persiapan-kelahiranPersiapan bersalin atau persiapan kelahiran anak, baik di rumah sakit atau di rumah sendiri, baik secara normal atau secara operasi perlu dilakukan sejak dini.  Persiapan bersalin atau persiapan kelahiran anak tidak semata-mata persiapan materi atau fisik dari calon mama, tapi  juga perlu persiapan mental dari calon mama dan calon papa juga lho :) .

Bila melahirkan di rumah sakit, untuk daftar barang yang akan dibawa, bisa anda baca di artikel persiapan-bersalin-atau-kelahiran-anak-yang-berharga, sedangkan untuk barang apa saja yang perlu ada di rumah untuk menyambut sang bayi bisa dilihat dibawah ini.

Menyambut sang bayi

Berikut adalah beberapa daftar yang bisa anda siapkan untuk menyambut kedatangan si kecil, tidak perlu semua ada, pilihlah sesuai dengan budget anda masing-masing:

1. Tempat tidur bayi. Pilih yang tingginya sesuai dengan tinggi badan anda, ini untuk mempermudah anda membungkuk dan mengambil bayi dan pilih warna-warna cerah. Warna merah, hijau, kuning dan biru merupakan warna-warna kesukaan si kecil.

2. Kelambu anti nyamuk, tirai anti nyamuk untuk jendela. Untuk daerah yang banyak nyamuk, hal yang satu ini perlu anda perhatikan. Gigitan nyamuk bisa mengganggu tidur bayi anda dan untuk beberapa kasus gigitan nyamuk kurang baik bagi kesehatan.

3. Popok kain, gurita dan selimut kecil yang cukup. Bayi kecil akan banyak menggunakan ini semua, maka perlu diperhitungkan jumlahnya agar jangan sampai kekurangan. Sebisanya tidak menggunakan diaper. Kenapa? Bila si kecil menangis karena buang air kecil itu bagus, karena itulah cara komunikasi bayi dengan anda, papa dan mama.

Mereka risih, mereka menangis, anda bangun, anda mengganti popoknya. Dengan begitu mereka akan belajar untuk menjaga diri sendiri tetap bersih. Memang untuk beberapa orang diaper sekali pakai akan membantu banyak, namun sebisanya gunakanlah popok kain.

Persiapan bersalin atau persiapan kelahiran anak itu baru awal, namun kesabaran, cinta kasih anda sebagai papa dan mama disaat-saat mereka tidak ‘berdaya’ seperti ini sungguh sangat mereka butuhkan.

4. Kain perlak. Ini diperlukan untuk alas tidur bayi agar ompol mereka tidak langsung mengena ke tempat tidur. Bila ompol kena tempat tidur, anda bisa bersihkan dengan menggunakan alkohol pada area yang terkena ompol, ini membantu mengurangi bau.

5. Bak mandi bayi. Untuk memandikan bayi anda tidak bisa mandikan di kamar mandi langsung, tapi anda perlu mandikan di sebuah bak. Beli 2 buah agar mandinya cepat, 1 untuk air bilasan pertama setelah sabun, 1 untuk bilasan kedua.

Lakukan persiapan bersalin atau persiapan kelahiran anak ini dengan cinta dan untuk cinta anda kepada si kecil. Dan bagi yang baru punya bayi kecil atau keponakan kecil… Papa dan mama ucapkan selamat !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: , , ,

21 Responses to “Persiapan bersalin atau persiapan kelahiran anak (2)”

  1. elmoudy says:

    mampir makan siang disini…
    boleh ya maa…
    nice post…

  2. idana says:

    ngomong2 soal melahirkan, temenku baru habis melahirkan ne ma…jadi kepikiran, kek mana ya rasanya ??

  3. idana says:

    berkunjung juga ke sini ya mama dan papa :D
    http://dblogger.blogdetik.com/.....year-2009/

  4. bintangtimur says:

    Jadi inget masa lalu deh… :)
    Dulu belum ada diapers jadi persediaan popok kain saya buuuaaanyaaak banget!
    Satu lagi nih, anak saya paling anti perlak, jadi perlak dipasang dimana, dianya tidur dimana…hehehe :P

  5. elmoudy says:

    gw juga jadi inget kemaren2
    wektu nemenin istri mo melahirkan..
    agak deg degaan gimana gituh

  6. Jr says:

    salam kenal dan ini merupakan kunjungan perdana JR, wakh persiapannya sangat lengkapo sekali nih…ambil dulu buat persiapan nanti

  7. papadanmama says:

    @idana : oke da, segera meluncur ke TKP :D

  8. julie says:

    ini isi blognya keren2
    sepertinya udah bisa dijadikan buku ayo donk….

  9. papadanmama says:

    @julie : hahaha…wah blm berpikir ke arah situ jul, maybe next time.

    blog julie jg mantap isinya… termsk salah satu blog favorit kami saat BW

    btw, thx ya jul atas kunjungannya
    salam :D

  10. Luv says:

    hahaha.. jadi inget persiapan melahirkan anakku dulu. beli popok sampai 40 biji dan kepakai semuaaaaa…

  11. Luv says:

    pap dan ma, aku setuju ma komen julie, blognya bagus banget dan dah bisa jadi buku… cuma kok penulisnya masih misterius aje… orang surabaya pulak. jahhh kl gue ke surabaya pan bisa kopdaran

  12. sakurata says:

    wah info yang sangat berguna.
    thanks udah sharing

  13. zee says:

    Duh jadi ingat dulu waktu mempersiapkan segala kebutuhan menjelang kelahiran baby. Dihemat banged, karena saya pikirnya, ah dia gak akan pakai lama kok. Tapi setelah dia lahir dan ada di rumah, kami malah jadi begitu cintanya sampai semua dibelikan…. hihihi…. memang bahagia ya punya anak :).

  14. anny says:

    Pa, Ma omong2 katanya bayi gak baik ya kalo dipakein Gurita? kenapa ya? aku kurang jelas nih dapat info nya


    2 anny: iya, pemakaian gurita memang pro dan kontra. Kasihan kalo ikatan guritanya itu terlalu kencang. Gurita itu fungsinya seperti baju,melindungi bayi dari hawa dingin bukan memperkecil perut bayi dsb. Otot perut bayi baru terbentuk beberapa bulan kemudian.

  15. Pencerah says:

    maksih buat artikelnya. langsung tak simpan

  16. gusthy says:

    satu lagi ilmu yang aka kusimpan untuk persiapan masa depan…
    makasih papamama

  17. Aribicara says:

    Aku pernah nemenin kakaku melahirkan, dan sayangnya dulu kita lupa abwa perlengkapannya sehingga bener2 merepotkan,…

    itu buat calon ibu2 yg mau melahirkan, harus ikutin tuh petunjuk papadan amam :)

  18. blog bidan says:

    xixixi hampir mirip nich dengan artikel saya….

    saling dukung dech..

  19. blog bidan says:

    cuma duluan papa dan mama postingnya…

  20. mantab buat yang awam kaya saya
    (deleted by admin)

  21. [...] sampailah kami pada pembicaraan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kelahiran anak. Selain perlu barang untuk persiapan kelahiran anak di rumah dan persiapan kelahiran anak di rumah sakit, perlu juga persiapan fisik bagi mama untuk proses [...]

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »