sleepyMemiliki bayi baru lahir ??  Sukacita ???  Tentu………
Namun alangkah kagetnya saya ketika mengetahui ternyata hampir setiap malam saya tidak bisa tidur karena si kecil selalu terbangun dan menangis di tengah malam.

”Bagaimana ini, apa yang harus saya lakukan dan sampai kapankah bayi saya akan terbangun terus di setiap malam?
Itu mungkin yang menjadi pertanyaan dalam benak anda.

Jangan kaget dan jangan kuatir… BE HAPPY ! :)

Sebenarnya hal tersebut adalah fase awal yang memang harus dialami oleh papa dan mama yang baru memiliki bayi, karena bayi anda yang sebelum lahir di dunia telah hidup selama sembilan bulan di rahim yang gelap, perlu waktu untuk menyesuaikan diri.

Fase ini disebut  ’fase tertukarnya siang dan malam’.
Bayi di dalam rahim sangat aktif ketika mamanya sedang beristirahat dan ketika mamanya bangun dan beraktifitas, ia melambat, terbuai oleh gerakan-gerakan mamanya.

Untunglah kondisi tertukarnya siang dan malam ini bukan kondisi yang menetap, bayi anda kemungkinan besar akan berhenti menukar siang dan malam dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Untuk mempercepat proses tersebut, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sbb :

1.Usahakan mengurangi tidur siangnya untuk tidak lebih dari 3 ato 4 jam setiap kali tidur.
Membangunkan bayi yang tidur memang sulit tetapi bukan berarti tidak bisa, kecuali bila memang anda sendiri tidak ingin membangunkannya.
Cobalah dengan menggendongnya dengan posisi tegak, buat ia bersendawa, membuka bajunya, mengusap bagian bawah dagunya, atau menggelitik kakinya.

2.Sekali terbangun cobalah untuk membuatnya lebih terbangun dengan cara berbicara padanya, nyanyikan lagu, goyangkan mainan yang berada dalam jarak pandangnya, yaitu kira-kira 20-35 cm.

3.Perjelas perbedaan antara siang dan malam. Selama siang hari anda dapat menidurkan bayi di kereta dorong, bila ia tidur siang di kamar jangan menggelapkan kamar atau merendahkan suara di sekitarnya. Ketika dia terbangun berikan aktifitas yang membuatnya lebih terbangun.

4.Lakukan sebaliknya pada malam hari. Tidurkan bayi di tempat tidurnya dan gelapkan ruangan, relatif sunyi dan tidak ada aktifitas. Bagaimana pun tergodanya anda, jangan ajak dia bermain atau berbicara ketika ia terbangun, jangan menyalakan lampu atau TV sementara anda menyusuinya. Berikan lagu pengantar tidur yang lembut dan kembalikan bayi ke tempat tidurnya dalam posisi tidur yang ideal.

Cobalah lakukan tips diatas dan semoga bayi anda dapat menyesuaikan jam di dalam dirinya sehingga ia dapat tidur dengan baik di malam hari.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

7 Responses to “Mengatasi tertukarnya antara siang dan malam”

  1. timur says:

    Assalam.

    meskipun masih 9 tahun lagi jadi bapak-bapak tapi bagus juga buat wawasan.

    thanks for comments.

    wassalam

  2. davidyes says:

    info yang bagus buat orangtua.terutama yang lagi nunggu baby..
    :)

  3. info hb says:

    saya sangat salut dengan orang tua yang perhatian banget

  4. mama says:

    @timur : trima kasih, anda boleh berkunjung ke blog ini kapan saja tanpa harus menunggu 9 taon lg :D

    @davidyes : selamat! buat anda bila anda lg menunggu kelahiran sang baby

    @info hb : itu harapan kami, smoga semakin byk ortu yg betul2 peduli kpd anak2nya, salam kenal

  5. Wah ini kayanya benar2 tulisan yg baru bagi sya

    “Usahakan mengurangi tidur siangnya,Sekali terbangun cobalah untuk membuatnya lebih terbangun,Perjelas perbedaan antara siang dan malam”

    apa karena sya kurang perhatikan anak sya mungkin ya :-)

    ilmu yg bermanfaat bagi seorang bpk muda spt saya.

  6. mama says:

    @irwan : hahaha…jd introspeksi diri neh, ya..mudah2an informasi ini bs memberi manfaat pd byk org terutama buat keluarga muda spt anda dan saya, thx 4 ur comment

  7. sari maulida says:

    makasih buat tips nya.soal nya saya juga lg nunggu buah hati lahir kedunia.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »