badutSuatu saat ketika papa di rumah dan mengetahui bahwa sang buah hati belum belajar membaca dan menulis, maka dengan segera dipanggil si kecil yang lagi asyik main untuk belajar. Anda tau reaksinya kan? :) “Ntar lagi ya pa…”

Satu hal yang perlu papa dan mama ketahui adalah dunia anak adalah dunia bermain. Ya. Dunia anak adalah dunia bermain. Nah, teringat dengan buku Dale Carnegie: “Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain” andapun bisa memakainya untuk menggiring anak anda agar melakukan apa yang anda inginkan.

Satukan tujuan anda dan keinginan si kecil

Spontan aja papa ajak main juga waktu itu… “Main tebak-tebakan binatang yuk”. “Gimana pa?” sahut anak saya… Tersenyumlah saya saat itu :) karena dengan pertanyaannya… ada PINTU yang terbuka bagi saya untuk mengarahkan dia.

Beberapa bentuk permainan yang bisa dipakai:

1. Yang lambat dikasih bedak. Contohnya: Kemarin ketika papa pulang kerja, muka mama dan si kecil lagi seperti badut. Banyak polesan bedak di dahi, pipi dan dagu. Rupanya mereka berdua sedang bermain: “Yang lambat menulis suatu kata akan dikasih bedak”.

2. Bila benar di ayun-ayun. Ini papa lakukan ketika memberikan tebakan pada si kecil… kata ini dibaca apa? Bila jawabannya benar, maka saya berdiri, dia ada didepan saya dan membelakangi saya. Saya memasukan tangan ke ketiaknya untuk diangkat dan diayun-ayunkan ke depan ke belakang.

Anda bisa menambahkan sendiri bentuk-bentuk permainan yang sekaligus memberikan manfaat bagi si kecil untuk belajar. Yang terpenting adalah anak anda menjadi senang dengan proses belajar itu sendiri dan kita sebagai papa dan mama sudah memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Bila anda punya tips atau pengalaman, anda juga bisa berbagi ke papadanmama@papadanmama.com.

Sesederhana apapun tips anda, itu sudah merupakan suatu perbedaan yang nyata. 1 dan 0 itu beda kan? :)

Keep ACTION !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

3 Responses to “Rahasia agar si kecil suka belajar”

  1. Hi, good post. I have been wondering about this topic,so thanks for posting. I will definitely be subscribing to your site.

  2. yetty says:

    hi,,,,,aq punya anak usianya 5,5 thn.Tahun lalu saya masukin k TK tapi cuma bertahan 1 minggu habis itu sudah tidak mau sekolah lagi dan dia bilang mau sekolah dengan kakanya yang duduk di kelas 1.Tahun ini saya masukin dia di tempat kakanya ternyata hal yang sama terjadi dia tidak mau sekolah lagi dengan alasan capek menulis dan alternative lain HOME Schooling ternyata tidak berhasil juga.Apa yang harus saya lakukan? :-?

    • admin says:

      Mom Yetty yg lagi bingung, ada memang anak yang sukar untuk diajak sekolah, mesti sabarrrr ya…. :)
      Mama bisa perhatikan kenapa anak anda mau dan kenapa anak anda mulai tidak mau.

      Anak mau ke sekolah bila itu fun/menyenangkan bagi mereka.

      Coba cari apa kesenangan anak anda dan satukan dg keinginan anda (pergi ke sekolah)

      Contoh nyata : ada anak yang suka dg binatang dan bila disana ada kelinci atau ikan, cobalah ajak ke sekolah dengan tujuan memberi makan kelinci atau ikan dulu… baru masuk kelas.

      Bila anak suka dipuji, cobalah bekerja sama dg guru kelas, tentu dg ajak bicara dulu guru kelasnya — untuk sering memuji agar anak senang dan bangga. Dorong anak untuk cerita ke guru itu sehingga guru dapat memuji dan ia menjadi lebih senang ke sekolah.

      Berdoa juga, mintalah pada Yang Diatas agar memberikan keinginan belajar pada anak anda dan kesabaran pada papa dan mamanya.

      Semoga membantu Mom

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »