nutrisi-ibu-hamilMakanan ibu hamil atau nutrisi ibu hamil harus bergizi. Buat apa tuh? Masih segar dalam ingatan papa dan mama saat anak kami kedua lahir dan beberapa waktu kemudian dia mengalami sedikit kelainan fisik pada pusar (bahasa Jawa: udel bodong). Pusar bayi papa dan mama kelihatan sedikit keluar dari perutnya.

Setelah kami tanyakan pada dokter anak kami, ternyata salah satu penyebabnya adalah si janin kekurangan nutrisi yang mengandung asam folat. Kelainan tadi nanti bisa sembuh sendiri atau menjadi normal dengan terbentuknya otot perut bayi.

Nah, mendengar hal itu ada rasa sesal juga karena waktu hamil kurang konsumsi asam folat. Ada dimana saja sih asam folat atau folic acid tersebut?

Kegunaan dan kandungan asam folat atau folic acid

Asam folat sangat diperlukan pada 3 bulan pertama kehamilan. Asam folat ini berfungsi membantu pembelahan sel yang terjadi pada kandungan anda. Proses pembelahan sel ini harus sempurna agar janin tumbuh dengan sempurna.

Bagi para pasangan muda, 3 bulan pertama kehamilan ini sangat susah diketahui, karena biasanya bingung apakah saat ini lagi hamil atau tidak. Gunakan alat test kehamilan yang banyak dijual di apotik guna membantu anda untuk melakukan deteksi awalnya.

Asam folat atau folic acid ini banyak terdapat dalam sayur berdaun hijau dan buah. Bila anda melihat brokoli hijau, maka yang banyak mengandung asam folat itu adalah daun hijau brokoli yang membungkusnya, bukan brokolinya ya.

Asam folat ada pada makanan berikut:

- Sayuran berdaun hijau
- Jeruk dan buah kiwi
- Kacang polong dan buncis
- Hati sapi

Cara memasaknya juga harus benar agar kandungan asam folat tidak rusak. Jangan menggunakan api yang besar atau suhu tinggi, cobalah makan dengan cara merebus + pakai sedikit sambal bila suka pedas.

Seperti biasanya, sebelum memasak dan mengkonsumsi sayuran dan buah yang anda beli, cucilah dengan pencuci sayur yang bagus agar pestisida yang menempel hilang. Bilas yang bersih agar sabun cair pencucinya juga tidak tertinggal :)

Perlu anda ketahui, petani juga melakukan semprot pestisida agar buah dan sayur tidak rusak dimakan hama atau penyakit dan menghasilkan buah atau sayur yang baik.

Bagi ibu hamil yang tidak suka makan sayur… coba makan sayur hijau dengan pecel atau rujak (hmm jadi lapar nih hehehehe), lakukan semua ini demi anak anda agar asam folat membantu pembelahan sel menjadi sempurna dan kelak dapat lahir dengan fisik yang sempurna juga.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

29 Responses to “Pentingnya Asam Folat / Folic Acid pada makanan ibu hamil”

  1. bintangtimur says:

    Saya baru tau kalo daun brokoli yg mengandung asam folat, dan bukan brokolinya…hehehe, padahal daun itu kan suka dibuang karena saya anggap tidak bermanfaat:P
    Info ini akan saya catat baik-baik deh, buat orang-orang terdekat yg sedang hamil… :)
    Ternyata ada hubungan juga ya antara udel bodong dg kekurangan asam folat…informasi yg menarik dan bermanfaat dari papadanmama, makasih ya!

  2. papa ga pulang beybe… papa ga bawa uang…. ha…. numpang nyanyi gan….

    tambah info lagi ntar klo mo punya bayi kan bisa lebih tau…

  3. uni says:

    zemangat sore papadanmama, waaah makasi atas infonya, hehe berguna bagi masa depanku nanti :) rasanya ga sulit untuk makan rujak ato pecel :D

  4. fandhie says:

    makan ikan laut juga pentingkan… banyak kandungan DHAnya

  5. gusthy says:

    berarti saya kekurangan nutrisi ya papamama…udel saya bodong hehehe…
    infonya dicatat, supaya apa yang terjadi sama papanya tidak terjadi pada anaknya…

  6. idana says:

    infonya dah saya rekan di kepala ne papa dan mama :D
    buat bekal nantinya kalau udah waktunya hehehe

  7. mamah aline says:

    asam folat sanagt penting, pasti yg sudah merit n punya baby merasakn manfaatnya, info yang berguna buat yang belum mengetahuinya

  8. vany says:

    infonya berguna nanti pas saia udah hamil nih…..hehehe

  9. Aribicara says:

    Kapan yach bisa mraktekin tips2 ini ke Istri :)

    Lom punya istri sich :D

    Makasih tiupsnya (Kalau dah mau pounya anak bisa di praktekin nich tips)

  10. wellsen says:

    Salam kenal mas dan mbak :)
    artikel yang menarik..
    semoga bermanfaat bagi ibu2 yang lagi hamil..

  11. mel says:

    tx berat bwt infonya…
    kalo bisa d tambahkan infonya, baiknya kapan asam folat itu di konsumsi (pagi/ malam, sesudah/sewaktu makan)dan berapa lamanya., trims bgt y atas infonya.

  12. papadanmama says:

    Waktu mama dulu hamil, asam folat berupa kaplet dikonsumsi sehari 3 kali. Tapi kalau berupa sayuran, tentunya dikonsumsi saat kita makan nasi.

  13. viana says:

    Trima kasih mama,saya jd pengen makan sayur brokoli, karena selama in saya sedikit agak takut ngeliat nya, bis keriting 2 gitu, suami saya kepengen mau beli suka saya larang takut tak da yg mau mkn.. ternyt brokoli trsbt sgt bgus,,

  14. papadanmama says:

    Iya Viana, apalagi daun hijau yang membungkus brokoli, itu kaya sekali asam folatnya

  15. indah says:

    makasih infonya…. tp sekarang kandunganku uda 7 bulan, masih ngefek gk ya…???

    • papadanmama says:

      Tentu B.Indah, vitamin dan mineral tetap dibutuhkan bayi anda sampai dia lahir, penting juga untuk jaga suasana hati agar selalu happy.

  16. yulia says:

    makasih ya untuk infonya saya baru tau sekarang ttg asam folat karena u 4 tahun belum juga hamil dengan adanya artikel ini bertambah lg pengetahuan saya dan saya akan mengkonsumsi asam folat dari sekarang u rencana kehamilan saya

  17. papadanmama says:

    Selamat mempersiapkan yulia, oya utk kehamilan sebisanya gunakan metode ovulasi billing. Itu metode untuk menghitung kapan sel telur istri keluar, kapan masa subur.

    Juga bisa untuk memperbesar kemungkinan agar anaknya kelak cowok atau cewek.

  18. sunflo says:

    infonya brmanfaat bagiku, mbak

  19. Boat Sales says:

    really agreed with what they were saying and thought I would share it with you all…

    was surprised by this so thought I would share it with my readers…

  20. SEO Perth says:

    Spend some time checking over this info…

    what were these guys thinking…

  21. Sometimes you come across someones info taht you just need to share…

    Great blog entry, head over and check it out…

  22. lusi sinaga says:

    thanks ya mama…..aq sedang hamil 2 bln dan selama ini saya bnyk konsumsi brokoli, eh ternyata daunnya ya…ok dech makasi banyak infonya…btw, di alpukat tinggi juga tuh asam folatnya…thanks…

    • admin says:

      Selamat menikmati masa2 having baby ini deh… selain gizi yang diperhatikan
      Pikiran dan hati juga harus dijaga… positif selalu dan tersenyumlah selalu :)
      btw… soal alpukat belum tau, baru dengar nih… thx ya

  23. intan says:

    Mam,makasih ya infonya. Dokter disini juga menyarankan untuk mengkonsumsi folic acid.dokter memberikannya berupa tablet.harus di minum setiap hari satu butir. Alhamdulillah sekarang saya lagi hamil 2bulan. Mam,infokan juga ya makanan2 yg boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. ( Doha - qatar ) ):D(

    • admin says:

      Halo Intan, selamat ya… 3 bulan pertama masa kehamilan adalah masa penting.

      Yang penting adalah jaga hati dan pikiran, pikirkan hal yang positif, pikirkan hal yang indah, yang bikin gembira dan senang, maafkan bila ada yang bersalah / menyinggung perasaan, banyak berdoa dan bersyukur pada Tuhan, emosi Ibu di masa kehamilan akan mempengaruhi si kecil kelak.
      :)

  24. Annisaa says:

    mam , boleh tanya ?
    saya anak jurusan gizi nih.
    kebetulan dapat tugas buat karyatulis menyangkut asam folat gitu :D
    dan saya kebetulan banget ngambil bahan makanan brokoli :)

    yg mau saya tanyakan , apa benar daun brokoli lebih banayk mengandung asam folat daripada brokolinya itu sendiri ??
    saya tertarik ngambil materi ini buat referensi karyatulis saya , mam heheeh :D

    kalo bisa , minta tolong disertakan sumber atau jurnalnya juga ya mam hehe.
    sebelumnya , makasih mam :)

    • admin says:

      Halo Annisaa, wah lagi buat karya tulis nih… :) semoga cepat selesai ya

      Soal daun brokoli, itu saya dapatkan dari kaset seminar kesehatan. Papa dan mama tidak menanyakan detail pada pembicaranya.
      Ntar kalo ada informasi lanjutan, kami update artikel ini ya.

      See you

  25. tini says:

    Thx infonya yah, tp mau nyanya nieh uda makan banyak tp kok berat badanku gag naik2 yah. aku uda jalan 3 bulan nieh. Trims :D

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »