loanMasalah yang satu ini kerap kali papa dan mama dapati baik dari pengalaman pribadi atau dari cerita teman-teman papa dan mama, mungkin juga suatu saat anda alami sendiri.

Satu ketika, seorang sahabat menelpon untuk meminjam uang sebentar, karena ATM yang dibawa tidak cukup untuk membayar ongkos perbaikan mobil di bengkel. Ia memerlukan uang segera atau saat itu juga.

Sebelum memberikan pinjaman uang kepada saudara atau sahabat, dalam keadaan apapun juga, ada 2 aturan sederhana yang sebaiknya diingat agar kelak anda tidak kehilangan keduanya, baik uang itu (bila ternyata tidak dikembalikan) serta persaudaraan atau persahabatan yang sudah terjalin.

2 Aturan sederhana meminjamkan uang

Aturan 1. Ajukan pertanyaan ini kepada diri anda sendiri sebelum meminjamkan uang kepada teman/saudara : Berapa besar uang yang rela saya berikan seandainya tidak dikembalikan (atau dikembalikan bertahun-tahun kemudian) dan saya masih dapat menganggap dia sebagai teman/saudara?

Bila anda sudah berkeluarga, tanyakan juga pada pasangan anda.

Contoh :

  • Bila dipinjam 1 juta rupiah dan anda hanya rela 300ribu saja, berikanlah sebesar itu.
  • Bila dipinjam 10 juta rupiah dan anda tidak rela kehilangan berapapun, katakan dengan baik untuk menolaknya.

Aturan 2. Ingat selalu Aturan 1.

Bagaimana bila anda berada pada posisi sebaliknya?

Bila anda memiliki hutang dan belum mampu membayar kepada teman/saudara anda, katakanlah dengan jujur dan cobalah untuk mencicilnya. Dengan cara ini teman/saudara anda akan melihat niat baik dan tanggungjawab anda, meskipun nilai cicilan itu kecil.

Pengalaman papa dan mama, kami pernah hidup dalam dua sisi ini, sisi berhutang pada orang dan sisi memberikan hutang. Dalam kedua sisi itu yang terpenting adalah bagaimana menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang lain kepada kita.

Bila kita mau dan bertanggungjawab terhadap hal-hal kecil yang menjadi milik kita, kelak lebih mudah untuk mendapatkan hal-hal yang lebih besar.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

31 Responses to “2 Aturan Sederhana Meminjamkan Uang”

  1. bintangtimur says:

    Setuju banget… :P
    Meminjamkan uang sering merupakan dilema, dipinjamkan khawatir tidak kembali, tapi kalau tidak diberi, tidak enak hati…
    Saya lebih senang memberikan uang sebatas kemampuan, karena beberapa kali uang yang saya pinjamkan, memang tidak pernah kembali :)
    Nice posting!

  2. tanyasaja says:

    waaaaah tampilannya beda ya hehe….. klw aku seh gak suka meminjam dan tidak suka meminjamkan, soalnya suka serba salah bu :)tapi infonya bagus buat pengalaman tuh, klw ada yg mau minjam uang hehehe

  3. ahza says:

    emang sih meminjamkan uang kek buah simalakama aja, dipinjamin nantinya sakit hati sendiri gak dipinjamin kadang gak tega kl orangnya udah melas2…hehe..

  4. erfan says:

    kok aku gak bisa nolak ya…untuk minjemin uang ke teman. kasihan aja!
    tapi kalau sudah minjemin, negmbaliinnya susah aku kapok dan gak akan pernah minjemin lagi!

    salam kanal papa dan mama, great posting nih :) !

  5. julie says:

    pinjam meminjam memang ribet
    thanks infonya sista

  6. omjun says:

    terus ada aturan sederhana buat yang meminjam uang ndakk… misalnya pemutihan giut,, he he he

  7. omjun says:

    hmmm. bisa dipertimbangkan,, apalgi kalau ada pemutihan hutang,,, he he

  8. depz says:

    saya slalu “bermasalah” dengan hal seperti ini
    kalo ada temen baik yang udah deket minjem uang
    susah untuk bilang ngga
    tp thx info n tipsnya
    berguna banget

    hidup saling menolong memang indah
    asal jangan merugikan orang lain

  9. andivan says:

    “Bila kita mau dan bertanggungjawab terhadap hal-hal kecil yang menjadi milik kita, kelak lebih mudah untuk mendapatkan hal-hal yang lebih besar”
    setuju banget deh tuh ma quote nya..
    artikel disini selalu bermanfaat..
    thanks infonya..

  10. Banana says:

    Jadi malu sama hutang yang menumpuk hehehe….

  11. anny says:

    Ho..ho….saran yang sangat bijak :)

  12. papadanmama says:

    @bintang timur : betul mbak, sebaiknya mmg begitu ‘meminjamkan sesuai dg kemampuan’ so bila kita telah perhitungkan resikonya dr awal mk tdk terlalu sakit hati bila benar2 tdk dikembalikan, yach anggap aja sbg ’sumbangan’ hahaha…Thx ya mbak ats komennya :D

    @tanya saja : klw gitu skrg gw pinjem duit ya bro? kan lu dah tau tips nya wkwkwk….

    @ahza : ya begitulah sis, emang serba salah jg ya? :)

  13. papadanmama says:

    @julie : sama2 sis, thx jg dah mampir ke sini :D

    @depz : setuju dep, saling tolong menolong itu baik tp jgn sampelah merugikan org yg ud berniat baik menolong kita, ibaratnya ‘air susu dibalas air tuba’. Makasii ya depz, postingmu jg keren :)

    @andivan : sama2 din, makasih atas kunjungannya, jgn bosan2 mampir ya?

    @anny : yach begitulah mbak, sharing berdsrkan pengalaman aja krn kami pernah berada pd posisi keduanya, makasiii

  14. neneksihir says:

    Papamama,Tips nya mantab!

    klo tips nagih hutang gimana ya…yg gak menyinggung dan gak menyakiti? suka gak enak euy..

  15. kw says:

    hohoho…ribet… dan mmmm….. harus punya komitmen yang kuat. aku pilih pinjam ke bank yang wajib mencicil tiap bulan :)

  16. cow says:

    boleh dipinjamin uang nih aku :D

  17. mr psycho says:

    hmmm iya nih selalu serba salah,dan kebanyakan yg punya piutang yg risih untuk menagih ..

  18. papadanmama says:

    @erfan : yah…gitulah mas, emang ribet ya ‘minjemin ga dikembalikan ga minjemin tp kasian’ pusiiing deh jadinya

    @omjun : waah…kl ada pemutihan gitu, gue jg mau mas numpuk utang wkwkwk… :D

    @banana : agh..kl utang numpuk ga perlu malu mas, yg malu itu kl ‘utang ga bayar’ xixixi…

    @nenek sihir : halo nek, pa kbr? hmm..nagih utang yg ga nyinggung perasaan ya nek? keknya gampang nek, ‘disihir aja’ kali ya? hahaha…

    @kw : setuju banget bro…keknya lbh baik gitu ya, kl pinjem sm bank kan aturan & konsekwensinya jelas.

    @cow : boleh..boleh…mo pinjem uang apa bro? uang monopoli ya? minta tlg nenek sihir dulu ya bro ‘bimsalabim, abrakadabra, cliiing…’ wkwkwk :D

  19. suarahatiku says:

    papa dan mama….duhh..postingannya lagi2 berguna bgt..soalnya aku sering dipinjemin sm org2 tertentu dan biasanya sih gak kembali..apalagi kalo yg minjem masih keluarga …hehehehe…thx bgt yahh…eh skalian yah, mohon maaf lahir batin, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga amal ibadah kita diterima oleh Nya. Amin

  20. papadanmama says:

    @suara hati : hehe…mang serba salah ya mou, menyangkut soal uang emang sensitif banget. Ga dipinjemin kasian, dipinjemin tp gak kembali, yah…anggap aja ’sumbangan’ mou, mk nya mesti dipikirin resiko itu dr awal so baru diputuskan seandainya ga kembali kita rela sumbang berapa? hehehe…

    sama2 mou..mohon maaf lahir batin jg, selamat menunaikan ibadah puasa.

  21. Huang says:

    jadi pondasi awal, apa kita ikhlas pinjemin duitnya ya?

  22. papadanmama says:

    @huang : 100 buat bro, tul sekali. Ikhlas minjemin berarti kudu ikhlas pula seandainya tdk dikembaliin :D

  23. bintangtimur says:

    Maaf lahir dan batin ya, besok berpuasa juga kah… :)
    Ditunggu posting berikutnya!
    Salam… :P

  24. papadanmama says:

    sama2 mbak, mohon maaf lahir batin jg :D

  25. p u a k™ says:

    Sip, aku udah pernah melakukan ini.. thanks banget sudah mengingatkan lagi.. :)

  26. fandhie says:

    hahaha sama nih sama prinsip gw jugaa

  27. Selamat sore,
    saya datang berkunjung, hasil BW dari idep.

    Sering saya mendengar petuah ini. Lebih baik berilan serela kita drpd memberi hutang. Saya konsisten begitu, namun satu kali kebobolan… gak tega liat kesusahan org sehingga menghutangi…

    Oooops ternyata bayarnya gak lancar ! BT nya setengah hidup !
    thank u udh mengingatkan lg.

    2 tips ini berguna sekali.

    salam, EKA

  28. delonelybie says:

    i…waw… :mrgreen:
    papadanmama the best dah…..
    SElamat menunaikan ibadah puasa ya…
    mohon maaf lahir bathin… :)

  29. mio says:

    makasih bunda…infonya berguna banget

    saya boleh nge link blog nya ga? bags bangt postingan2nya…ya biar enak aja kalau mampir :)

  30. papadanmama says:

    @mio : dg senang hati dipersilahkan, makasiii ya ud mampir kesini, salam :D

  31. dNoxs says:

    untung selama ini saya blm pernah pinjam uang :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »