juiceSuatu saat, ketika pulang sekolah si kecil membawa kantong berisi snack, wafer dan kue-kue kering dari temannya yang berulang tahun. Dengan asyiknya dia mengeluarkan satu persatu makanan tersebut dan berkata: “Ini susu buat aku”, “Ini obatnya sus” (snack/kue kering).

Kontan aja staff yang ada dirumah tertawa melihatnya. Papa dan mama pun segera ‘mengamankan’ semua makanan kering yang didapatinya. Sesungguhnya papa dan mama beruntung karna pernah mendapatkan materi tentang bahaya cemilan anak dan cara mendidik anak agar tidak memakannya.

Bahaya yang terkandung cemilan anak

Dalam seminar tentang kesehatan anak, papa mendapatkan beberapa point penting yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, antara lain:

1. Makanan terbaik adalah makanan alami. Tidak mengandung pengawet, pewarna dan perasa yang semuanya itu belum tentu dapat diterima tubuh kita, bahkan ada beberapa jenis yang bila dikonsumsi bertahun-tahun dapat memicu penyakit.

Susu terbaik: ASI. Buah terbaik: buah beneran :) bukan buah kaleng atau buah dalam jeli. Snack terbaik: hindari sebisanya.

2. Hindari perasa buatan, MSG dan teman-temannya.

Cuplikan artikel: http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2003/07/31/brk,20030731-23,id.html
PIRAC(Lembaga Konsumen Jakarta) menemukan banyak pengusaha cemilan anak-anak tak mencantumkan adanya MSG dalam kemasannya.

Bahaya konsumsi MSG atau monosodium glutamat yang berlebihan masih belum disadari oleh masyarakat luas. Padahal makanan yang mengandung MSG minimum 5 gram dapat memicu penyakit asma. Selain itu berbagai reaksi tubuh dapat muncul setelah mengkonsumsi MSG seperti gatal, mual dan muntah, migrain, gangguan hati serta ketidakmampuan belajar serta depresi…dst

3. Hindari gula dan garam yang terdapat di dalam minuman bersoda dengan perasa buah-buahan. Bila ingin minuman seperti itu buatlah juice sendiri. Anda bisa membeli apel, jeruk, strawbery atau jambu merah dan juice setiap hari untuk anak-anak anda.

4. Konsumsi vitamin C alami, bukan instant (bukan bubuk atau kaplet yang dicampur dengan air). Vitamin C banyak terdapat dalam buah yang berwarna kuning, seperti jeruk, pisang, apel. Bila si kecil tidak suka rasa asamnya, campur dengan buah yang manis atau ditambahkan sedikit gula.

Anak kita adalah copy terbaik dari orang tuanya. Bila anda ingin anak-anak makan makanan yang alami dan baik, mulailah dari anda. Makan dan minumlah dengan sengaja di depan mereka, pasti akan ditiru.

Dan akan ada saatnya papa dan mama ‘berebut’ buah atau juice dengan si kecil…. dan itu pasti saat yang menyenangkan dan menyehatkan kita semua.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , , ,

14 Responses to “Faktor X dalam cemilan anak dan cara menghindarinya”

  1. bintangtimur says:

    Posting yang menarik :) ,biarpun sudah bukan anak-anak, saya jadi introspeksi, soalnya saya hobby ngemil yang nggak sehat…

  2. melly says:

    wah..tipsnya bagus bgt neh..
    aku gk terlalu suka ngemil, tp bagus banget buat introspeksi diri, dan nantinya klo udah menikah dan punya anak.

  3. yangputri says:

    info yang sangat bermanfaat….

    salam :D

  4. julie says:

    thanks infonya sangat berguna apalagi buat ibu yang bekerja seperti saya
    keep blogging sista

  5. anny says:

    Iya nih anakku doyan banget makan chicki sama cokelat duh gak kebendung deh apalagi kalo jajan di sekolahan, gak ke kontrol dikasih bekal gak dimakan.

  6. papadanmama says:

    @bintang timur : mgkn hobby ngemil nya bs di ganti ngemil buah mba, jd lbh sehat :D

    @yangputri : makasih dah mampir

    @anny : coba dijelasin deh mba pelan2 ke anak, biar ga keterusan smp gede, krn kl kebanyakan kandungan MSG nya itu yg ga bagus buat perkembangan otak anak, smoga berhasil :D

  7. depz says:

    good info :)

  8. Resep says:

    Wah bagus banget ni info, makasih bos :D

  9. Cak Win says:

    Makasih bro infonya mantab deh :D

  10. Ocehanburung says:

    Tadi saya sebenarnya buka duluan, tapi pas mau komen, bos manggil.. jadi dapet nomor 10 nih…

    Nice posting…

    yang punya web ini kayanya akan masuk sorga deh.. karena tipsnya bermanfaat terus!!!

    salam!!!

  11. papadanmama says:

    @melly : makasih ya mel dah mampir :D

    @julie : sama jul, gue jg ibu yg bekerja, smoga aja kita bs menj ibu yg baek ya buat anak2 kita, amiiiin..

    @resep : salam kenal, makasih dah mampir

    @cak win : salam kenal jg, makasih dah baca blog ini

    @ocehan burung : gpp lah biar ga number one tp tetap okey koq :D

    @ depz : thank you depz

  12. Nanik Sugiartini says:

    Emag betul tapi susah banget yah to berhentinnya paling tidak nguranginlah yang namanya snack.gimana yo caranya?

  13. papadanmama says:

    @nanik : sesekali coba ganti kebiasaan memberi snack anak dg buah2an, buah segar kan kaya kandungan vitaminnya :)

  14. Momogi says:

    Terima kasih banyak untuk infonya:) :-bd

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »