beolMasalah susah b.a.b mungkin tidak dialami semua papa dan mama. Tapi kami pernah mengalami ketika anak kami masih kecil. Bahkan saat itu karena sudah lama tidak b.a.b, si kecil menangis karna sakit. Sebagai papa dan mama, tentu sedih juga melihat buah hati kita menderita, sampai harus membawanya ke UGD karna hari itu hari Minggu dan sudah 4 hari si kecil tidak b.a.b.

Disana masalah selesai, anak kami mendapatkan obat sebagai cairan pelumas yang dimasukkan lewat dubur untuk membantu keluarnya feces. Namun saat itu kami tidak belajar, yaitu: Bila ada masalah, selesaikan dan cari pencegahnya.

Masalah datang lagi

Api sudah padam, namun penyebab api menyala belum kami temukan dan kami cegah. Akhirnya masalah yang sama timbul lagi. Karna mendapat info dari teman, bila anak susah b.a.b berikan obat sebagai cairan pelumas yang bisa disuntik dari pantat - dan kami juga sudah melihat hal yang sama di UGD - maka kami pun membeli dan memberikan pada si kecil.

Apinya padam lagi… namun kami belum belajar lagi ! Kebangetan ya :(

Solusi susah buang air besar

Bila tubuh sudah memberikan ‘alarm’ dengan mengalami sakit atau perihal yang tidak enak, sadarilah bahwa ada yang tidak beres, ada yang perlu kita cari. Nasehat ini kami dapatkan saat berkonsultasi dengan dokter anak kami.

Bila anak susah buang air besar, cari penyebabnya dari salah satu berikut:

1. Kurang makan. Bila anak makan sedikit, tentu yang dibuang oleh tubuh akan sedikit juga. Akan wajar bila dalam 1-2 hari, anak tidak buang air besar.

2. Kurang serat. Kebanyakan memang ini yang menjadi faktor utama seorang anak susah b.a.b. Solusi yang sementara papa dan mama lakukan adalah memberikan jus buah bagi si kecil dan berusaha menyediakan sayuran setiap harinya.

Mungkin tantangannya adalah, Bagaimana agar si kecil mau sayur? Yang papa dan mama dapatkan dari seminar adalah papa dan mama-lah yang harus memberi contoh makan sayur dihadapan mereka.

Pengalaman papa dan mama, sering kami dengan sengaja pamer saat makan sayur, entah kangkung, bayam, kacang panjang, manisa, terong di depan si kecil. Hasilnya, si bungsu mengikuti kami dan ternyata dia enjoy juga. Si sulung terkadang mau kadang tidak, masih perlu motivasi lagi dia.

3. Kurang minum. Ini sering dilupakan banyak papa dan mama. Asupan air yang cukup banyak - sekitar 0,3 – 0,4 liter / 10 kg Berat Badan (BB) sehari, selain akan memberikan hasil yang bagus bagi ginjal juga akan mempermudah si kecil untuk b.a.b. Berikan air minum secara berkala bukan sekali minum langsung habis, karna akan mempengaruhi lambung anak anda.

Contoh: Berat anak = 20 kg, maka total air yg harus diminum = 20kg : 10kg = 2

2 x 0.4 liter = 0.8 liter

Jadi anak dengan berat 20 kg, perlu total air = 0.8 liter

  • Cara praktisnya adalah anda  beli botol minum air ~500ml (0.5 liter) jadikan itu target minum si kecil dari pagi sd siang, bila habis…. isi lagi dan jadikan target minum si kecil dari siang sd malam.

Tantangan bagi papa dan mama yang bekerja adalah, Bagaimana mengingatkan anak-anak untuk minum setiap saat? Bila anda memiliki handphone yang tidak terpakai, anda bisa gunakan sebagai alarm. Buat reminder/pengingat di HP anda setiap 1 jam sekali, tulis: MINUM. Dan katakan pada si kecil agar dia minum bila handphone ini berbunyi.

Anda juga bisa ingatkan si kecil saat anda telp rumah dari tempat kerja anda.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

125 Responses to “Bagaimana mengatasi anak susah buang air besar (b.a.b)?”

  1. Bisa juga dari susu formula yg di konsumsi lho….ratio yg sudah tak seibang lagi dengan bb-nya….terlalu banyak susu atau susu baru yang tidak sama takarannya dgn susu formula yg lama….

    Solusinya biasanya, kami di RS, menyarankan anak di berikan air perasan baby orange langsung ke mulutnya…insyaAllah pasti manjur! Jangan terlalu banyak….ntar mencret lagi…

    • papadanmama says:

      2ammadis: thanks masukannya, jadi ingat, iya…betul sama dokter anak kita disuruh kasih lebih banyak air, juga disarankan ganti susu waktu itu.

  2. bintangtimur says:

    Saya juga pernah mengalami hal ini waktu anak saya masih bayi… :)
    Solusinya memang seperti yg ditulis dalam posting ini, plus lebih mengencerkan susu formula yg diberikan pada bayi. BAB pada anak juga perlu latihan, anak saya dulu malah ‘takut’ BAB. Selalu panik dan menangis bila akan BAB.
    Solusinya memang hanya kesabaran orang tua (biasanya sih ibu…) untuk membimbing dan menenangkan saat akan BAB. Lama-lama anak juga akan terbiasa…

  3. rudi says:

    banyak makan buah …

  4. timur says:

    Assalam.

    wah-wah2

    alhamdulillah aku udah ngelakuin semua check list diatas, dan alhamduillah, belum ada masalah dengan B.A.B

    pokoknya ntar kalau ada msalah tentang B.A.B aku bakal tanya deh.

    :)

    Wasslam

  5. Lamunadi says:

    Sayur dan buah memang sangat penting ..

    Salam. 8-)

  6. admin says:

    2bintang timur: terima kasih atas tambahan masukkanya ya
    2rudi: tul… buah banyak seratnya
    2timur: sama2 sharing dengan kita deh, ntar teman2 yang lain juga bisa menambahkan
    2lamunadi: tul.. 100 Pak

  7. Tipsnya saya simpa ya P&M :)
    kelak jika punya baby bisa berguna nih…

  8. zee says:

    Hmm… Anak saya juga beberapa susah BAB. Biasanya sih karena susunya kurang cocok. Tp kalo ga ada masalah dgn susu, malah bab mulu hahahaa…

  9. Luv says:

    dulu sy juga mengalami itu waktu anak saya masih bayi. skr sih syukur sudah hampir ga pernah sulit BAB. aku coba terus kasih sayuran/serat/buah/minum banyak dan juga minum yogurt dgn teratur.. lumayan untuk membantu bab krn menurut dokter gerakan usus anakku cenderung lambat sehingga rentan mengalami kesulitan bab.

  10. sugiati says:

    trims masukannya, akan saya coba soalnya si kecilku yg 5 thn kasusnya jg sama.

  11. Andri Purnama says:

    anak saya baru 3 bulan.karena setiap malem ga bisa tidur aja,anak saya di beri bubur bayi yg tidak kental.selama 4 hari normal.tapi hari berikutnya belum juga bab sudah 3 hari.apakah ini pengaruh dari bubus susu yang saya berikan.bagai mana supaya bayi saya bisa bab.trims

  12. rooney says:

    Arema

    anak berumur 6 bln…. napa ya susah kalo diberi obat yg berbau sirup ato yg ada rasa buah2 an…. msti bloke/mau muntah….
    beri solusinya donk….trim’s [-(

    • papadanmama says:

      2 Rooney, tiap anak itu berbeda-beda. Ada anak yang tidak suka bau jeruk, ada juga yang tidak suka bau jamu2an, ada yang suka lho !

      Solusi sederhana adalah cari obat yang fungsinya sama dengan bau berbeda (kalau ada). Cara lain adalah beri obat dengan mengalihkan perhatian anak, misal dg melihatkan mainan yang berbunyi.

      Semoga membantu

  13. mama matthew says:

    anak saya sudah umur 1,5 thn…samapai sekarang susah buang air besar,kadang harus pakai mikrolak terus…ada g yg bisa ngasih solusi ya…??? :-? :-? :-?

    • nina says:

      jadi pisang nggak boleh ya waktu si baby susah bab..???saya pny anak umur 8 bln..susah bangt babx..krn kawatir saya bawa ke rs..yang aneh itu siade udah ta kasih makan pisang n pepaya ko msh susah babnya???susu udah diencerin biar nggak kental..makan buah2han udah ko msh gitu juga???apa kurang minum air ya??soalnya kalo siade haus selalu dikasih susu formula..gimama nih saran terbaiknya???/ :-$

      • papadanmama says:

        Nina, umumnya buah, seperti pisang dan pepaya itu baik buat anak… ada juga anak yang ditahan b.a.b nya, karna ditahan maka jadi keras dan susah keluarnya. Kurang minum air juga bisa menjadi sebab anak kecil susah b.a.b, sering2 amati gerak-gerik si kecil.

        Bila mendesak, konsultasikan ke dokter anak terdekat, bila perlu minta vitamin untuk usus agar mudah b.a.b, cuman alternatif ini sebaiknya yang terakhir deh, usahakan yang alami.

  14. papadanmama says:

    Dear mama matthew, wah sama dengan anak saya, dulu awalnya juga gitu, tapi lama2 tidak.

    Solusi waktu itu begini:
    1. Kami pakai HP kami sebagai alarm tiap jam untuk mengingatkan si kecil agar minum. Tiap bunyi tit tit tit… nah yang di rumah mengingatkan si kecil untuk minum.

    2. Perbanyak beli buah dan buah tersebut dijuice sendiri tiap hari. Mulai dari juice semangka, jeruk, apel dan jambu merah.

    3. Anak saya susah b.a.b karna b.a.b-nya keras, b.a.b-nya dia tahan sebab terlalu asyik bermain. Jadi kalau melihat gelagat dia menahan b.a.b, langsung kami ajak ke WC.

    Semoga sharingnya bermanfaat ~O)

  15. maya says:

    izin share situs ini diblog ya, alhamdulillah bagus ini…

  16. Mazaya says:

    Haii all..

    anak ku umur hampir 3bln, dr umur 1bln dya BAB ny 1 minggu sekali, makin besar interval ny seminggu 3x,tp setelah itu sempat 10hr sekali.tp pup ny tidak keras (aga padat).mimi ny masih ASI.ak udh pancing dgn ak makan buah setiap hari, terutama pepaya.bahaya ngga y? bisa bantu cr solusi ny?

    terima kasih :)

    • admin says:

      halo Mazaya, bagus sekali masih memberi ASI, teruskan sampai minimal 6 bulan, kalo bisa 1 tahun. Bila anda mencampur dengan susu formula, bisa jadi terkadang susunya menyebabkan susah BAB, mesti di encerin sedikit.

      Untuk usia dibawah 4 bulan ada baiknya beri ASI saja, cukup kok. Jangan kuatir nanti si kecil lapar. Memang, mesti diberikan ke anaknya cukup sering, ada yang setiap 1 jam sekali, ada yang 1.5 jam sekali… kalo bayi cowok biasanya kuat minum tuh. Jangan lupa mama makan yang banyak dan bergizi ya… jangan takut gemuk, kalo full ASI dan dirawat sendiri, mama gak bisa gendut, tapi cepet balik ke bobot awal deh… dijamin :)

  17. krisna says:

    Hello Mama2..aku punya pengalaman nie..aku juga butuh solusi..anak ku umur nya hampir 7 bln..dia sudah aku berikan MP ASI..Makanan Pendamping ASI..seperti bubur sayuran seperti wortel brokoli..dll..tapi pup nya masi saja kerat..klo dia pup dia sering nangis,, dan kadang keluar darah..ada yang salah?
    ato mungkin porsi yang berlebihan?????

    tolong kasi solusi :(

    • admin says:

      Coba bawa ke dokter anak untuk memastikan memang dari makanannya. Ceritakan juga ukuran susu, takaran makanan dan minuman yang selama ini dikosumsi agar dokter mendapat info yang detail dan jelas sehingga dapat memberikan anjuran yang tepat.

      Kurang minum air juga dapat membuat b.a.b keras. Semoga lekas sembuh ya.

  18. YUDE says:

    ANAK SAYA SEKARANG UMUR 4 BULAN,DARI UMUR 1 BULAN BABNYA KADANG2 4 HARI SEKALI KADANG 1 MINGGU SEKALI,SUDAH KONSUL KE DOKTER ANAK LO MPE 3 HARI SUSAH BAB KASI OBAT SUPP YANG DARI PANTAT BILA SETELAH DICULIK PANTATNYA TIDAK JUGA BAB.APA YA SOLUSINYA??????????PADAHAL SUDAH BANYAK MINUM AIR PUTIH DAN BILA KASI SUSUFORMULA SUSUNYA DIENCERKAN SEDIKIT.

    • papadanmama says:

      Dear Yude, yang penting saat BAB anak tidak merasakan sakit. Jarang BAB memang mesti sabar dicari penyebabnya, satu per satu.

      Bila sudah ke dokter spesialis anak A tidak ada hasil, coba pindah ke dokter spesialis anak B agar anda mendapatkan masukan yang berbeda.

  19. achie says:

    saya juga mengalami hal ini..,anak saya juga susah bgt klo buang air besar..kadang mpe nangis..,mungkin karena keras..,jd dy agak susah…saya juga mpe ikut nangis..,udah dibawa kedokter.,dah dikasih vitamin plus susuny juga dah aq ganti…klo leh tahu sebaiknya kasih susu apa y biar bisa bab…????? :-?

    • papadanmama says:

      Aduh Achie… memang kadang kita juga ikut menangis bila melihat buah hati kita menangis karna susah BAB. Saat seperti itu, papa dan mama makin sadar bahwa kita (manusia) tidak bisa berbuat apa-apa dan itu benar2 membuat kita makin bersandar pada Yang Maha Kuasa.

      Untuk susu sebaiknya susu soya. Untuk menggantinya, mesti pelan-pelan karna ada anak yg tidak mau ganti susu. Jadi caranya dicampur dg susu lama 1:1 lalu 1:2, 1:3 dan akhirnya bisa dilepas susu lamanya. Itu pengalaman kami.

      Lakukan dengan doa juga, karna hanya Dia yang bisa menyempurnakan pencernaan anak2 kita.

  20. andita says:

    papadanmama, kita punya masalah yang sama…duh sampai pusing n khawatir soalnya si kecil tiba2 gak mau ngapa2in karena perutnya gak enak. si kecil dah 3x ini sulit BAB…yang 2x sebelumnya, aku beri microlax tapi akhirnya untuk yang ketiga kali aku gak berani lagi, duh memang harus ke dokter nih…

    salah aku juga mungkin ya, kurang disiplin memberikan asupan buah dan sayur…

    • papadanmama says:

      Halo andita, thanks berbaginya, ayo kita perbanyak asupan buah dan sayur buat si kecil.
      Ayo… siapa yg jualan juice buah? :) laris laris laris

  21. abi says:

    anak saya umur 1,7 bln…tp kuliat akan teratur,susu formulapun udh kukurangin takarannya,buah gak ketinggalan pasti biarpun sedikit tiap hari dikasi makan,tiap maknpun pasti lauk pake sayur,cuman yang ku herani napa koq masih aja susa B,A.B nya ampek nangis2,kita yng gak tega ngilatnya……tolong kasi solusinya dong…trimakasih sebelum nya ^#(^ #:-S :|

    • papadanmama says:

      Buat Abi…. sudah dibawa ke dokter spesialis anak?
      Kalo untuk anak 1,7 bulan, mestinya belum makan lauk… mungkin maksudnya 1,7 tahun ya…

      Coba minta vitamin untuk usus anak, sehingga pencernaannya lebih baik lagi… semoga membantu.

  22. ima says:

    duh binggung nih,syfa(13bln) lagi susah BAB,keras bgt pdhl syfa ud “ngeden” smpe mukanya merah,klo pke mikrolax trs takut…,padahal bubur tim pke sayur buanyak smpe g kliatan nasinya,buah jg sdh.malah kadang bubur timnya q tambahin buah.g mnm susu formula cm ASi aj.n saya jg mkn buah+sayur.gmna solusinya……???? [-X

  23. Rhena says:

    :-bd thabks info2nya,,,anakq mengalami mslh susah B.A.B sejak 1 bln yg lalu 2 mgg terakhir ini malah sering B.A.B dgn disertai darah kasihan,,,dan jg butuh kesabaran tinggi manakala si kecil menangis kesakitan tapi B.A.B tdk juga keluar sampai harus bolak balik ke WC ,mohon infonya selama ini saya kasih dulcolac tp,,,kalau ketergantungan trs gmn ya,,,dia emank g suka sayur tp suka minum mohon bantuannya trimakasih

    • admin says:

      Halo Rhena, salam kenal, bagus tuh sudah suka minum air putih.
      Kalo tidak suka sayur, bisa coba juice buah asli. Misal juice alpukat, pepaya, semangka.

      Kalo si kecil suka coklat, bisa di kasih susu coklat atau tabur dg meses coklat… :)
      Terkadang juga kalo dia bosan, bisa ajak minum juice di luar rumah/mencari suasana berbeda.
      Anda bisa bawa juice tsb dalam kotak minumnya.

      Juicenya bikin sendiri ya, bukan juice dalam kemasan yg beli di supermarket.

  24. mery says:

    saya harap ibu-ibu yang lain bisa terbantu dengan blog saya ini,karena saya mengerti betapa menderitanya melihat penderitaan anak kita yang menderita setiap kali mau BAB,apalagi jika menemukan dokter yang menganggap enteng masalah ini….

    http://luciamery.blogspot.com/.....epung.html

    • admin says:

      Halo Mery, thanks banget atas sharingnya bagus lho….

      Buat yg penasaran…ini saya copykan sedikit kata2 dari blog diatas, tapi biar jelas langsung ke blog Mery ya :)
      “saya masukkan satu sendok tepung kanji ke dalam 4 sendok susu untuk membuat susu 160 ml.saya lakukan setiap kali saya membuat susu…(kurang lebih 6 kali sehari)
      tapi ada yang mencoba resep saya,dan anaknya menjadi mencret dan BAB sampai 3 x sehari,maka tepung kanjinya dikurangi menjadi cukup 1 x saja sehari. jadi takarannya tergantung kebutuhan.karena anak saya gejalanya cukup berat,walaupun saya kasi setiap kali dia minum susu, dia tetap aja BAB tiap 2 hari sekali,atau 1,5 hari dan BABnya tidak encer (tidak keras dan tidak encer-pas).

      sudah hampir setahun anak saya minum susu dengan dicampur tepung kanji, dan mungkin akan selamanya saya berikan.setahu saya,tepung kanji tidak ada efek samping.saya pilih yang bermerek,aman dan jelas higienis.tepung kanji menjaga feses anak saya tetap lembut. sebelum minum tepung kanji,fesesnya hitam,keras, bulat dan kering. setelah minum tepung kanji, fesesnya berubah menjadi kuning dan agak basah.”

      • ika says:

        infonya saaaangat bermanfaat akan saya coba makasih bund…..

        • nenenini says:

          boleh tuh resepnya….
          anak saya udah 3 tahun tapi klo BAB pasti heboh… paling cepet 2 hari sekali…. sebenernya dia bisa setiap hari tp mungkin krn trauma dulunya jadi klo mau BAB ditahan2 jadi pas gak bisa nahan BABnya keras (kadang)…
          tapi resep tepung kanjinya bs dicoba tuh….
          terima kasih y….
          nanti saya laporkan hasilnya….
          :|

  25. abu fadhil says:

    halo semua,
    Anak saya Usia 15 Bulan juga mengalami susah BAB. Tapi BAB nya ini tidak keras, Lembek Tapi Lengket. Sering mengeluarkan darah sedikit. Susu Formulanya sudah di buat sedikit encer dan sering saya kasih Pepaya, Konsumsi air putihnya pun banyak. Setiap BAB selalu menangis karena lama keluarnya dan klo ngeden mukanya merah sampai keluar banyak keringat..
    Mohon bantuan Solusinya… Terimakasih..

    • yuli says:

      halo semua,
      anak saya baru berusia 1,5 bulan tidak bs bab,sebelumnya lancar 1 hari bisa sampai 4 x,setelah saya bantu susu formula eh malah tidak bab sampai 5 hr saya bawa ke doktr ktnya susunya musti di ganti saya uda ganti masi tdk bab juga,sy kasi laktoB jg ngga bab juga ,soluisnya gmana ya susunya jg uda sy encerin ngga juga,kemarin sy pancing pake sabun pantatnya keluar,skrg u 6 hr ngga bab masa musti sy pancing terus?tolong dong solusinya saya sampai sterss
      thx :-?

  26. RIRIN says:

    haLO..
    anak sya 1,7bln,,wktu usianya 1,3bln kalo bab slalu nangis,skarang udah 1,7blan,,sya gnti susunya,tp sya campur dgn susu formula yg biasanya di minumnya,,,skarang bab nya jd hitam,bulat2,keras,n kering,,itupun 3xsehari,,,pdahal udah saya ksih buah,,n makannya jg sya beri sayur setiap hari…tolong solusinya y,,..,thanks :-?

  27. tisa says:

    Terima kasih solusinya mba,,,anakku 10 bulan,sejak usianya 7 bulan susah BAB,Sedihhhhh bgt ngeliatnya,sampe ngga tega ngeliat,setiap kali ke dokter solusinya pake obat pencahar dari oral n anal,,jd sampe skrng msh dkasih obat anal setiap mau BAB,,apa aku boleh coba tipsnya y??makasih y mba,

    • tisa says:

      maksudku tips dari mba Mery,,,(tepung kanji).mohon share y,,thxs…

      • admin says:

        Halo tisa, utk tips dari mba Mery, bisa langsung ke blog doi… tanya langsung ke doi pasti deh lebih mantaps.

        Semoga cepat sembuh semuanya…

  28. ririn says:

    koq gk d balas y admin ku yg tgl 4 juli…

    • admin says:

      o iya tuh… belum dibalas…aduh maap maapin ya :)

      Buat bunda Ririn, warna hitam pada tinja itu salah satunya adalah tinja mengandung zat besi.
      Bila meminum susu formula, usahakan sering minum air putih dikit dikit tapi sering, air membantu bab tidak keras.

      Bisa juga diberikan vitamin untuk usus, tapi sebaiknya ini jalan terakhir deh… usahakan yang alami aja.

      Biasanya sebagian besar kasus itu karena kurang minum air putih, minumnya sedikit-sedikit tapi sering, total dalam 1 hari 0.3-0.4 liter per KG berat anak.
      Jadi kalo berat anak 20kg, maka usahakan total minum air putih 0.8 liter.
      Caranya, beli aja botol minum air 500mL, nah jadikan ini target minum si kecil untuk pagi sampai siang, bila habis diisi lagi dan 500mL lagi target minum si kecil dari siang sampai malam.

      Semoga membantu

  29. lina says:

    admin says.

    saya punya keponakan,umur 1.7 bulan.
    susuah buang bhb nya. mau 6 atau 7 hari baru bhbnya
    padahal sudah kedokter, belum juga ada perubahan.
    kalau masala makan masi makan bubur halus. dan juise tiap
    hari.
    gimana caranya biar keponokan bisa tiap hari bhb. terima kasi.

    • admin says:

      Halo Lina, kalo anak kami yang pertama dulu itu kurang porsi makannya, jadi dia bab 3-4 hari. Kami mengetahui setelah ganti baby sitter, dia memberi makan banyak karena pintar membujuk si kecil, jadi bisa bab tiap hari.

      Itu share dari kami. Mungkin ada yg mo share lagi?

  30. yuni harmi says:

    saya pusing udah hampir 1 bulan ini anak saya yang besar (6,5bln)belum bab, sepertinya dia tidak mau mengeluarkan fesesnya padahal saya lihat udah sakit perut tapi dia malah lari kekamar sembunyi dikamar… jadi bingung mendekatinya… kita udah pake obat minum.. dan dari anus tapi tetap saja berguliur seperti itu… memang untuk makan paling susah…makan buah dan sayur memang tidak mau.. padahal kita udah paksa tapi tetap saja tidak ada cara lain..tolong bantu saya dong… :-?

    • admin says:

      Dear Yuni… anak 6.5 tahun, berarti SD ya… kalo suka minum juice, juice-in aja
      Anak kami tidak suka buah dan sayur tapi dapat tips dari dokter untuk juice-in aja, bisa tambah susu coklat kesukaan si kecil.
      Juicenya bikin sendiri aja ya, jadi lebih murah, bersih dan bisa lebih sering.

      Tapi kalo sudah sampai berhari-hari (hampir 1 bulan) belum bab, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis anak.

  31. yuni harmi says:

    maaf maksud saya 6,5 tahun…

  32. decyl says:

    Hi semua, kalo saya pernah panik karna bayi saya gak pup seharian. Tadinya mau bawa ke dokter tapi kakak saya ajak ke mom n jo (pregnancy and baby spa) di daerah dharmawangsa, sampai sana bayi saya dipijat sama mbak2nya dan alhamdulillah pas pulang, malamnya bayi saya pup banyak banget hehehe…
    Ternyata emang bayi butuh massage ya…

  33. Iyun says:

    Hai Admin,
    Setelah baca catatanmu, hatiku sdikit lega, ternyata banyak bunda2 lainnya yg punya problem sama mengenai kesulitan bab anaknya. Titha anak saya(3th),tiap kali bab pasti susah dan minimal 4 hari skali bahkan pernah sampe 13hari, sampai2 takut ma dokter karna keseringan dibawa ke dr. terakhir sy disarankan untuk rontgen, dikhawatirkan titha menderita hisprung,minta tolong penjelasan mengenai hisprung, berbahayakah dan kemungkinan bisa diderita oleh anak yg sulit bab? trimakasih jawabannya..

    • admin says:

      Halo Iyun…. wah hisprung kami belum pernah dengar tuh….
      Mungkin teman2 kalau ada yang tau bisa sharing bersama disini.

  34. triee says:

    Salam kenal Admin…
    Babyku umur 1.5bulan biasanya dia PUP 1hr sekali ini sdh 2hr lewat baby.ku belum PUP. ASI ku keluar hny sedkit jd kuberikan Sufor.
    selama 2hari ini sdh ku tinggal kerja di rumah hny dgn neneknya.
    Bagaimana ya agar baby.ku bisa PUP?
    tx tuk jawabannya.

  35. cruz says:

    thx bgt atas infonya
    aku jug alagi ngalami gitu si Dedek (6.5bln) susah BAB, memnag baru awal2 di kasih MPASI ini udah 6hr blm BAB, kwatrir terus, dulu soalnya pas usia 1.5 bln sempet susah BAB langsung di bawa kedokter, sempet di diaknosa kemungkinan hirsbprung.. tapi alhamdulliah ga, dan pas di RS jug adi kasih microlax (obat dari anal) …msh binggung saat ini apa perlu obat dari anal lagi…?? MPASI juga msh sayur dan buah…., apa ada info terbaru…

  36. ratna says:

    salam kenal…anak saya berumur 2,5 taon…anak saya sejak berumur 1 tahun ampe sekarang punya masalah BAB…terkadang anak saya bisa sampai 6 hari baru BAB..saya sudah konsultasikan ke 3 dokter anak dan sudah mengganti susu formula anak saya beberapa kali…dalam seminggu 2-3 kali saya memberikan jus buah kepada anak saya n terkadang saya memberikan liang teh agar anak saya tidak panas dalam…terkadang saya juga memberikan mikrolax bila anak saya susah BAB…terkadang setelah saya memberikan mikorlax tapi anak saya juga tidak BAB…saya sudah putus asa bagaimana mau mengatasi BAB anak saya…mohon bantuan dan petunjuknya…terimakasih atas nasehat yg diberikan terlabih dahulu…

  37. anak saya berumur 11 bulan lebih 3 minggu, sudah 5 hari ini susah BAB.. krn habis sakiet panas saya kasih bubur ayam selama 3 hari setelah sakitx sembuh lalu susah BAB selama 3 hari n esokx muntah2 lalu saya pijatkan langsung besok bs BAB lancar tp setelah itu 5 hari ini susah BABx krn makanx sedikit n kurang berserat, baru Hari ini saya kasih makan sayuran n saya sudah kasih Mikrolak tp 10 menit hanya Buang gas jg tidak bau… susu Formula jg sudah saya encerkan tp anak saya ga suka makan pepaya, liat or bau aja sudah mau muntah…. sampai sekarang anak saya aktiv n sehat2 saja.. Mohon Solusix.. terima kasih banyak :-bd

  38. Maria says:

    Benar juga, jadi ortu tuh harus bisa jadi teladan untuk anak, ga cuma bisa suruh mereka makan sayur tapi juga harus beri contoh untuk suka makan sayur. Kasian banget kalo lait si kecil trauma bab atau nangis karena kesakitan sewaktu bab.

  39. yuli says:

    saya mau tanya, anak saya usia 3thn BAB bisa 4-5 hari, itupun dibantu lactulax(obat anjuran dr ) dan microlax, memang makan buah atau sayur agk susah, tapi apakah minum lactulax setiap hari dan sekarang sudah mengulan botol ke 5 tidak apa2? saya ibu bekerja dan anak cm mau makan goreng2an spt nugget, kentang goreng..aduh sedih banget ya….:(tolong info apakah tepung kanjinya berguna..anak saya sekarang minum pediasure..karena memang susah makan. thx

  40. yuli says:

    admin,please reply nya, buth saran, untuk lactulax nya…apa gak papa diulang terus?? thx

    • admin says:

      Mama Yuli, untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis anak anda.

  41. rona says:

    anak saya umur 17bulan. bab nya keras n susah klr. klo liat dia mau bab jd sedih kr pst nangis. dah ngeden lama tp tetep aja ga mau klr. aq dah bw ke DSA, tp cm di ksh vit n obat pencahar (lupa namannya). dia jg susah mkn syr n buah. jd bingung hrs gmn n takut klo kelamaan susah bab bisa timbul penyakit2 lain. gmn caranya ya????? aq jg dah ksh pir singo tp tetep aja susah. plissss

  42. yuli says:

    aq uda dapet solusi untuk anakku yg ssh BAB, karena dia sudah 3,5thn, aq kasi dia mnm Yakult, sorry nyebutin salah satu merk, tapi itu ternyata bagus sekali…memang gk tiap hari poop, tp 2 hari sekali sekarang ud poop teratur, tanpa dia perlu mengejan terlalu keras untuk BAB. Kita pernah konsultasi ke dokter, kata dokter anak saya kurang baik untuk enzim pencernaan…dulu pernah dikasi enzim pencernaan..bentuknya bubuk kemasan warna kuning, tp lupa namanya..kurang enzim pencernaan juga bikin anak ssh BAB ternyata…saya baru tau. mungkin klo untuk bayi, makan lactobe itu gpp..yg penting mengandung prebiotik…
    :-bd anyway…thx God..sekarang anakku uda gk masalah BAB

  43. herlinasubhan says:

    anakku umur 4 tahun, sejak umur 3 tahun dia mengalami susah buang bab 1 bulan sekali biasanya aku berikan microlax, pernah sih kuberi yakult tapi tetap tidak reaksinya.2 bulan yang lalu anakku sampai 4 kali berturut-turut setiap mau bab dia nangis dan ketakutan aku berikan vegeta herbal,memang dia langsung bab tapi dengan menahan rasa sakit dan ketakutan, dia selalu truma aku jadi bingung dia tidak bisa BAB lagi haruskah kuberikan microlax lagi? untungnya ada seorang temanku memberi obat tradisonal sejenis rumput-rumputan namanya rumput kangkung,dengan meminum rebusan air rumput kangkung bab anak jadi encer jadi anakku tidak takut bab lagi

    • farros says:

      biasa di jual dimana rumput kangkung itu bunda?? sama anak saya jg seperti anak bunda…mohon pencerahannya bunda…hatur nuhun..

  44. Rudy says:

    anak saya umur 20 bulan. BAB nya keras n susah klr. kalau mau BAB dia slalu menanggis trus kasihan mliatnya….jadi sedih dan binggung dah ngeden lama tp tetep aja ga mau klr. udah saya kasih Microlak lewat anus tapi massih gak bisa kluar, saolnya udah 4 hari tidak bisa BAB, gimana apakah ada solusi lain mengatasinya?…..thanks

    • admin says:

      P.Rudy, bawa ke dokter spesialis anak saja untuk pertolongan dan konsultasikan untuk kedepannya.

      Baca juga pengalaman teman2 diatas, semoga membantu

  45. agus faisal says:

    anak saya umur 3.5 tahun susah bab karena keras, kemudian dia jadi trauma untuk bab selama 4-5 hari, secara tidak sengaja istri saya membawa anak jalan kaki ke dokter (tempat praktek dekat dengan rumah saya), eh ternyata efek dari jalan kaki itu bab anak saya langsung keluar, mudah mudahan pengalaman ini bisa bermanfaat untuk orang tua yang lain.

  46. farros says:

    ikut sharing dong…anak saya umur 4 tahun, dia makan sayur,jus buah2an rutin dan banyak pula minum air putih, tp knapa BAB nya selalu susah yah..padahal yang disarankan sudah dijalankan semuanya…apa ada faktor psikologis??seperti dia menahan BAB nya yang mengakibatkan BAB nya jd susah..mohon pencerahannya yah…hatur nuhun…

    • admin says:

      Halo Farros yg lagi bingung :)
      Anak kecil usia 4th an memang suka menahan BAB, biasanya itu disebabkan karena mereka masih ingin bermain.
      Kalo BAB kan waktu bermain jadi berkurang, gitu deh pengakuan salah satu anak

  47. Amalia says:

    Hallo,
    Mau bertanya dongs, ttg tips mencampur tepung kanji atau tapioka dg susu, apakah ada yg telah mencoba dan please share resultnya? amalia ingin sekali mencoba untuk anak ku, boy 3,5 th yg suliiiiitttt sekali BAB, ga mau sayur dan buah jg :(….thank you.

    • admin says:

      Ayo? Siapa yang udah coba? Reply dong

      Btw utamakan makan sayur n buah, di juice dong… kasih gula, kalo manis biasanya si kecil suka tuh

  48. sari says:

    anak sya dr umur 1,5th spt itu segala cara sya sdah lakukan.mau makan sayur byam itupun sedikit.buah jarang.apalagi air.skrg sdh umur 2 taon lebih ap yg harus sya lakukan????

  49. andi says:

    ello Mama2..aku punya pengalaman nie..aku juga butuh solusi..anak ku umur nya hampir 7 bln..dia sudah aku berikan MP ASI..Makanan Pendamping ASI..seperti bubur beras tapi babnya agak susah dia bab dia sering nangis,, dan kadang keluar darah..ada yang salah?
    ato mungkin porsi yang berlebihan?????

    • admin says:

      Halo andi, wah kasihan ya si kecil, semoga sekarang sudah baikan.

      Untuk pastinya, lebih baik dibawa dan konsultasikan ke dokter spesialis anak.
      Untuk makanan pendamping ASI, ada baiknya diberikan bertahap dan jangan terlalu padat
      ….jangan lupa… ASI tetap terus ya

  50. anita says:

    halo mama2 pengalaman saya ga jauh beda, anakku beumur 2 tahun udah hampir 3 minggu ini susah sekali BAB nya sebelumnya sudah pernah seperti ini,cuma ini yg agak parah hampir 2 hari sekali anak saya baru bisa BAB itu pun dibantu dengan mikrolak,selain itu susah sekali makan buah2 han sealu di muntahkan,solosi apa lagi yg bisa mem (:| bantu saya,,

    • anita says:

      sebeumnya udah kedokter diberikan semacam puyer serat tapi selalu dimuntahkan

      • admin says:

        Halo anita, bila dimuntahkan, coba tambahkan gula halus di puyer nya, biar terasa manis dan si kecil mau menelannya.

        Semoga membantu.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »