beolMasalah susah b.a.b mungkin tidak dialami semua papa dan mama. Tapi kami pernah mengalami ketika anak kami masih kecil. Bahkan saat itu karena sudah lama tidak b.a.b, si kecil menangis karna sakit. Sebagai papa dan mama, tentu sedih juga melihat buah hati kita menderita, sampai harus membawanya ke UGD karna hari itu hari Minggu dan sudah 4 hari si kecil tidak b.a.b.

Disana masalah selesai, anak kami mendapatkan obat sebagai cairan pelumas yang dimasukkan lewat dubur untuk membantu keluarnya feces. Namun saat itu kami tidak belajar, yaitu: Bila ada masalah, selesaikan dan cari pencegahnya.

Masalah datang lagi

Api sudah padam, namun penyebab api menyala belum kami temukan dan kami cegah. Akhirnya masalah yang sama timbul lagi. Karna mendapat info dari teman, bila anak susah b.a.b berikan obat sebagai cairan pelumas yang bisa disuntik dari pantat - dan kami juga sudah melihat hal yang sama di UGD - maka kami pun membeli dan memberikan pada si kecil.

Apinya padam lagi… namun kami belum belajar lagi ! Kebangetan ya :(

Solusi susah buang air besar

Bila tubuh sudah memberikan ‘alarm’ dengan mengalami sakit atau perihal yang tidak enak, sadarilah bahwa ada yang tidak beres, ada yang perlu kita cari. Nasehat ini kami dapatkan saat berkonsultasi dengan dokter anak kami.

Bila anak susah buang air besar, cari penyebabnya dari salah satu berikut:

1. Kurang makan. Bila anak makan sedikit, tentu yang dibuang oleh tubuh akan sedikit juga. Akan wajar bila dalam 1-2 hari, anak tidak buang air besar.

2. Kurang serat. Kebanyakan memang ini yang menjadi faktor utama seorang anak susah b.a.b. Solusi yang sementara papa dan mama lakukan adalah memberikan jus buah bagi si kecil dan berusaha menyediakan sayuran setiap harinya.

Mungkin tantangannya adalah, Bagaimana agar si kecil mau sayur? Yang papa dan mama dapatkan dari seminar adalah papa dan mama-lah yang harus memberi contoh makan sayur dihadapan mereka.

Pengalaman papa dan mama, sering kami dengan sengaja pamer saat makan sayur, entah kangkung, bayam, kacang panjang, manisa, terong di depan si kecil. Hasilnya, si bungsu mengikuti kami dan ternyata dia enjoy juga. Si sulung terkadang mau kadang tidak, masih perlu motivasi lagi dia.

3. Kurang minum. Ini sering dilupakan banyak papa dan mama. Asupan air yang cukup banyak - sekitar 0,3 – 0,4 liter / 10 kg Berat Badan (BB) sehari, selain akan memberikan hasil yang bagus bagi ginjal juga akan mempermudah si kecil untuk b.a.b. Berikan air minum secara berkala bukan sekali minum langsung habis, karna akan mempengaruhi lambung anak anda.

Contoh: Berat anak = 20 kg, maka total air yg harus diminum = 20kg : 10kg = 2

2 x 0.4 liter = 0.8 liter

Jadi anak dengan berat 20 kg, perlu total air = 0.8 liter

  • Cara praktisnya adalah anda  beli botol minum air ~500ml (0.5 liter) jadikan itu target minum si kecil dari pagi sd siang, bila habis…. isi lagi dan jadikan target minum si kecil dari siang sd malam.

Tantangan bagi papa dan mama yang bekerja adalah, Bagaimana mengingatkan anak-anak untuk minum setiap saat? Bila anda memiliki handphone yang tidak terpakai, anda bisa gunakan sebagai alarm. Buat reminder/pengingat di HP anda setiap 1 jam sekali, tulis: MINUM. Dan katakan pada si kecil agar dia minum bila handphone ini berbunyi.

Anda juga bisa ingatkan si kecil saat anda telp rumah dari tempat kerja anda.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

125 Responses to “Bagaimana mengatasi anak susah buang air besar (b.a.b)?”

  1. Hosiri Amier says:

    Assalamualaikum mami….
    anak kami berumur 2 tahun 2 bulan.. ia sedang mengalam masalah dengan BABnya… belakangan ini ia slalu takut dan menangis bahkan tidak mau mengeluarkan BABnya. jadinya hampir 5 hari sekali ia BAB. solusinya bagaimana ya mam? sbelumnya kami ucapkan trmakasih..
    Wassalamualaikum..

    • admin says:

      Memang ada beberapa anak yang suka menahan BAB, solusi dari kami adalah sering2 mengajak bicara dan di nasehati.
      Tentu saja hal ini mesti dilakukan berulang-ulang dan sabar ya…. :)

      Terkadang waktu bermain boneka dengan si kecil, anda bisa bermain seolah bonekanya mau ‘BAB’
      Jadi cara menasehatinya dengan bermain bersama.

      Biar BAB tidak keras, perhatikan jenis makanannya dan banyaknya air yang diminum.
      Minum sedikit-sedikit tapi sering itu lebih baik daripada minum sekaligus banyak.

      Semoga membantu

  2. Tri says:

    Selamat Sore,

    Anak saya berumur 2tahun 2 bulan punya masalah dengan BABnya, stress saya setiap bertanya pada mba yang menjaga anak saya mengenai masalah BABnya? Apa ada pengaruh dari susu formula yang di konsumsi sehingga anak susah BAB? Bagaimana solusi yang terbaik ya Bunda supaya hal tersebut tidak berlangsung terus? Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.
    Salam

    • admin says:

      Sore Tri, bisa juga dari susu formulanya.

      Coba diganti dengan yang lain atau di encer-in susunya dengan cara ditambahkan air lagi.
      Perhatikan juga bila si kecil sudah mau BAB, segera lakukan toilet training.

      Semoga membantu.

  3. Ilmu Grafis says:

    Anak saya umur 1 tahun dan BAB keras, apa solusi yang tepat biar BABnya normal

    • David Bahtiar says:

      Selamat malam Mama dan Papa,
      saya mau tanya sedikit.
      Anak saya Oktober ini mau berumur 1 tahun, yang ingin saya tanyakan adalah anak saya suka menggeluarkan bab yang keras dan besar kenapa ya? saat ini anak saya minum susu formula dan sedang mengalami pjb. Saya takut anak saya kalau mengedan sampai nangis2 terus dan bisa mempengaruhi jantungnya, jadi mohon bantuannya ya Mama dan Papa. Terima kasih

      • admin says:

        Dear Papa David,

        Coba encerkan susu formulanya, dg ditambahkan air lagi.
        Bab keras dan besar itu bisa jadi pertanda protein yg cukup banyak.
        Bila masih keras, coba ganti dg soya.

  4. Readtheonebro says:

    Ass,, Ibu/bpk saya mau tanya,, ank saya umur 4thn,, ank saya mengalami susah BAB,, E’enya keras seperti batu,, mohon solusinya dn obat.

  5. indah says:

    Ass.anak sy umur 2,5 tahun.klo mw bab susah skli kluarny sdikit2.knp y?pdhal mkn syur tiap hr.prnah d bw k dokter alhmd babny lncar.tp tdk brlngsung lm babny susah dan kluar sdikit lg.pdhal tiap hr mkanny bnyk.mohon solusinya spy babny kmbli normal.mksih

  6. rini says:

    Ass, anak saya berumur 22 bulan,semenjak tidak asi lg babnya susah malha sambil nangis kalo mau bab, padahal setiap hari makan pepaya,sayur,susu formulanya sudah saya encerkan. mohon solusinya, mksih

  7. mery says:

    Coba baca disini, semoga bisa membantu
    http://luciamery.blogspot.com/.....epung.html

  8. narko adeputra says:

    ass,anak saya umur 4th bab sulit sekali.bisa bab kalau dikasi microlac dan itu sangat keras sekali sampai saya benar2 merasa kasihan,padahal anak saya makannya gak sulit dan minum air juga banyak.mohon bantuan dan solusinya,terima kasih. :-?

    • admin says:

      Buat Papa Narko yg lagi bingung…. coba cek apakah si kecil sering menahan b.a.b karena tidak ingin kehilangan waktu bermain, seperti anak kami dulu? Bila iya, maka pendamping anak sebisanya mengajak si kecil ke toilet begitu melihat gelagat ingin b.a.b.

      Susah b.a.b itu bisa juga karna protein yang di konsumsi banyak, jadi anda bisa cek asupan protein dan susu yang diminum. Bisa juga coba diganti susu formula yang diminum.

      Bila sudah dilakukan namun masih susah b.a.b, cobalah untuk memberikan pepaya secara rutin.
      Konsultasikan ke dokter anak bila dirasa perlu, juga mintalah vitamin untuk usus anak agar bab lancar (jangan beli sendiri agar tidak salah)

  9. nary says:

    terima kasih artikelnya, ini yang lagi saya cari untuk solusi anak kami yang susah bab, cuman untuk sayuran karena anak kami masih dibawah 1 tahun apakah harus di blender atau direbus diminum airnya? tq

  10. linda suatan says:

    :D terima kasih infonya, kebetulan anak saya susah BAB nya… musti ngeden sambil nangis nangis,,, Padahal pepaya hampir tiap hari di kasih…..

  11. fery says:

    assalamualaikum …..
    anak saya umur 20 bulan mengalami susah BAB sejak umur 8 bulan dmn si si kecil mulai mengenal makanan makanan padat, yang jadi pertanyaan buat saya sy sudah menjalankan saran dr dokter ataupun sama yang saya baca di articel ini, cuma si kecil masih saja susah BABnya. padahal syaya sudah lakukan dari ganti susu yang tadinya susu sapi di ganti dengan susu soya, bagaimana ya mam ?
    sebelumnya terrimakasih

  12. erna says:

    saya pernah mengalami anak susah buang besar memang solusinya dikasih cairan pelumas yg disuntik dipantat tapi akibatnya anak stress akan BAB…solusinya setiap hari coba anak disuruh nongkrong di suruh bab pasti akan keluar…minimal setiap hari jangan bosan untuk mengingatkan untuk bab dengan dikasih wejangan supaya anak mau bab pasti beres…makasih

  13. hendri says:

    minta ijin menyimpan blog anda di bookmarks saya
    memberi contoh pada anak untuk makan buah dan sayuran hampir tidak pernah kami lakukan (saya dan istri bekerja)
    1 tahun lebih anak kami terpaksa di suplay microlak saat buang air besar.
    hingga kami mencoba tips yg anda sarankan,.
    Terima kasih,.dalam waktu kurang dari sebulan BAB anak kami mulai lancar,.
    istri memutuskan berhenti bekerja demi untuk mendampingi anak kami
    tips anda selain telah membuat BAB anak kami lancar,tips anda juga telah menyadarkan kami bahwa kepentingan anak di atas segalanya,.
    sekarang anak kami bertambah gemuk,bersih dan senantiasa ceria.
    Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih,.sukses selalu untuk anda,.Tuhan memberkati.

    • admin says:

      Dear P.Hendri,

      Wah hot papa nih… !
      Gini dong… ayo para papa dan mama Indonesia, give the best for your family.

      Terima kasih buat papa Hendri, sharing anda juga menambah semantat kami…
      kalau apa yang kami lakukan ini ada gunanya buat orang lain.

      Sekali lagi terima kasih :)

  14. nur mulyana says:

    Anak saya umur 24 bulan., sebulan terakhir ada kendala dengan BaB nya.. Setiap mau BAB anak saya pasti menangis kencang sekali, sampe semua org dirmh kasihan. Trus kami dapat saran dari teman untuk memakai obat pencahar yg disuntik didubur anak kami. Hasilnya BAB nya keluar dgn bentuk besar dan membatu.. Namun yg kami tanyakan apakah tdk ada efeknya obat pencahar yg kami maksud krn sdh 3 minggu ini kami gunakan, sekitar 6 bungkus obat pencahar yg dihabiskan. Terus tindakan apalg yg hrs kami lakukan hingga anak kami bisa gampang utk BAB ?.. Trims sebelumnya.

    • admin says:

      Dear papa Mul, cobalah untuk mencairkan susu formula dengan memberi air putih lebih banyak.
      Bila masih belum berhasil, coba untuk mengganti dengan susu soya.

      Perhatikan jumlah air putih yang diminum (bukan susu) berikan lebih banyak.
      Usahakan si kecil makan buah setiap hari (bisa di juice) dan sayur.

      Baca juga diskusi teman2 di atas, semoga bisa memberikan pencerahan.

  15. wiwien says:

    saya bingung sekali dan dengan anak saya dah umur 4th tapi kalo setiap kali BAB pasti dia tahan dan akhirnya sedikit ada yg ninggal di celananya.padahal BABnya pun jg ga keras sepertinya dia ada rasa trauma pada bau atau trauma sakit saat BAB.minum air putih jg dah banyak. tiap BAB di kamar mandi selalu saya siapin pengharum kamar mandi.tiap kali dia krasa mo BAB pasti dia teriak keras nolak ke toilet sambil keringatan nahan.gimana ya saya sungguh bingung antara jengkel dan kasian jg. tolong kasih solusinya atau tipsnya terima kasih.

    • admin says:

      Dear Wiwien,

      Beberapa anak kecil sekitar 4-5th memang suka menahan BAB, padahal tidak keras. Ini disebabkan mereka lebih suka bermain, mereka tidak mau BAB karena merasa waktu bermainnya kurang :) Coba ajak bicara… beberapa kali anak kami yang pertama juga begitu…

      Salah satu tips yang kami pakai, kami menghukum si kecil untuk cuci sendiri celana yang terlihat bekas BAB.
      Tujuannya agar dia ingat, bahwa BAB tidak boleh di celana tapi harus di kamar mandi.
      Tidak harus bersih banget, tidak usah pakai detergen… itu hanya ‘konsekuensi’ kecil yang harus di tanggungnya kalau dia tahan BAB.

      Bijaksanalah dalam menghukum.
      Lihat juga sikon saat menghukumnya, kalau udah larut malam dan si kecil sudah ngantuk… ya tidak usah terlalu lama, ntar malah masuk angin.

      Btw… nikmati aja prosesnya ya papa dan mama gak usah kuatir… banyak yg seperti ini
      Dan rata2 setelah sering2 diberi hukuman… kebiasaan itu hilang dengan sendirinya.

      Jangan lupa memuji bila dia bisa BAB di toilet tanpa meninggalkan noda di celana :)

  16. nunuchaya says:

    aduuuuh anak saya (2tahun 1 bulan ) juga lagi ngalamin nih. streeeeeeeeeeees saya, siapa yg pup siapa yg ngeden. awalnya sembelit dikasih microlak lalu kedokter anak dikasih laktulax. sudah mau ampir sebulan… anak jd malah ga mau pup kl ga dikasih microlak. padahal pup yg trakhir ga terlalu keras. makannya sudah sayuran full, cemilan buah2, sufornya dibatasin, udah ga makan daging2an n ikan… kl mau pup malah ky ditahan2, kalo ditolongin malah nangis kejer muter2 geol2..

  17. tulus says:

    :D/ anak saya berumur 3 tahun…setres setiap mau bab…harus pakai mikrolax…bab nya keras…sehingga dia kesakitan..padahal sayuran suka…air cukup…mohon petunjuk

  18. sabam s says:

    Anak saya saat ini usianya 3,5 tahun sejak usia 1 tahun hingga sekarang, stress dan sulit bab dan bab nya sering sedikitsedikit dan sering besar dan mengeras serta saat bab kesakitan dan menangis.Mohon pencerahan untuk jalan keluarnya. :-bd

  19. ass, anak saya skrg sdh umur 2,5 tahun, sampe skrg anakx susah makan, tiap makan sedikit mknan halus maupun kasar tetap muntah, ga’ bisa ditelan….setiap harix cuma minum susu formula,susux jg sdh berapa kali ganti…kira2 penyebabx dan cara mengatasix gimana yach krn anakq susah makan..terima kasih sebelumx

  20. ika says:

    admin please bntu sy. Ank sy berusia 6,8 bln. dgn brt bdn 34 kg. yg jd mslhh sdh 9 hr ini dy ga bisa BaB..sy sdh berikan obt pncahar smpai mikrolaks yg di suntikkan ke anus tpttsp kotoran ga mw kluar. ap yg hrs sy lkkn min?..kira2 ap pnyebabnya?..
    terimakasih sblum dn sesudahnya.

  21. ika says:

    ank sy umur 7 thun krg dgn bb 34 kg. tp sdh 10 hr tdk bisa BaB. ap yg hrs sy lkkn?

  22. neta says:

    Anakku umur 2th 3bln.udah 2 hr gak bab,klo bab pasti sering nangis smbil blog sakir. Tolong Bantu solusinya ya. Tks.

  23. hassan khomeini says:

    Ass,anak saya baru umur 7hari lahir tgl 31 maret 2013,kurang lebih sudah 4 hari ini tidak BAB,apakah kondisi ini normal atau tidak karena air asi baru keluar sekitar tgl 5 april,tindakan apa yang harus dilakukan bagi orang tua,..mohon bantuannya,..dan terimakasih sebelumnya

  24. sri says:

    assalamualaikum,,
    anak saya berumur 2 tahun,,setiap hari pasti susah buang air besar,,saya coba kasih makan sayuran, jus buah2an,tiap hari kalau mau bab pasti saya gunakan microlax,,apakah akan ada efek sampingnya karena penggunaannya setiap hari?saya bingung,

  25. dani says:

    resep kalo anak ssh bab sangat sederhana : bawang merah 1 siung dialuskan & campur minyak tanah. kalo terasa bau minyak tanah bisa dicampur sedikit minyak telon ato minyak angin bayi. lalu usapkan pada perut & punggung si anak, dlm wkt singkat bablas d bab nya. smoga bermanfaat.. :-bd

  26. vino says:

    anak saya sangat susa bab .. solusi nya gmn ya .. apa susu jga mempengaruhi bab

  27. Nasha says:

    thx sharingnya…. sy jg mengalami hal ini dan semua merasa tak tega setiap melihat anak sy mau bab. sampe sy dpt cap ‘mama tega’ krn membiarkan anak bab keras dan selalu ngeden. huks2

    smg anakku suka makan nasi dan sayur. dan cepat selesai masalah babnya. buah n minuman dia oke2 ja.
    amin

  28. risma says:

    selamat siang,anak saya 3 thn kesulitan buang air besar,terakhir bab keras sampai mengeluarkan darah di sekitar anus,dari kejadian itu dya sering menahan bab karena mungkin takut rasa sakitnya, sampai berhari-hari,dan anak saya tidak suka makan buah-buahan,, apakah tidakan yang harus saya lakukan,,

    Terima kasih sebelumnya,
    Risma

  29. Dewi sartika says:

    Assalamualaikum wr wb. , anak saya umur 1 tahun 2 bulan , kenapa ko buang air besarnya mencret dan di tambah ada bulir bulirnya per 6 jam sudah 2 hari ini , apa susu formula juga mempengarungi ? Atau apa masa si anak pertumbuhan ?

  30. lisa says:

    anak saya umur 2thn dan susah BAB,asal BAB selalu berdarah padahal setiap hari sdh makan buah dan sayur,minum air putih jg banyak tapi BAB masih juga keras.solusinya gimana y?apa perlu diberikan vitamin?

  31. ito says:

    Selamat pagi Mama dan Papa,
    saya mau tanya sedikit.
    Anak saya Desember ini mau berumur 1 tahun, yang ingin saya tanyakan adalah anak saya suka menggeluarkan bab yang keras dan besar kenapa ya? saat ini anak saya minum susu formula,Saya takut anak saya kalau mengedan sampai nangis2 terus dan bisa mempengaruhi jantungnya, jadi mohon bantuannya ya Mama dan Papa. Terima kasih

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »