papadanmamaBayi memang selalu memberikan hal baru untuk dikhawatirkan oleh papa dan mama-nya. Selama bulan-bulan pertama, anda mungkin akan melihat bahwa mata bayi anda tidak selalu bekerja dengan simetris sehingga mata bayi tampak juling. Ini disebut  ”juling semu.” Umumnya para papa dan mama sangat mengkhawatirkan hal ini.

Bagaimana cara mengatasinya?

Pengetahuan yang perlu diketahui

Hal pertama yang perlu papa dan mama ketahui adalah beberapa bayi memang dilahirkan dengan mata tampak juling, namun seiring dengan bertumbuhnya kekuatan otot bayi, mata mereka akan menjadi normal.

Sebenarnya gerakan-gerakan mata yang tidak simetris ini menunjukkan bahwa bayi masih belajar cara menggunakan matanya dan sedang memperkuat otot-otot matanya.

Pada usia 3 bulan keatas, koordinasi matanya sudah akan membaik. Jika belum dan tampaknya mata bayi anda masih tidak simetris juga, bicarakan hal ini dengan dokter ahli mata anak untuk menghindari mata juling sesungguhnya.

Perawatan dini sangat penting mengingat begitu banyak hal yang dapat bayi pelajari dari apa yang ia lihat melalui matanya.

Pengalaman mama :

Bayi pertama saya tampak juling pada bulan-bulan awal sampai dia berusia hampir 1 tahunan, karena khawatir saya konsultasikan hal ini dengan dokter anak, dan dokter tersebut mengatakan bahwa ini adalah ”juling semu” bukan juling sesungguhnya sehingga legalah hati saya. Ternyata memang benar, setelah usia bayi saya lebih dari 1 tahun, matanya sudah terlihat simetris dan berfungsi dengan sempurna.

Cara sederhana yang dapat membantu
1. Buat bunyi yang menarik. Yang kami lakukan untuk membantu anak kami saat itu adalah membuat suara-suara yang menarik di sekitarnya, sehingga dia menoleh ke kiri dan ke kanan. Bila melihat ke kiri, kami membunyikan mainan di sebelah kanannya. Begitu seterusnya.

2. Pakai senter. Tips lain yang kami dapatkan dari dokter anak kami, adalah menggunakan lampu senter untuk menarik perhatian si kecil. Tentu bukan untuk di arahkan ke muka anak anda :) tapi diarahkan ke atas agar mata bayi anda mengikuti ke kiri dan ke kanan.

Dont worry be happy mom !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , , ,

35 Responses to “Mata Bayi Tampak Juling, Bagaimana Mengatasinya?”

  1. bintangtimur says:

    Saya baru tahu informasi ini mbak, ternyata ada istilah ‘juling semu’ juga ya!
    Kalau saya punya bayi lagi, teori ini akan saya perhatikan deh :)

  2. mr psycho says:

    wah,nambah ilmu nih … trims ya papa dan mama

  3. Ahmad says:

    Lagi-lagi ilmu yg sangat bermanfaat dari mama untuk saya yg sebentar lg mo merit hehe…. Jd gak sabar ma

  4. papadanmama says:

    @bintang timur : iya mbak sy jg baru tau kl ada juling semu setlh py anak sndri, tp tdk tiap anak begitu koq mbak, mata anak saya yg kedua sejak lahir keliatan lbh simetris ketimbang kakaknya dulu

    @mr psycho : sama2, postingan anda jg menarik :)

    @ahmad : sabaaaar ya, ntar kl dah wktu nya kan merit jg, moga2 artikel di sini bs membantu memberi informasi yg berguna bagi anda & calon istri, salam :)

  5. widdy says:

    thanks pa2 and ma2 jadi ada pengalaman buat nti kalo pnya baby

  6. warm says:

    artiket yg menarik :)
    mantap uraiannya,
    salam !

  7. ammadis says:

    Tips nya sangat berguna…Don’t woory be happy, Mom….waduh, aku daddy…(halah…pa’ee…koq…he…h…he…)

    Dulu, si sulung juga begitu, dan sekarang dah baik-baik saja dan klo di julingkan dia juga bisa…

  8. r2g says:

    he…tips yang bermanfaat….bentar lagi my baby akan lahir..

  9. aguscwid says:

    Saat ini saya sedang berusaha punya anak. Mohon doanya,dari papadanmama ya. Jadi pingin punya anak.Amin.

  10. papadanmama says:

    @ammadis : waah…ternyata anda jg py pengalaman spt saya :D

    @aguscwid : semoga usaha anda segera membuahkan hasil bro, i hope so

  11. papadanmama says:

    @warm : salam kenal, makasih dah mampir dan baca artikel ini

    @r2g : waah…slamat ya, smoga calon bayi anda dpt dilahirkan dg selamat & sehat tentunya :D

  12. Ocehanburung says:

    Minta izin di sebarluaskaan ya…

    memang selalu bagus tips dari sini…

    salam.

  13. papadanmama says:

    @ocehan burung : ah…p kris ini bisa aja (jd malu), ini hy catatan kecil dr pengalaman kami yg ingin kami bagikan, smoga aja bermanfaat bg byk org :)

  14. mami audy says:

    babyku umur 9 bulan dan kalu melihat benda dekat atau sedang fokus ke 1 benda yg dia pegang akan terlihat seperti juling. sempat stres juga, tapi mudah2an sih gak berlanjut… makasi buat infonya

  15. hanz says:

    usia anak sy skr hampir 2 bln,dari lahir tatapan matanya srg ke langit2 rmh trs apakah hal ini mjd salah satu sebab mata anak sy terkadang keliatan spt juling semu,klo bnr bgmn cara mengatasinya?
    trmksh atas jwbnnya

    —-
    2hanz: Selamat dulu ya P.hanz sudah jadi papa, memang bayi kecil senang menatap ke langit, kedua anak kami juga demikian. Juling semu itu bawaan dari lahir karena otot mata bayi belum terbentuk sempurna, bayi kami yang pertama masih terlihat juling sampai umur sekitar 12 bulan. Untuk melatih otot mata bayi, goda dengan bunyi mainan ke kiri, ke kanan. Posisi anda berada di bawah bayi, bukan diatasnya.
    Bila bertemu dokter anak saat imunisasi, tanyakan juga pada mereka perihal ini agar lebih melegakan.

  16. Dea says:

    Dear Dokter;

    Saya punya bayi perempuan 1,5 bulan yg cantik & lucu. Beberapa saat yang lalu (sekitar 3 minggu yll), mata sebelah kanannya kemasukan rambut, cukup panjang & keesokannya kami bawa ke dokter anak.

    Oleh dokter matanya dilebarkan untuk mengambil rambut tersebut walaupun enggak ketemu. Area bawah mata yg berwarna kemerahan sampai terlihat.

    Sekarang, kami melihat mata kanannya lebih belo (lebar) sebelah, & hal ini juga nampak dalam foto2nya.

    Saya ingin menanyakan, apakah masih bisa diperbaiki kelopak bawahnya tersebut, ataukah itu akan sembuh dengan sendirinya, atau akan terbawa sampai dia dewasa kelak?

    Mohon infonya, terima kasih Dok.

    • papadanmama says:

      Dear Dea, salam kenal nih :) kami bukan dokter, tapi hanya papa dan mama yang mau berbagi informasi apa yang kami alami dalam mengasuh anak-anak.

      Bila anda mengalami ragu terhadap dokter A, baik juga untuk meminta nasihat ke dokter B dan C. Kami juga pernah melakukan hal seperti ini.

      Kalo ada pembaca yang kebetulan dokter dan mau memberi masukan pada Dea, silakan ber komen.

  17. Daud says:

    Terima kasih. berguna sekali.

  18. HT says:

    trims atas infonya,ini sangat bermanfaat bagi kami sehingga kami tdk khawatir lagi :-bd

  19. ayah arkan says:

    terima kasih atas sharenya, walaupun ditulis 2 tahun yang lalu, saat ini sangat berguna bagi kami..
    yang semula was2, menjadi tercerahkan tentang juling semu.. :-bd

    • admin says:

      Sama2 papa :) Tetap kontrol terus dan selalu konsultasikan ke dokter anak si kecil + jangan lupa berdoa.

      Kalau bukan kita, siapa lagi yang berdoa buat keluarga kita :) Salam

  20. agus triyono says:

    anak sy umur 10 bulan, kalau bangun tidur selalu mata sebelah kanan juling keluar,setelah kurang lebih 15 menit normal kembali. apa masih bisa di normalkan kembali? caranya?

    • admin says:

      Papa Agus, berarti otot mata anak anda itu seperti anak saya dulu… terus diajak main Ci Luk Ba dari kiri, dari kanan, biar otot matanya terlatih.

      Tetap konsultasikan selalu dengan dokter anak saat imunisasi, karena dokter bisa melihat secara fisik / langsung anak anda.

      Sharing aja… saat papa dan mama melihat hal seperti ini kadang hati ini ingin menjerit, tak tega.
      Disini papa dan mama makin menyadari betapa ada banyak hal yang tidak dapat kita kontrol.
      Ada banyak hal yang perlu kita serahkan pada Yang Diatas.

      Dan disaat papa dan mama melihat juling semu pada anak kami beberapa tahun lalu…. makin menyadarkan papa dan mama untuk semakin rajin berdoa untuk keluarga, untuk anak-anak kita.

      Karna kalo bukan kita yang berdoa untuk keluarga kita, siapa lagi?

      • SODIKIN says:

        mama papa, anak kami baru umur 3 bulan, semenjak mamanya suntik KB anak kami jadi susah BAB, 4-5 hari baru BAB, mohon saran atau masukanya buat masalah kami.trimakasih mama papa :] :]

        • admin says:

          Halo P.Sodikin, bila maksud anda… sang bunda suntik KB tapi masih memberi ASI dan anak menjadi susah BAB… lebih baik dikonsultasikan ke dokter spesialis anak saat anak imunisasi.

          Memang… apa yang masuk ke tubuh bunda, bila memberi ASI akan mempengaruhi si kecil. Namun besar kecilnya efek tersebut seharusnya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis anak, bukan ke dokter tempat suntik KB.

  21. Rainy says:

    ):D( :-bd

    Thanks papa dan mama

  22. sugiono says:

    Termikasih Papa n Mama…
    Informasinya sangat membantu. Anak pertama saya baru berusia 7 bulan. Saya baru menyadari “juling semu” ini ketika melihat foto-fotonya… Saya langsung khawatir…
    Alhamdulillah ada penjelasan dari Papa n Mama, next time pas imunisasi juga akan saya tanyakan ke dokter…
    Sekali lagi Terimakasih. :-bd

  23. ramadany says:

    kami sangat khawatir anak kami berumur dua bulan…ahir2 ini mata putra kami sering aneh2 kadang2 terlihat juling2,tpi setelah membaca ini perasaan kami sudah lega. =D)

  24. mama Fatin says:

    dear mama papa…..
    Anak saya umur 2 bln 1 mnggu….sjak sminggu yg lalu mata anak saya klihatan juling…pdhl sblm2nya tdk….apakah ini jg juling semu?btw trmksh ats infonya, sangat brmanfaat bg saya, skrg saya terapkan pngalaman mama papa yg trsebut di atas….

  25. Gugi says:

    Anak saya juga juling mata kirinya.. Pengen dibiarin aja sampai setahun, tapi takut juga kalau ada apa-apa. Munkgin sebaiknya saya cek aja ke dokter mata ya..

  26. Michael says:

    Salam kenal papa dan mama,

    Anak saya berumur hampir satu bulan dan yang ingin saya tanyakan malam semalam anak saya sempat badannya keras dan matanya juling sebentar, minta infonya kenapa boleh jadi camtu.

    Michael ( Jakarta )

  27. Indra says:

    Iya nih, bayi kami sering melihat kearah kiri, tapi umurnya baru 5 hari. Kira-kira ada masalah ngga ya ?

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »