forgiveKeluarga adalah tempat dimana anak menjalani proses belajar mengajar yang paling dasar sebelum mereka cukup umur untuk sekolah. Untuk itu perlu peran aktif orang tua sebagai guru dan panutan bagi mereka. Meskipun sekarang ada sekolah untuk bayi berusia 2 bln keatas tetapi sebaiknya orang tua tetap ambil peran dalam mengajarkan hal-hal yang prinsip bagi anak-anak.

Berikut beberapa prinsip mendasar yang perlu diajarkan kepada anak kita :

1.Tidak berbohong, ajarkan bicara apa adanya, terangkan dengan bahasa anak. Orang tua tidak hanya mengajarkan tetapi harus bisa memberi contoh kepada anak-anak bahwa mereka pun tidak berbohong. Bila anak mengetahui orang tua berbohong maka jangan harap anda berhasil mengajarkan pelajaran ini kepada anak anda. Dia akan meniru apa yang telah anda contohkan.

Pernah suatu kali anak kami meminta mainan boneka besar yang melebihi anggaran kami untuk mainan anak, tentu saja kami menolak untuk membelikan. Yang kami lakukan untuk membelokkan keinginannya adalah menerangkan dengan bahasa anak. Karna dia bisa berhitung, maka kami terangkan: ”Mama punya uang 5, ibunya itu (penjual maksudnya) minta 10 kan tidak cukup.” Nah… untuk menghilangkan cemberutnya kami mengatakan lagi dengan ekspresi: ”Ibu tadi bilang… ini uangnya 10, makanya papa kaget… Haaaaaah ? ” dengan muka kaget (mulut menganga, mata melotot deh).

2.Tidak egois, ajarkan berbagi. Bila anda memiliki 2 orang anak, ajarkan untuk saling berbagi baik itu makanan, minuman atau mainan anak. Bila anda memiliki anak tunggal anda dapat mengajak atau mengundang teman anak anda untuk main bersama dengan si kecil, anda dapat mengajarkan anak anda hal berbagi mainan atau makanan dengan teman bermainnya, dengan demikian si kecil akan belajar satu hal bahwa ”berbagi dengan sesama itu adalah hal yang baik.”

3.Pupuk percaya diri. Menumbuhkan kepercayaan diri pada anak perlu dilakukan berulang-ulang, Berikan dukungan pada si kecil bila di sekolah ada lomba menyanyi atau menggambar agar dia berani tampil dan jangan lupa berikan pujian atas prestasi yang dia capai apapun hasilnya. Jauhkan perkataan merendahkan atau membanding-bandingkan penampilan si kecil dengan teman-temannya. Pujian tulus dari orangtua akan sangat berharga bagi perkembangan kepribadian anak anda.

Bila menjumpai anak ngompol meskipun sudah besar… daripada ngomel ”udah besar, ngompol terus !” lebih baik katakan: ”Oo…dulu kamu waktu kecil memang ompol, sekarang sudah besar sudah tidak ompol, besok-besok kalo pipis di kamar mandi ya….”

No blame review, tidak fokus pada kesalahan yang sudah terjadi – masa lalu tidak dapat diubah – tapi fokus pada apa yang ingin di capai… ”besok-besok kalo pipis di kamar mandi ya”

4.Memaafkan. Ini adalah sikap paling mulia yang perlu orangtua ajarkan pada anak-anak. Dengan mengajarkan sikap ini berarti anda telah mendidik mereka untuk menjadi anak-anak yang kuat, murah hati dan tidak gampang putus asa.

Salah satu cara mengajarkan pada anak adalah saat bermain boneka bersama mereka. Buatlah cerita ada Teddy Bear dan Lala yang baik dan Dipsy yang nakal, dimana mereka berbagi dan bisa memaafkan bila di usilin si Dipsy. ”Ayo… Dipsy bilang, sori Lala” sambil berjabat tangan.

Learn is fun !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

19 Responses to “Sudahkah Prinsip Dasar Ditanamkan Pada Anak Anda?”

  1. aguscwid says:

    terima kasih tipsnya, nice posting. salam kenal dari kota malang

  2. mr psycho says:

    hmmm..no blame review ..I like this part

  3. icai says:

    postingan yang bermanfaat

  4. tanyasaja says:

    duhhhh tipsnya semangkin hari semangkin bagus, daku hrs belajar banyak neh buat kelak hehe :)

  5. yangputri says:

    tips2 yg saat bermanfaat

  6. BabaCilukba says:

    Duuh, mendidik anak tuh susah banget ya, mah? apalagi yg “No blame review” tuh… huhuhuhuhuu…

  7. kalo “jgn lupa utk selalu bilang terima kasih jika diberi sesuatu” masuk poin yg mana ya? :D

  8. papa says:

    @Bahasa, Terima kasih tambahannya, iya ini juga salah satu point yg mesti diajarkan.

  9. julie says:

    sulit2 juga itu menerapkannya
    hehehe
    btw good tips always from you

  10. bintangtimur says:

    Ini posting yang harus dibaca setiap orang tua yang mau punya anak hebat, prestasi dan budi pekerti, memang harus seiring…:)
    Bagus banget postingnya!

  11. ahza says:

    lage-lage Nice posting…
    hebat ya Mama satu ini, mengerti banget dunia anak maupun rumah tangga… great.. :)

  12. Ahmad says:

    Prinsip dasar yang pertama kayaknya harus mendapatkan prioritas ya ma. Dan jangan lupa kita jg harus selalu memberi dan menkadi contoh untu anak2 kita

  13. papadanmama says:

    @aguscwid : salam kenal jg, terima kasi telah berkunjung dan kasi komentar di sini

    @icai : terima kasi tas kunjungan anda, salam kenal :D

    @baba : mendidik anak emang gampang2 susah Ba, bsk2 km psti jg mengalaminya, huhuhuhuuuu….

    @julie : hehehe…emang betul jul, ga gampang mengajarkan hal2 prinsip pd anak2 kita, tp smoga aja kita bs menj guru sekaligus ortu yg baek buat anak2 kita ya jul terutama buat ibu yg bekerja spt kita ini yg cm py sdkit waktu bertemu dg anak di rmh (hik…hik…sedihnyaaaa)

    @bintang timur : aduuuh ibu, sy harus belajar banyak dr ibu yg satu ini krn pengalaman anda sbg ortu jauh lbh banyak dr saya

    @ahza : aahh bro…kita sama2 belajar menj ortu yg baek utk anak2 kita ya

    @ahmad : betul sekali mas, krn anak itu sll meniru dr apa yg kita contohkan

  14. Ardy Pratama says:

    dan tidak cengeng.. Heheheheheh… kdang rada sebel kalo ada spupu yg kcil cengeng bgt..

  15. jilena says:

    Kadang suka bingung kalo Nina sama Nino rebutan sesuatu. Padahal - untuk siap2 - saya sudah beli 2 agar tidak rebutan. Tapi tetep aja…. hihihi… Tapi klo pas rukun.. mereka rukuuunnn… sekali….

    Thx Tips nya Mom… :)

  16. papadanmama says:

    @ardy : betul sekali, sifat anak mmg berbeda satu dg lainnya, ada yg sensitif shg mudah menangis bila merasa terluka (alias cengeng) tp ada pula anak yg kuat, tdk gampang putus asa & terluka.

    @jilena : mmg begitulah len suka dukanya mendidik anak, diperlukan kesabaran extra dr kita sbg ortunya :)

  17. andivan says:

    sip lah, tulisan2 ini selalu sebagai pengingat dan pemberi tips yang bermanfaat.. :)

  18. rinjari says:

    mengena bangetdeh artikel-nya…
    terimakasih papa dan mama, banyak sekali ilmu yang aku dapaet dari sini :)

  19. gusmul says:

    Salam kenal buat papa dan mama.Terima kasih atas artikel-artikelnya. sangat menarik dan dapat manambah wawasan saya.

    Trims papa dan mama.
    Semoga Semua Hidup Berbahagia

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »