mimisanSiang hari ketika si kecil sedang asyik bermain, tiba-tiba keluar darah dari hidungnya. Papa yang waktu itu melihatnya, langsung memencet hidung si kecil dan membaringkannya di sofa. Tindakan ini (membaringkan) ternyata salah setelah beberapa hari kemudian papa dan mama berkonsultasi soal mimisan dan tindakan yang harus diambil.

Penyebab mimisan

Mimisan sangat sering terjadi pada anak-anak meskipun terkadang belum diketahui sebabnya, kecuali akibat jatuh. Beberapa penyebab yang tersering adalah:
1. Alergi. Banyak alergi dipicu oleh faktor X dalam cemilan anak, perhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan alergi pada anak anda. Tiap anak berbeda-beda, bila anak tetangga alergi A, anak anda  mungkin tidak alergi A. Apalagi anak yang mendapatkan ASI.
2. Kedinginan. AC yang mulai umum di setiap rumah, bisa terjadi adalah satu penyumbang penyebab terjadinya mimisan pada anak. FYI: AC menyebabkan terlalu keringnya udara dan menurunnya kelembaban udara ruangan.
3. Jatuh. Meskipun terjatuh adalah hal yang ‘menakutkan’ bagi papa dan mama baru, jangan batasi terlalu ketat tingkah polah anak anda, biarkan mereka bergerak bebas, bahkan dukung kemajuan anak anda. Dunia anak dunia bermain, ingat kan ? :)
4. Pembersih hidung / jari yang mengenai pembuluh darah.

Tindakan pertama

1. Dudukan anak dan kepalanya menunduk, usahakan tidak tertelan dengan maksud agar tidak muntah atau darah masuk ke saluran nafas.
2. Tekan cuping hidung dan bernafas lewat mulut
3. Jangan masukin tisue atau apapun ke hidung anak
4. Bila mimisan lebih dari 15 menit belum berhenti, bawalah ke rumah sakit

Kapan harus lebih waspada?

- Bila mimisan lebih sering dan lebih sulit diatasi sendiri
- Ditemukan pendarahan di tubuh lain, di kulit, feces, kencing, muntahan
- Anak mudah luka dan pendarahan tidak berhenti walau kecil
- Anak pucat dan sering lelah serta nyeri

Pengalaman papa: Papa waktu kecil sering mimisan,tapi tidak ingat bagaimana kejadian detailnya, yang tertinggal di memori saat ini adalah setiap kali mimisan ada mama yang menemani, ada yang merawat, ada yang memperhatikan.

Bagi papa dan mama yang sibuk: Menemani si kecil saat mengalami masalah adalah waktu yang berharga, kelak mereka akan mengerti dan berterima kasih dengan segenap hati pada anda, papa dan mama.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

19 Responses to “Anak anda mimisan? Bagaimana mengatasinya?”

  1. ammadis says:

    Hmmm pengalaman berguna buat anak-anak kita….

    sewaktu aku msh SD…aku juga sering mengalami hal ini…pas smp..berenti sendirinya…

    Salam kenal….

  2. Ocehanburung says:

    Lagi-lagi, terima kasih atas info yang sangat bermanfaat ini..

    salam…

  3. Wah kenapa ya, setiap saya masuk blog papadanmama terasa damai dan terkadang suka tersenyum sendiri, mungkin didukung karena saya menyukai anak-anak :-)

    banyak ilmu yang di dapat termasuk tentang bagaimana cara mengatasi mimisan.

    Terima kasih atas tips nya :-)

  4. papadanmama says:

    @ammadis : salam kenal jg, makasih dah berkunjung dan kasi komentar di blog ini

    @ocehan burung : makasih jg telah berkunjung

    @irwan santika : sy salut, anda termsk kategori papa yg mau peduli pd anak2, trima kasih telah berkunjung dan sy jg suka blog anda, byk kiat2 sukses yg anda bagikan, salam sukses sll buat anda

  5. bintangtimur says:

    Aduh…(untuk kesekian kalinya) ini posting yang bermanfaat banget :)
    Tidak setiap anak mudah mimisan, tapi untuk anak yang sensitif, kena panas atau terbentur sedikit saja, darah segar pasti langsung keluar dari hidung…sukses terus ya!

  6. denBaguse says:

    ilmu yang bermanfaat, melebihi apapun didunia ini sekalipun segunung harta.
    salam

  7. budhicrow says:

    Kalau mimisan itu bisa faktor keturunan nggak? Calon istriku tuh keluarganya sampe ponakannya gampang mimisan kalo kena panas atau terlalu lelah. Kalo memang ada faktor keturunan bisa siap2 kan. Thanx ya.

    boleh nggak saya taruh blog Anda di tempat saya? Menarik nih blognya…hehehe…maklum orang baru bikin.

    ini alamat blog saya
    http://peacecorner.blogdetik.com

    sekali lagi thanx, ya

  8. anny says:

    Tiap mampir kesini dapat ilmu lagi, info lagi dan oleh2 lagi :D

  9. papadanmama says:

    @bintang timur : terima kasih mbak dah mampir, salam sukses jg buat anda

    @denBaguse : trima kasih atas kunjungan anda

    @budhicrow : sy rasa mimisan itu bukan krn faktor keturunan, bs jd kl sering mimisan penyebabnya adl krn tubuh kekurangan kalsium, mgkn keluarga calon istri anda perlu mengkonsumsi tmbhan kalsium (konsultasikan dg dokter), terima kasi telah berkunjung ke blog ini dan salam kenal jg

    @anny : terima kasih mbak, kami senang jk informasi ini bs bermanfaat bagi byk org spy kita sbg org tua dpt memberikan yg terbaik bagi anak2 kita, amiiin

  10. maria says:

    pengalaman waktu kecilku ,aku pernah mimisan berhentinya gara2 di taruh gulungan sirih kedalam lubang hidung .

    pas sdh gede mimisan tapi lagi kuliah eh karena gak ketemu sirih ada yg kasih tahu bisa dgn tembakau diberi air/dibasahi basa2 dimasukkan kelobang hidung , gak lama terus mampet. demikian selamat mencoba . tembakonya dari temen2 yg merokok .

  11. gusthy says:

    lagi mampir di blog yang sangat bermanfaat….
    salam

  12. oddy says:

    anak pertama dan ketiga tiba2 aja mimisan apa bener bisa di obati pake daun sirih

  13. teguh prasetiyawan says:

    adakah obat utk mimisan pada anak , apa faktor keturunan bisa penyebabnya , krn saya waktu kecil pernah mimisan ? thanks sebelummya papa dan mama :-bd :-bd :-bd

  14. Fona says:

    Hai papadanmama, saat ini sy sedang tinggal dinegara yg dingin, soalnya sedang musim winter, suhunya kadang bs sampai -10, nah jika kita tidur selalu menggunakan heather atau pemanas ruangan yg salurannya dari gas, katanya sih sebaiknya kalo tidur ga pake heather, tp sy sendiri ga kuat kalo ga pake heather, tapi anak saya jadi sering mimisan, anak saya baru umur 2thn 7bln, selain dipencet cuping hidungnyada jalan lain ga? Kadang suka masih keluar, dan dia jd teriak2 kesakitan..daun sirih disini jg ga ada…kadang berenti sendiri sih..punya solusikah papadanmama, atau bisa dicegah, sebelum tidur? Tlg jawabannya via email dong..makasih sebelumnya…salam kenal…semoga papadanmama bs membantu..

  15. lola says:

    kadang kadang saya mimisan bagaimana cara mengatasinya ? :-?? :-O :-?

    • admin says:

      Dear lola….
      Sering konsumsi makanan berkalsium tinggi, seperti susu, kerang, kacang2an dan sayur hijau.
      Juga istirahat cukup ya, kecapaian juga bisa mimisan.
      Atau bila mimisan karena tidak tahan AC, ya kurangin AC :)

  16. lola says:

    bagaimana cara mengatasi mimisan kak ? ^#(^

  17. mamaleon says:

    anak saya 3th sering mimisan, tapi tidak disertai biru2, panas danbintik merah.tetapi di daerah kemaluanya sering gatal2 merah terkadang seperti ganti kulit (kering mengelupas)apa ini ada hubungannya? berbahaya tdk?

    • admin says:

      Dear Mama Leon,

      Bawa aja ke dokter spesialis anak terdekat, agar diagnosa lebih tepat.
      Utk sunat, bisa consult dokter ahli bedah anak, dokter anak tidak cukup.

      Semoga lekas sembuh

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »