titimecucuMemperlancar ASI itu perlu, banyak teman bercerita kepada saya, bahwa mereka tidak dapat memberikan ASI untuk sang buah hati karena tidak lancar keluarnya. Hal ini sangat disayangkan karena ASI adalah sesuatu yang sangat berharga bagi bayi mereka, sesuatu yang hanya bisa didapatkan sekali untuk seumur hidup mereka.

Kenapa ada mama yang dapat memberikan ASI, bahkan ASI exclusive (6-12 bulan) namun ada juga yang tidak dapat? Jawabnya sederhana : KEMAUAN! Mungkin anda berpikir, saya mau tapi air susu yang keluar sedikit sekali. Saya mau, tapi saya kan bekerja di kantor, tidak mungkin membawa bayi saya disaat bekerja. Saya mau, tapi bayinya yang menolak atau marah karena sudah lapar atau sudah capek menyusu tapi tidak mendapatkan hasil.

Bagaimana ASI diproduksi ?

Dalam bahasa yang sederhana, ASI itu dapat diibaratkan seperti alarm yang akan bekerja setiap beberapa jam sekali. Pada saat bayi menyusu, maka otak mama akan menerima sinyal bahwa tubuh mereka haruslah memproduksi ASI, karna itulah mama biasanya akan merasa lapar setelah menyusui. Makanlah makanan yang penuh gizi, karena kualitas dan kuantitas (jumlah) makanan anda mempengaruhi produksi ASI anda.

Memberikan ASI mula-mula

Setelah anda mendapatkan gambaran diatas, berikut 5 langkah yang perlu dilakukan untuk memberikan ASI untuk buah hati anda:

1. Cari tempat yang tenang, usahakan posisi mama bisa duduk dengan tegak, usahakan tidak membungkuk sambil menggendong si kecil.

2. Siapkan 1 botol susu formula, 60 cc. Hal ini diperlukan bila ASI anda belum lancar, biasanya diperlukan pada hari-hari awal pasca melahirkan.

3. Biarkan bayi anda menyusu selama 5-10 menit, bila ASI masih belum keluar dan si kecil sudah mulai gelisah, berikanlah susu formula yang sudah anda siapkan. Dengan demikian bayi tidak menangis kelaparan dan keuntungan bagi mama adalah alarm untuk ASI sudah mulai bekerja.

Agar alarm ASI anda bekerja lancar, lakukan hal diatas setiap 1 jam sekali. Sedotan dari mulut bayi merupakan rangsangan yang jauh lebih bagus daripada anda menggunakan alat pompa yang dijual di toko-toko.

Pengalaman mama, memang awalnya memang terasa pedih pada saat saya menyusui si kecil, tapi lama kelamaan rasa pedih itu akan hilang dan hasilnya sangat memuaskan, ASI saya bisa keluar dengan lancar & mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi saya.

4. Makan makanan yang bergizi, jangan diet selama anda masih menyusui, jangan takut gemuk juga karena dengan menyusui secara teratur anda tidak akan mengalami kegemukan.

5. Lakukan secara teratur, mintalah bantuan bila diperlukan.   Bila ASI anda sudah lancar, untuk awalnya seorang bayi biasanya membutuhkan kurang lebih 3 jam sekali untuk menyusu. Hal positif yang saya dapat adalah saat saya memberikan ASI tiap 3 jam selama 24 jam adalah berat badan saya kembali seperti sebelum saya melahirkan.

Bila anda bekerja di kantor, anda bisa tetap memberikan ASI exclusive buat anak anda seperti yang saya lakukan waktu itu setelah masa cuti saya habis dan saya harus masuk kerja.

Punya pengalaman menarik saat memberikan ASI mula-mula? Silakan saya juga ingin mendengarkan dari anda.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

20 Responses to “Rahasia memperlancar pemberian ASI mula-mula”

  1. kukuh says:

    makasih infonya.. bermanfaat sekali. http://budiharso.wordpress.com

  2. Illa says:

    Bagus infonya. Saya ada masalah. Baby tak mahu hisap puting saya sebab dia lebih suka puting botol. Puas saya cuba sehinggakan baby saya menangis kuat. Tolong bantu atasi masalah saya. Terima kasih.

    • admin says:

      Halo Illa, teruskan saja, memang begitu… sulit diawal saja, lama-lama bila ASI sudah lancar pasti baby akan suka ASI.
      Jangan menyerah, coba terus… ASI itu tidak dapat diganti dengan apapun.

  3. Maria says:

    Bagaimana membuat bayi lebih tertarik pada ASI dariapda susu botol ?

    • admin says:

      Halo Maria, wah sudah mulai menyusui ya… selamat ya !
      Itu saat yang paling menyenangkan dan itu saat emas bagi si kecil.
      Memang harus ada usaha yang keras dari mama :) dan saya sangat menghargai anda karena mau berjuang buat si kecil.

      Bila bayi kurang suka ASI, coba teliti lagi kenapa dia tidak suka ASI.
      Yang umum adalah bayi tidak suka ASI karena ASI tidak lancar. Biarkan beberapa menit untuk bayi mencoba ASI dulu, agar tubuh mama menangkap alarm ASI, setelah itu beri bayi anda botol susu formulanya. Memang agak dipaksakan agar keduanya mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  4. kelik says:

    Masukan buat admin:
    Jika ASI belum atau tidak lancar, bayi masih memiliki daya tahan tubuh (tidak akan kelaparan) hingga 2×24 jam sejak lahir, yang dibawa sejak dalam kandungan. Pemberian makanan lain selain ASI, termasuk susu formula, justru meningkatkan risiko terganggunya usus bayi yang masih belum siap. Yang terbaik bagi bayi hingga usia 6 bulan adalah hanya menerima ASI saja. Jadi, hindari susu formula (point no.2). Kalau terjadi kasus bayi lebih memilih puting botol (susu formula) daripada puting ibunya (ASI), berarti makanan yang pertama masuk ke dalam tubuh bayi tsb adalah susu formula, bukan ASI.
    Terima kasih
    sumber : http://www.effiharyanti.com/mi.....putar-asi/

  5. tyas says:

    memang bayi msh bs btahan tanpa minum slama 3hr stelah lahir, tp kasus saya asi saya blm jg kluar stelah 3hr, bhkan bayi saya hampir dehidrasi krn cuaca dluar yg panas n saya keukeuh pgn asi exclusive..
    Dilematis bgt jd dokter myarankan dberi susu formula dl sambil bayi tetap dsusukan asi.. Drpd bayi saya dehidrasi..kasian

  6. digital boy says:

    trims banget infonya, sejak pertama anak saya lahir sampai sekarang masih menggunakan susu formula. Hal itu dikarenakan ASI dari mamanya belum juga bisa keluar. mudah2an tipsnya bisa bermanfaat dan yang paling penting jangan cepat menyerah untuk memberikan ASI pada anak, semahal berapapun susu formula balita anda, masih jauh lebih sehat ASI!!!

    • admin says:

      Betullllll, semangat terus bro… kadang memang mamanya capek… jangan dimarahi/diomelin tapi sering di kasih roti/camilan yang dia sukai… intinya bikin mama lebih sering happy deh :)

  7. chui says:

    saya adalah ibu yang bekerja di kntor tapi saya etap memberikan asi pada anak saya. :-bd saya hanaya bertahan kerja hanya 4 bualan soalnya produksi asi saya terbatas atau tidak banyak,padahal makan saya banyak dan mengkonsumsi sayuran.terkadang anak saya meraung kelaparan dan jam kerja sayapun terganggu.kl boleh tau pnya tips biar air asi saya menjadi deras???thx

    • admin says:

      Dear mama Chui, memang bila seorang mama bekerja akan susah untuk menyusui rutin, namun ASI bisa ditampung dalam botol plastik dan dimasukkan ke lemari es di kantor, lebih bagus memang bila langsung di berikan pada anak.

      Agar ASI deras, dokter spesialis anak kami menganjurkan mama tidak diet, bahkan makan lebih banyak tidak apa2. Asupan protein usahakan lebih banyak, protein bisa didapat dari daging dan kedelai.

      Alarm ASI alami pada tubuh ibu bisa di aktifkan dengan memberikan semakin sering ASI pada anak, bahkan saat malam hari tetap berikan ASI pada anak, anak bisa menyusui sembari tidur kok. Lucu deh kalo melihat wajahnya saat minum :)
      Selamat mencoba

  8. nayra says:

    apakah bisa klo pemberian asi ekslusive bisa diberikan kepada bayi yang dimana siibu payudaranya kecil? bagaimana caranya agar payudara kecil bisa menghasilkan asi dengan baik?

    • admin says:

      Halo Nayra, tidak masalah dengan ukuran payudara, pasti ASI yg dihasilkan akan cukup selama anda melakukan:
      1. Selalu makan bergizi dan jumlah yang cukup. Makan lagi bila lapar, meskipun 1 hari terkadang bisa makan beberapa kali. Jangan takut gemuk.
      2. Selalu disiplin waktu memberikan ASI pada si kecil, meskipun ASI belum keluar. Disiplin ini akan membangkitkan alarm alami tubuh si ibu. Waktu akan sesuai dengan usia bayi, awalnya akan 1 jam sekali, terus 1.5 jam dst
      3. Tidak usah stres/panik, tapi tetap tenang dan biasakan tetap berdoa karena doa akan memberikan banyak manfaat bagi ibu baru.

      Selamat menikmati waktu bersama si kecil :)

  9. Sisca says:

    met sore, anak saya sudah berusia 2 bulan….skrg saya menberikan ASI dicampur dengan susu formula…..dikarenakan ASI saya sedikit, dan anak saya hanya mau menyusu di payudara yang sebelah kiri saja,……….apakah payudara sebelah kanan akan tetep bisa mengeluarkan air, skrg payudara saya sudah besar sebelah…..apakan melakukan pemompoaan payudara dengan alat pompa bisa membantu memperlancar ASI…..mohon jawaban nya…terima kasih bnyk……… :-j

  10. Nining Ernia says:

    Ass… saya punya sepupu habis melahirkan ,terus dia memberikan asi ekslusif pada bayinya. Tapi asinya kurang lancar. Gimana caranya supaya asinya lancar & apa ada makanan yang bisa memperlancar asi???? makasih :-bd

    • admin says:

      Halo Nining, memang utk awal kurang lancar, tapi tetap terus diberikan.
      Coba baca artikel ini dari atas, print aja dan berikan pada sepupu anda, semoga membantu.

      Selamat ya… punya ponakan yang lucu :)

  11. ratna says:

    asi yg keluar sedikit, usia bayi saya 3bln…saya sangat ingin memberi asi eksklusif,biasanya produksi asi sangat banyak ,bayi minum asi dg botol karna di pompa, biasanya sekali pompa bs dpt 150ml, tp akhir2 ini ga banyak produksi asinya ,, mohon solusiny dong bingung ni…

    • admin says:

      Dear mama Ratna,

      1. Pompa dulu gak apa, taruh ASI dalam botol
      2. Biarkan bayi anda minum langsung dari payudara anda.
      Ini perlu sekali agar tubuh anda memberikan alarm pada otak untuk produksi ASI.
      3. Bila bayi mulai marah/nangis karena ASI keluar dikit, baru diberi ASI di dalam botol tadi
      4. Bila mama lapar, jangan tunda makan makanan bergizi, sebagai bahan baku ASI.

      Semoga membantu

  12. Ethic says:

    Saya melahirkan anak udah 3 bln lbih hampir 4 bln
    Tapi dr lahir sampe sekarang minum susu formula dikarenakan tidak bs menghisap dr payudara….
    Sekarang anak saya sudah mulai bisa menghisap & saya ingin memberi asi lg
    Apakah asi saya masih bs berproduksi,padahal sudah tdk ada isinya lg
    Bila masih bs bagaimana caranya agar asi saya bs lancar kembali….?

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »