makanan-sehatKetika anak kami dibawah 1 tahun, sekitar 8 bulan usianya, kami bertanya pada dokter anak kami, bolehkah memberikan bubur instan pada bayi kami sebagai makanan padat pendamping ASI? Karena kami pikir makanan instan ini tentunya praktis dan bermanfaat bagi bayi kami.

Namun diluar dugaan, malah kami diberi ‘kuliah gratis’ yang panjang sekali mengenai bagaimana cara menyiapkan makanan yang sehat, praktis dan bermanfaat bagi bayi tapi bukan dengan makanan instan!

Jeli dalam setiap makanan

1. Hindari makanan dengan bahan pengawet. Bila tertulis di kemasan, mengandung pengawet xyz tentu mudah bagi kita untuk dengan cepat menghindarinya. Namun yang seringkali terjadi adalah tidak ada tulisan mengandung pengawet atau bahkan tertulis TIDAK MENGANDUNG PENGAWET !

Cobalah ini, beli jajan pasar, diamkan sampai besok, 2-3 hari. Apakah basi? Bila iya, berarti makanan seperti ini tidak mengandung pengawet, betul?

Semua makanan basah yang tidak masuk lemari es atau dipanasi berulang-ulang, makanan tersebut akan basi. Bila tidak maka ada ’sesuatu’ yang membuatnya awet. Sesuatu ini ada yang bisa digolongkan bahan pengawet, ada yang tidak.

Contoh lain, asinan atau manisan. Makanan seperti ini akan awet tanpa pengawet buatan, ’sesuatu’ itu adalah garam dan gula yang membuatnya awet. Aman namun tidak ada manfaatnya, karena vitamin yang ada juga sudah berkurang banyak. Lebih baik makan buah segar.

Contoh lain yang pro dan kontra, adalah susu cair yang ada di supermarket. Pernah saya beli susu cair yang diletakkan di lemari es supermarket dan saya lupa masukin ke lemari es saya dan besok basi! Berarti susu ini tidak ada pengawetnya.

Bagaimana dengan susu cair yang tidak di lemari es dan awet? Pakai logika dong… sesuatu ini mungkin tidak termasuk pengawet tapi yang pasti saya tidak tau apakah aman bila dikonsumsi dalam waktu yang lama. Apa ada uji klinisnya?

2. Hindari makanan dengan bahan pewarna buatan. Dari contoh jajan pasar diatas, lihat warna kuenya, bila warna-warni, kemungkinan ada bahan pewarna buatan didalamnya. Bahan pewarna hijau alami sebenarnya bisa didapatkan dari daun pandan hijau, cuman kita tidak akan tau apa bahan dasar kue tersebut.

Ada baiknya bila anda punya bayi, cobalah membuat jajanan sendiri. Belajar membuat kue sendiri dari bahan-bahan alami bukan beli bahan yang instan juga :) sama aja dong. Namun bagi bayi, ASI tetaplah nomor satu, lihat manfaat ASI dan persiapan memberikan ASI.

3. Hindari makanan dengan bahan perasa. Kalau yang satu ini memang sudah sering kita dengar. Namun anda coba jeli lagi dengan bumbu instan yang ada di supermarket. Apakah anda yakin kalau didalamnya tidak ada bahan perasa?

Saya sendiri tidak tau. Namun bila anda benar-benar peduli dengan kesehatan bayi dan keluarga anda, kenapa tidak mencoba untuk memasak sendiri? Berhargakah itu? Anda yang tau.

Bagi yang memakan masakan sehat rumah sendiri, cobalah untuk menghargainya meskipun lidah anda merasa ada yang kurang. Jangan kritik, bila ingin memberikan saran, berikan itu diantara pujian. Puji yang banyak dulu baru kasih saran dan puji lagi…. Kalo langsung berkicau saran ini saran itu bisa di getok ama uleg-uleg, ya…. jangan marah :)

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

15 Responses to “Tips memilih makanan sehat, praktis dan bermanfaat untuk bayi dan keluarga”

  1. Tips yang bermanfaat bagi kesehatan anak,

    makasih pengetahuannya sobat!!!!

  2. ahza says:

    mantabz..blog ini memang dari dl smp sekarang sll memberi imajinasi dan info yg berguna … :D

  3. Aribicara says:

    Saya merinding informasi terbaru dri para peneliti bahwa di Indonesia tahun 2010 penderita kangker akan meningkat tajam ini karena produk di Indonesia hampir semuanya Mengandung obat pengawet atau Kimia, walau tercantum di masing2 produk kandungan bahan pengawet atau kimianya sedikit, tp kl semua produk bgitu apa msh dianggap sdkit ?

    Serem, bener kata dirimu jeng, kita mesti pandai2 memilih ..
    kalau bisa sich yg bener2 alami atau organik :)

    Salam :)

  4. bintangtimur says:

    Setujuuuu!
    Makanan padat buat bayi sebaiknya makanan sehat yg terus terang, agak ribet sedikit buat mengolahnya :P
    Tapi kenapa kita kok nggak mau repot buat anak ya?
    Dulu (yah…ngebandingin lagi deh) saya dibantu tante u/ menyiapkan makanan sehat buat Risa. Nasi tim yg diberi ayam/daging/telur plus sayuran segar. Sebagai pelengkap rasa, hanya garam dan sedikit gula pasir.
    Diluar jam makan, saya beri buah-buahan segar. Tidak ada yg diblender. Pisang dan apel langsung dikerok pakai sendok. Tapi untuk tomat, saya merebus dan menyaringnya pakai saringan kelapa…hehehe…tradisional banget ya!
    Tapi yg pasti, anak saya suka…saya juga bahagia :)

  5. anny says:

    Sedikit repot dan ribet menuai hasil baik dan maksimal buat buah hati kita ya :)

  6. sakurata says:

    Thanks atas infonya.
    Jaman sekarang, serba salah ya, selain kehidupan sosial yang terancam, asupan untuk fisik (makanan) pun bagi anak2 sangat riskan dengan yang namanya bahan-bahan berbahaya..

  7. fandhie says:

    tipsnya oke…
    saya juga klo dah liat kue yang warna warninya terlalu bagus dan menarik malah jadi ogah beli :D

    2fandhie: iya, biasanya kalau ada yang warna putih, pilih yang putih aja

  8. Soal bahan perasa aku setuju P&M…
    jangankan untuk bayi, aku yg udg dewasa aja kadang pening kalau makan pake bahan perasa.

  9. zee says:

    Susah-susah gampang memang ya bikin makanan untuk anak, krn makanan2 instant sekarang banyak mengandung pengwet dan penguat rasa. Sebaiknya memang makanan rumahan yg dibuat sendiri, itupun repot jg klo anak da bosan bingung deh hahahaha…

    2 zee: iya, kadang kalo bingung kita main goreng ini goreng itu dengan minyak yang masih bagus

  10. julie says:

    setujuh
    blog ini memang informatif
    keep blogging mama and papa

  11. gusthy says:

    baca blog ini untuk persiapan hehehe…makasih papamama

  12. ocehanburung says:

    Dear pap dan mama…

    Udah ketemu belum marcelnya ?? kalo belum saya kasih tau deh cara carinya :

    1. Buka blog saya, trus di bawah Logo jam khan ada field buat Search, nah di situ tulis deh… MARCEL… walla!!!! keluar deh…

    2. Cara dua.. buka aja Google.. ketik ocehanburung marcel… walla!!!! keluar juga deh…

    makasih ya… btw.. nice posting…. (hihihihihi… mudah-mudahan ga ketauan kalo saya belum baca….)

  13. yangputri says:

    mantabs postingannnya, nice inpo pokoke teope begete deh

  14. umiabie says:

    wah informasinya mantap banget.. thanks..

  15. Keep on working, great job!

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »