabar….

  2. timur says:

    Assalam.

    Bagus-2

    saya kunjungi lagi 9 tahun kedepan.

    wassalam

    keep posting

    :-)

  3. mama says:

    @ahmadinda : terima kasih atas kunjungan anda pd blog ini, smoga informasi ini bs bermanfaat utk anda, salam sukses sll

  4. Batitaku says:

    Keep back with that interesting things!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »