pendidikan-anakSalah satu keahlian yang mau tidak mau akan dimiliki oleh seorang papa dan mama adalah melakukan rencana keuangan keluarga. Mulai dari rencana belanja harian, rencana belanja bulanan sampai rencana keuangan untuk sekolah anak-anak.

Tapi banyak dari keluarga yang tidak punya rencana keuangan yang lebih bagus, cobalah untuk meneliti atau melihat ke dalam diri kita masing-masing. Apakah saya sudah punya rencana keuangan keluarga 1 bulan? Apakah saya sudah punya rencana keuangan keluarga 1 tahun, 5 tahun kedepan? Bagaimana keuangan saya  bila saya pensiun kelak?

Bagaimana cara melakukan rencana keuangan keluarga yang baik?

Mungkin anda sering mendengar istilah “Latihan akan menjadikan sempurna”. Demikian juga dengan melakukan rencana keuangan keluarga, lakukan latihan dan anda akan menjadi ahli.

Berikut adalah langkah-langkah yang kami lakukan dalam melatih diri kami:

1. Cobalah anda mencatat setiap pengeluaran yang anda dan pasangan lakukan. Anda bisa catat dalam sebuah buku tulis biasa, beri tanggal, keterangan dan jumlah uang keluar. Dari sini pada akhir bulan anda akan melihat pos-pos mana yang membuat keuangan keluarga anda ‘bocor’.

2. Cobalah mengisi dompet dengan teratur. Misal anda isi dompet setiap hari senin untuk cadangan pengeluaran 1 minggu. Ini penting agar diri anda sendiri terbiasa dengan pengendalian diri anda, terbiasa untuk tidak membeli sesuatu yang sedang diskon dan saat itu anda tidak membutuhkan.

Seorang pria bersedia bayar Rp 100.000 untuk barang seharga Rp 50.000 yang dia butuhkan, tetapi seorang wanita bersedia bayar Rp 50.000 untuk barang seharga Rp 100.000 yang dia tidak butuhkan.

3. Tabungan. Bila ada uang lebih dalam tabungan anda dan jumlahnya masih sedikit, cobalah anda depositokan dan bila jumlah dalam 1 tahun bisa anda kumpulkan untuk membayar sebuah asuransi, ikutlah asuransi terlebih dahulu. Pilih asuransi pendidikan sebagai prioritas bila anda memiliki dana terbatas.

Pentingkah asuransi pendidikan ini?

Hal ini sama dengan pertanyaan… pentingkah saya pakai helm saat mengendarai sepeda motor? atau pentingkah seorang sirkus menggunakan jala pengaman dibawahnya saat dia sedang berloncatan di atas tiang setinggi 5 meter ?

Asuransi itu seperti jaring pengaman dan asuransi pendidikan adalah jaringan pengaman bagi pendidikan anak-anak anda. Itu salah satu rencana keuangan keluarga yang perlu anda lakukan di jaman sekarang.

Mungkin premi yang keluar nanti memang tidak akan menggantikan semua uang masuk sekolah anak anda, tapi setidaknya premi yang keluar nantinya bisa membantu anda dalam biaya sekolah anak anda.

Punya pendapat lain?

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , ,

9 Responses to “Sudahkah anda melakukan rencana keuangan keluarga?”

  1. elmoudy says:

    memang harus tuh membuat rencana keuangan keluarga..
    banyak rincian hidup yg harus diurus :))

    met Idul Qurban..
    semoga segala jalan yang terbentang
    menjadi bukti pengorbanan kita atas nama CintaNya

  2. bintangtimur says:

    Manfaat tabungan pendidikan untuk anak sudah saya rasakan :)
    Tapi mencatat semua pengeluaran dalam satu buku khusus, sering membuat saya merasa bersalah, karena akan ditemukan banyak pos tidak terduga…
    Saya bukan penggemar barang discount, seberapa besar discount yang diberikan, bila saya tidak perlu, tidak akan saya beli.
    Tapi kalau makanan…wah…wah…wah…sering banget membuat saya kecolongan!
    Oya, sudah 8 bulan terakhir saya menyisihkan uang untuk ditabung di awal bulan…rasanya, trik ini lumayan berhasil, karena jumlah tabungan baru ini ternyata tidak mengecewakan… :)

    2bintangtimur: Thanks sharingnya, bagus juga… jadi kita dikondisikan ‘ketat budget’ gitu ya :)

  3. gusthy says:

    maksih tipsnya papadanmama…ini sebagai persiapan klo udah berkeluarga nanti.

  4. zee says:

    Mengisi dompet secara teratur. Itu yang harus kali ya.. soalnya dompet juga bisa bocor..

  5. mamah aline says:

    Betul sekali infonya, tambahan buat saya. saya pun menyelamatkan manajemen keuangan dalam bentuk taska , asuransi dan tentu saja penghematan pembelian barang yang gak perlu

  6. fandhie says:

    nice tips..
    saya termasuk yg paling berantakan dlm perencanaan keuangan

  7. catatanhati says:

    thx papadanmama tips yg bagus :D kalau bisa hadirkan tips yang terbelit hutang dengan tidak gali lobang tutup lobang

  8. viana says:

    Saya sangt setju mama, insyllh jd pengen mau nabung,biar sedikit ntr lama 2 pasti jd bukit.. tul kan ma ..papa

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »