bisnis-onlineBeberapa dari anda mungkin pernah mendengar bisnis online atau bisnis yang menghasilkan uang dari internet, entah sebagai blogger,programmer,designer,writer,project manager,marketer dsb.

Pertanyaan mendasar sebelum anda melakukan itu semua adalah pentingkah itu bagi anda? atau sudah perlukan anda saat ini?

Kalau tiap bulan penghasilan >= pengeluaran, berarti anda sebenarnya sudah ‘cukup’ secara financial. Apalagi kalau penghasilan 1 bulan >= pengeluaran 4-5 bulan, itu bisa dikatakan, anda bebas secara financial? Benarkah?

Mungkin juga tidak !

Jenis penghasilan, penghasilan dari bisnis online termasuk yang mana?

Ada 2 kategori besar jenis penghasilan:

1. Penghasilan aktif. Intinya, anda dapat uang kalau anda kerja. Anda tidak kerja uang tidak ada. Direktur perusahaan sampai pembantu di dapur sama jenis penghasilannya, besarannya yang beda :) Yang satu pipa besar, debit keluaran airnya besaaarrrr yang satu kecil sekali. Tapi bila pipa ditutup, di PHK/pensiun, maka selesai sudah.

Salah satu cirinya adalah makin sukses di penghasilan aktif, maka waktu buat keluarga akan semakin berkurang bahkan tidak ada!

2. Penghasilan pasif. Intinya, anda kerja atau tidak, anda tetap dapat uang. Contoh deposito anda di Bank akan mendapatkan bunga atau uang, entah anda selama 30 hari ini kerja atau tidak. Tidak butuh anda tapi butuh asset anda. Anda tidak perlu bingung cari customer baru, cari market baru, tapi perlu lihat profile Bank dan pilih investasi yang bisa anda kontrol dan ada hukum yang jelas. Jangan sampai tertipu ya!

Salah satu cirinya adalah waktu anda yang dipakai untuk penghasilan pasif adalah semakin lama semakin berkurang atau sedikit kerja. Kalau deposito, anda perlu mengumpulkan dulu asset nya, bila sudah terkumpul, anda depositokan masih perlu ke Bank dan tanda tangan ini itu.

Berapa besar yang dihasilkan? Itu masalah yang lain, tapi disini jenis atau sifatnya berbeda.

Penghasilan dari bisnis online menurut anda termasuk yang mana?

Benar jika jawabnya penghasilan aktif, karena mesti memelihara usaha anda, cari order, marketing disini sana. Namun benar juga bila dijawab penghasilan pasif bila anda memilih dan membangunnya dengan benar.

Begin with end in mind.. Mulai dengan hasil akhir di otak anda.
Apakah bila bisnis online saya sukses akan membuat saya semakin sibuk atau bisa membuat waktu saya semakin banyak untuk keluarga?

Bila anda seorang karyawan, perlu sekali membangun penghasilan pasif.
Istilah dari seminar yang papa dan mama ikuti adalah karyawan itu seorang yang dekat sekali dengan pailit. Sekali perusahaan memecat anda, maka penghasilan anda langsung 0.

Mungkin bagi anda yang masih muda, usia < 30th, dengan jabatan staff sampai manager, saat dipecat anda masih bisa melamar di tempat lain. Bagaimana bila usia anda > 30 dengan jabatan staff? Coba perhatikan lowongan kerja yang ada. Bagi anda yang manager ke atas dengan usia > 40th, saya rasa anda bisa berpikir sendiri kan?

So.. penghasilan online dari bisnis online… perlukah?

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

11 Responses to “Penghasilan online dari bisnis online, perlukah?”

  1. blog bidan says:

    saya kira sangat perlu tuch, cuma kita harus bisa memahami pasar serta kemampuan kita dulu…

    padahal saya nggak begitu tahu tentang bisnis online, tapi dari beberapa blog yang saya kunjungi banyak sekali membahas tentang DOLAR, hingga saya pernah mimpi di dapat gaji DOLAR

    jabat erat selalu

  2. JR says:

    banyak sih make money online….tapi keliatannya hanya sementara aja yah

  3. bintangtimur says:

    Buat orang-orang tertentu yg hobby mengerjakan segala sesuatu di depan internet, pasti perlu banget…selain hobby, mereka bisa menghasilkan uang dari bisnis ini :)
    Tapi buat yg online hanya untuk menambah pertemanan, kayaknya bisnis ini tidak akan menarik minat mereka.
    Saya?
    Hehehe, sampai saat ini hanya seneng berteman aja di dunia maya, sambil iseng-iseng menulis ide atau isi hati… :)

  4. sakurata says:

    Penghasilan online (dari internet)? Hmm..masih sebatas pengharapan, hehe.
    Tulisan yang inspiratif dan membuat tetap semangat untuk mewujudkan pengharapan.

  5. gusthy says:

    sangat tergantung pada orangnya…
    Pada intinya sama…semua butuh ketekunan, keseriusan, dan fokus untuk bisa sukses !!!

  6. komuter says:

    untuk jaman sekarang, perlu punya yang aktif dan pasif sekaligus

  7. Luv says:

    saat ini internet belum menjadi sumber penghasilan buat saya. but who knows mungkin besok saya berubah pikiran. artikel yg menggelitik nih.. thnks pap!

  8. vany says:

    perlu dan kepengen siyh sebenarnya….
    cuma berhubung saia gaptek dan gak terlalu ngerti ttg bisnis ginian,utk saat inijd males nyoba deh….
    maybe, next time…
    who knows? :)

  9. saya rasa sangat perlu, setiap mobil punya ban serep kan?

  10. H says:

    acakadut kepalaku kalo udah menyinggung daerah ini :(

  11. wishnu says:

    kalo saya mencoba memasarkan pulsa secara online dengan cara mencari dealer dan dealer nantinya mencari agen.hasilnya memang tidak besar,tetapi bisa buat tambahan dan masuk ke kategori penghasilan pasif.tapi tentu saja harus pintar memilah server pulsa yang sehat tanpa tipu2.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »