babylunchKapankah bayi saya bisa mulai makan makanan padat sebagai pendamping ASI ? Pertanyaan ini sering kali dialami oleh seorang mama yang baru memiliki anak. Ini hal yang wajar dan memang sebaiknya diketahui jauh-jauh hari sebelum waktunya agar anak anda tidak terlambat dalam memperoleh asupan makanan padat.

Jenis makanan apa saja yang baik untuk bayi saya?

Berapa usia yang tepat? Saat usia 4 bulan ato 6 bulan ?
Menurut para dokter dan ahli kesehatan, biasanya bayi usia 6 bulan keatas barulah boleh diperkenalkan dengan makanan padat sebagai pendamping dari ASI.

Lalu….jenis makanan padat yang bagaimana yang diperbolehkan bagi bayi saya?

Jenis-jenis makanan padat berikut ini mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan anda:

1.Pisang. Banyak bayi yang memulai makanan padatnya dengan pisang yang dihaluskan. Pisang yang anda pilih sebaiknya pisang kepok merah yang memang umumnya diberikan pada bayi.
Untuk awal mula mungkin 1 buah pisang kecil sudah cukup dan bisa anda kerik dengan sendok kecil agar halus dan mudah ditelan bagi anak anda yang belum punya gigi saat ini.

2.Bubur beras merah. Anda dapat membuat sendiri dengan cara membeli beras merah yang ada di supermarket dan menjadikan bubur. Cara pemberiannya pun mudah, anda dapat mencampurkan bubur beras merah yang kaya dengan vitamin ini dengan susu formula bayi - agar lidah bayi anda tidak merasa asing. Untuk pertama kali, buatlah sedikit dahulu dan ini bisa dijadikan variasi makanan agar bayi tidak bosan.

3.Sayuran. Sayuran yang dapat anda berikan bisa berupa wortel, brokoli atau bayam yang dihaluskan, bisa dengan dicincang atau di blender. Anda dapat mencampurkan sayuran ini pada bubur bayi. Cucilah terlebih dahulu sayurannya dengan pencuci sayuran agar pestisida yang terdapat di sayuran terbuang.

4.Sereal/biscuit bayi. Cara pemberiannya dapat dicampur dengan susu formula bayi atau jika itu biscuit agar tidak terlalu manis anda dapat menghancurkannya cukup dengan air hangat.

Makanan padat diatas adalah makanan pendamping ASI bukan pengganti ASI yang memiliki nilai yang lebih tinggi untuk bayi usia dibawah 1 tahun.

Selamat makan adik !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

45 Responses to “4 Makanan padat bergizi untuk bayi anda”

  1. indon says:

    Numpang tanya, kalu makanan padat hanya pendamping ASI, lalu berapa prosentasenya? Berapa takarannya?

    Misalnya yang diberikan itu sereal bayi, normalkah jika diberikan 2-3 kali saat siang?

    Hanya pingin tau aja, siapa tahu kapan2 dibutuhkan…hehe

  2. Ocehanburung says:

    Wah… saya suka banget pisang…. anak saya juga suka….
    eh anak saya suka apa emang rakus ya ?? abis apa aja masuk… hehehehe…

    Salam…

    tidak ada kata lain… USEFULL POSTING!!!!

  3. papadanmama says:

    @indon : tidak ada takaran khusus utk MP ASI. Porsi disesuaikan dengan usia anak, jika usia anak anda 6 bln itu artinya dia baru mulai mencoba MP ASI, karena pemula sebaiknya porsi tidak terlalu banyak karena selain menyebabkan bayi anda kekenyangan tentu juga tidak baik buat pencernaannya yang mana pencernaan bayi msh blm berfungsi dengan sempurna, dengan meningkatnya usia bayi anda dpt meningkatkan jg porsi makannya.

    Pengalaman mama : MP ASI diberikan 3 kali sehari layaknya jadwal makan org dewasa, di sela2 wktu makan itu, ASI ato susu formula tetap diberikan karena sebenarnya susu lah makanan utama bagi bayi.

    Semoga sharing ini dapat menjawab pertanyaan anda, salam

  4. Bang Ais says:

    thanks a dah mampir, salam kenal juga…

  5. masyudee says:

    usia anak saya 6 bulan, tanya…ada minum ASI kenceng apakah ada hubungannya dengan karena dipijitin kakinya…heheheh…soalnya bapaknya ini suka atau sering sekali mijitin kakinya…habisnya anaknya sudah ngolat ngolet sana sini, capek kliatannya

  6. bintangtimur says:

    Makanan padat pada anak saya dulu juga diberikan setelah menginjak usia 6 bulan. Awalnya hanya pisang, tapi setelah itu saya variasikan dengan apel yang dihaluskan pakai sendok atau tomat rebus yang disaring pakai saringan teh (bukan blender atau juicer)…hahaha, masih kuno banget ya!

  7. papadanmama says:

    @bintang timur : menu makanan yg bervariasi mmg bagus utk menambah selera makan pd bayi, tks atas informasi tambahannya ya bu :)

  8. mr psycho says:

    mumpung belum punya bayi,aku masih mengkonsumsi dari no 1 sampe 3 hehehe

  9. anny says:

    Kalo pisang buat bayi harus pisang apa? bukankan banyak jenisnya pisang itu :)

  10. papadanmama says:

    @anny : bukankah dalam paparan diatas sdh disebutkan jenis pisangnya, yaitu pisang kepok merah yg mmg umum buat bayi.

  11. julie says:

    ASI is the best but infonya sangat membantu neh

  12. Ocehanburung says:

    saran donk!!! ga usah pake kode donk..biar saya bisa buka lewat HP…

    Makasih…

  13. ahza says:

    mau tanya nih Ma, makanan pendamping apa lagi ya kira2 kl buat anak yg susah bgt makan?? karena anakku usianya sudah 6 bulan nih, pas aku kasih makanan tambahan yaitu biscuit bayi dia kayaknya belum terima kek mau muntah2 gitu kl diterusin muntah beneran dia,trs aku ganti ma bubur bayi rasa beras merah hasilnya sama. jd gmn donk Ma?? :)

  14. papadanmama says:

    4ahza : sama Bu, anak saya awal2 pemberian MP-ASI jg tidak mudah, itu bisa aja terjadi krn lidah bayi jg butuh penyesuaian. Makanan yg ia rasakan slma ini berupa cairan yg dpt lgsg dia telan tp setelah 6 bln dia hrs mulai belajar mengunyah makanan dg gusinya, nah proses ini tentu tidak mudah bagi bayi so butuh waktu bagi dia utk menyesuaikan diri. Berikan kesempatan kpd lidah bayi anda utk menyesuaikan diri, reaksi yg umum mrk berikan biasanya spt mau muntah. Bersabarlah! lakukan suapan scr perlahan-lahan tp jgn terus dipaksakan bila bayi sdh benar2 mau muntah. Bila bayi anda menolak biskuit & bubur, bagaimana dg pisang ato buah lainnya (apel yg dihaluskan misalnya atau tomat rebus saring, spt masukan dr bintang timur?) Bila bayi anda bs menerima rasa buah2an, berikan ini dulu utk sementara wktu. Selang seminggu kmd anda dapat coba lagi pemberian bubur/sereal/biskuit bayi, mgkn respon bayi anda sdh lbh baik. Selamat mencoba sobat! dan mudah2an berhasil :D

  15. AlvienRizki says:

    aku belum punya anakkkk………..

  16. Wah info yang sngat bermanfaat buat saya, doain ya supaya saya bisa cepat dapet momongan…makasih

  17. roitsoft says:

    numpang tanya, anakku bulan Juli nanti berusia tujuh bulan..sejak berusia enam bulan dia mulai makan bubur sereal, terutama siang hari…dia nanti minum ASI saat malam hari,, jika istri pulang kerja… apa itu normal?

    makasi n salam kenal….

  18. papadanmama says:

    To roitsoft: itu normal, yg penting ASI terus sampai 1 tahun agar antibodi anak terbentuk dengan bagus. Agar ASI lancar, mamanya mesti makan makanan yang bergizi dan lengkapnya bisa baca disini

  19. shinta says:

    mbak, mau nanya.. Apakah pemberian makanan padat pertama itu harus ketika usianya 6 bulan? Kl belum 6 bulan boleh tidak?

    Anak saya cowok usianya baru 5 bulan. Tapi dia udah sering menghisap2 dan memasukkan tangan danmainannya ke mulutnya. Dia juga terlihat tertarik sekali ketika orangtuanya makan, padahal biasanya dia cuek2 aja. Begitu juga kl liat saya minum pk gelas, mulutnya udah langsung mangap2 pengen ikutan minum. trus kl malem, rewel bgt sebelum tidur, masih minum ASI tp kok kayaknya udah pengen makan yang lain gitu

    Apakah sudah saatnya untuk anak saya dikasih MP ASI, atau nunggu sebulan lagi?

    Makasih..

  20. papadanmama says:

    @shinta : terima kasih atas pertanyaannya.
    Mnrt dokter anak yg kami datangi dan berdasarkan bbrp buku yg pernah kami baca, mengatakan bahwa usia ideal bayi utk mendapatkan MPASI adl saat usianya menginjak 6 bln dg pertimbangan di usia tsb pencernaan bayi sudah siap utk menerima makanan padat, meskipun dlm prakteknya ada bbrp teman kami yg memberikan makanan padat sblm bayinya berusia 6 bln namun hal itu tidak disarankan.
    Utk bayi < 6 bln konsumsi ASI dinilai sdh dapat mencukupi kebutuhan gizi & nutrisi utk si kecil.

    Demikian sharing yg bisa kami berikan, utk lbh tepatnya kami sarankan anda mengkonsultasikan masalah tsb ke dokter yg menangani bayi anda agar anda mendapat jawaban yg lbh akurat.
    Salam :)

  21. andes says:

    tanya dong mbak… anak sy cwok usia 6 bln.Sekarang sdh belajar makan MPasi,pd awal belajar makan sy beri buah2an segar. mis; alpukat, pepaya, dan mangga. Anak sy suka skali..tapi ktika sy cb kasih buah pisang(spt yg sdh dianjurkan yaitu kepok merah khusus bwt bayi) malamnya kok nangis kejer.. ma2 pa2nya sampe bingung, trus perutnya sy kasih minyak telon,stlh itu BAB baru dia tenang. pernah sy cb kasih pisang lg, tapi malemnya terulang lagi… kenapa ya? apa anak sy alergi pisang? atau ada kandungan / senyawa dlm pisang yg bs membuat perut bayi kembung ?
    Trimakasih atas jawabanyya ya…

    Dear Andes, coba di konsult dg dokter SPA terdekat, sehingga mendapat penjelasan yang lebih jelas, terima kasih sharingnya

  22. vemi says:

    Mau tanya anjuran yang baik pendamping asi khusus untuk anak 4 bulan apa aj selain buah buah n nasi tim soal di ajuran dokter berdasarkan buku usia anak 4 bulan makan buah-buah dan nasi tim bener g mau tanya aj

    • admin says:

      halo Vemi, selain nasi tim dan buah (pisang pada umumnya) bisa diberikan biskuit, jangan sering2 ya… lebih baik yang alami deh. Biskuit bisa cari di supermarket dengan keterangan untuk bayi 4 bulan. Namun sebaiknya tunggu usia 6 bulan saja agar pencernaan anak sudah benar-benar kuat.

  23. satria says:

    @papadanmama:saya mau tanya…apakah pada umur bayi 2 bulan sudah boleh di beri makan pisang…soal’a bunda’a suka sakit pada payudara’a jadi terkadang anak saya diberi makan pisang kepok merah tapi dia sangat lahap n seperti’a menikmati makanan’a…..trim’s

    • papadanmama says:

      Sebaiknya makanan padat setelah usia 6 bulan keatas karena pencernaan sudah terbentuk sempurna.

      Untuk pemberian ASI memang awalnya sakit, bahkan mama dulu juga kadang lecet. Tapi yang mama ingat adalah, saat-saat menyusui ini adalah saat-saat emas, dimana masa ini tidak akan dapat diulangi lagi bagi mama dan terutama bagi si kecil.

      Jadi lecet dan rasa nyeri dapat mama abaikan mengingat manfaat yang sangat besar dibandingkan dengan pengorbanan yang sangat murah ini.

  24. thanks infonya, tambah2 ilmu

  25. Thanks infonya…

  26. citra says:

    Wah,, artikelnya sangat membantu saya Ma. ini bisa jadi pegangan saya. soalnya anak saya baru menginjak usia 6 bulan dan saya merupakan ibu baru. thanks iia ma tas infonya :-bd

  27. artikel yang sangat bagus sekali. thanks infonya

  28. artikelnya sangat bermanfaat. mohon ijin repos di blog sy untuk menyebarkan manfaat info dr blog ini.. sy share di sini: http://kabar-pendidikan.blogsp.....-bayi.html :-bd

  29. elysia says:

    mau tanya baby saya kalau BAB beberapa hr ini selalu tia hari padahal kemaren2 2/3 hr sekali.apakah normal?baby saya umur 4bln,tlg dijawab ya!

  30. Cari cari informasi tentang makanan yang sehat dan aku beruntung menemukan web papadanmama.com…terima kasih..saya akan sering mampir kesini untuk menimba informasi seputar makanan yang sehat untuk keluarga.

    Sukses..untuk papadanmama.com
    =D) =D) =D)

  31. veronica says:

    saya mau tanya baby ku lg umur 4 bln aq ksh pisang ambon.ap pisang ambon itu bgs bwt baby ku ma?trus bgs nya di ksh nya berapa kali sehari?mksh sblm nya.tlng di bls ya.

    • admin says:

      Halo Veronica, untuk baby sebaiknya umur 6 bulan keatas, namun bila ada pertimbangan lain bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis anak saat imunisasi. Pisang yang dipakai biasanya pisang kepok merah, kalo pakai pisang ambon kami belum pernah memakainya.

      Apa ada teman2 yg pernah pakai pisang ambon?

  32. hasti says:

    Terima kasih,artikel nya sangat bermanfaat,Saya mau share, bayi saya baru umur 2 bulan, tanpa sepengetahuan saya bayi saya di beri pisang masak hijau oleh ibu saya :(( ,dan pup nya yang biasa kuning jadi berwarna hijau kehitaman,apakah hal tersebut berbahaya bunda? :-q

    • admin says:

      Halo Hasti, pup yg berwarna hijau dan kehitaman itu berarti saluran pencernaan bayi anda sudah mulai terbentuk.

      Beberapa orang tua memang bingung biasanya :) seperti kami dulu.

  33. ace maxs says:

    idih PR 4 keren :-bd

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »