stop-dreaming-start-actionDalam suatu acara si kecil menangis karna tidak mendapatkan piala, sementara teman dekatnya mendapatkan piala karena menang lomba. Sebagai papa dan mama tentu kita ikut sedih, namun dengan kejadian sederhana itu kita mendapatkan pelajaran… bahwa setiap orang punya impian mau jadi pemenang, namun terkadang lalai untuk melakukan action dengan disiplin yakni belajar.

Stop Dreaming Start Action, begitu kira2 motonya… mari kita tidak hanya ber-dreaming ria… mari kita start action untuk mendukung cita-cita atau keinginan anak kita.

Tetap belajar saat liburan

Ada satu pelajaran yang kami dapatkan dari guru les matematika anak kami, yakni tetaplah belajar meskipun liburan. Mulanya kami merasa kasihan, tapi kami pun teringat akan kata-kata guru si kecil di sekolah, seringkali anak itu lupa dengan pelajaran sekolah setelah liburan panjang.

Apalagi kalo teringat dengan dream anak kami, keinginan dia untuk mendapatkan piala, kami pun setuju untuk menciptakan kebiasaan untuk tetap belajar meskipun liburan, kebiasaan untuk tetap belajar di jam-jam tertentu.

Beberapa hal yang kami lakukan agar suasana tetap fun saat belajar

1. Libatkan dia membeli buku. Kami ajak anak kami membeli beberapa buku baru yang sesuai dengan mata pelajarannya. Membaca dan berhitung. Karna kami ajak untuk terlibat dalam pembelian, ia ternyata semangat untuk mengisi dan menjawab pertanyaan yang ada di buku baru tersebut.

2. Menulis akan memperkuat ingatan. Kami dapatkan tips dari guru sekolah, agar anak makin ingat dengan huruf dan kata, sebaiknya saat belajar membaca disertai juga dengan menulis. Pengasuh anak kami juga ikutan menulis di kertas sendiri agar suasana belajar itu lebih terbentuk.

3. Bertepuk tangan bila sudah selesai. Ini penting bagi si kecil agar dia merasa dihargai atas semua usaha ‘kerasnya’ dan penting juga anda mengatakan¬† ‘Papa dan mama senang kamu belajar’. Karna pada dasarnya anak anda ingin menjadi sebuah kebanggaan bagi orang tuanya.

Siap untuk take action? Stop dreaming and start action deh.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

18 Responses to “3 Hal Agar Tetap Fun Saat Belajar”

  1. Fandhie says:

    wah dulu kecil ngga pernah digituin ma ortu tp gw emang suka belajar soalnya tiap jadi juara rasanya puass banget hehehe…

  2. andivan says:

    aku sih kasih two thumbs up kalo anakku menyelesaikan tugas belajar menulisnya, ampuh loh, besoknya apa yg dipelajari semalam sebelumnya langsung ingat.

  3. papadanmama says:

    4andivan : waaah…tambahan info nih, nti i praktekkan deh, thx ya sis :D

  4. mr psycho says:

    anak2 kalo mendapat pujian pasti seneng banget ya,dan itu merangsang stimulasi otak dan memori sepertinya

  5. bintangtimur says:

    Anak ingin menjadi kebanggaan bagi orang tuanya…setuju banget!
    Disini tampak bahwa anak bukan obyek kebanggaan orang tua, tapi sebagai subyek yang ingin memberikan kebanggaan pada orang tua. Tugas kita adalah menimbulkan semangat dan motivasi pada anak, bahwa yang dia lakukan akan memberi kebanggaan pada banyak orang, termasuk pada dirinya sendiri… :)
    Nice posting.

  6. julie says:

    penghargaan kecil bagi anak adalah hal besar

  7. papadanmama says:

    4bintang timur : setuju sekali mbak, ortu sebaiknya mmg tidak menjadikan anak sbg obyek kebanggaannya dan membentuk mrk sesuai keinginan ortu, tetapi jauh lbh baik jk anak dibiarkan tumbuh menj dirinya sndri. Pengarahan & motivasi ttp diperlukan, tujuannya agar anak tumbuh dg baik. Thx atas tambahannya :D

  8. Sebuah penghargaan memang dapat memacu seseorang untuk dapat melakukan yang lebih baik..
    Nice tips,

    Ricky
    Businessman

  9. icai says:

    pelajaran yg berharga

  10. anny says:

    Betul ya, menulis akan menguatkan ingatan setuju banget
    Thanks ya :)

  11. bagaimana cara mendorong semangat belajar anak2 yg ga punya orang tua yah?? hehehehe

  12. zfly says:

    wahhh… tips yg bagus buat belajar. agar tetap fun n freesh kalo lg belajar. Diterapkan ke anak2nya ya Pak?

  13. suarahatiku says:

    Waah…maaf aku baru tahu ada blog ttg tips2 buat keluarga begini…cocok bgt buat aku yg suka bingung ngadepin anak (padahal cuma satu…hehehe..)….thx yah papadanmama

  14. naniR says:

    met pagi….salam kenal ya….
    Alhamdulillah info yang luarbiasa dan bermanfaat buat kami sekeluarga…
    akan segra kami praktekkan…smoga Allah melipatgandakan balasan pahala yg berlipat2 amien2…
    kami tunggu tip2 lanjutannya hehe…
    salam :-bd

  15. mamamia says:

    TERIMAKSIH UNTUK INFO2NYA
    saya tunggu artikel berikutnya
    saya ngefans berat sama blog ini
    sekali lagi terimakasih

  16. simamora says:

    salut buat posting nya..
    lanjutkan ya kk..
    mantap :-bd :-bd :-bd

  17. papadanmama says:

    Halo simamora, salam kenal… :-h

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »