berliburAkhir tahun biasanya banyak papa dan mama beserta bayi kecil pergi berlibur sampai datangnya tahun baru. Persiapan akan menjadi hal penting bagi papa dan mama yang memiliki bayi kecil, kenapa? Karena kita semua ingin menikmati liburan dengan nyaman dan aman bagi bayi kecil.

Persiapan biasanya perlu anda lakukan 3-4 hari sebelum pergi, tulis dalam daftar barang yang hendak dibawa, pisahkan mana keperluan bayi dan mana keperluan papa dan mama. Berikut ada beberapa hal atau daftar yang mungkin perlu anda bawa saat liburan.

Beberapa barang untuk bayi:
1. Tas bayi.
Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa yang satu ini.
2. Alas untuk pergantian popok atau perlak kecil. Ini berguna agar rumah lain yang anda pakai nantinya tidak basah atau menjadi kotor.
3. Popok. Cara termudah adalah menggunakan popok sekali pakai atau diapers. Namun anda juga dapat menggunakan popok kain bila lebih menyukainya. Bawalah jumlah lebih dari yang anda perkirakan, karena belum tentu anda dapat membeli diaper di daerah tempat anda berlibur nanti.
4. Handuk kecil atau sapu tangan khusus bayi. Ini berguna untuk mengusap air liur bayi atau membersihkan tumpahan susu pada bayi anda.
5. Kantung plastik. Ini akan anda pakai untuk menyimpan popok atau baju yang kotor.
6. Botol berisi air tawar dan termos air panas. Selain untuk minum bayi anda biar hangat, air panas bisa dipakai untuk mencampur makanan bayi.
7. Pakaian bayi, selimut dan baju hangat bila diperlukan, khususnya di bulan Desember ini. Bisa juga membawa 2 kain bedong anjuran teman kita (thanks Luv)
8. Mainan bayi. Bawalah 1-2 mainan kesukaannya untuk membuat si kecil nyaman selama berlibur.
9. Makanan kecil bagi bayi dan papa mama. Jika mama menyusui, makanan kecil ini akan sangat membantu mama tetap nyaman selama perjalanan, karena bila menyusui biasanya akan sering terasa lapar. Bagi papa makanan kecil juga perlu, masa papa diam saja ya? hehehe
10. Obat muntah mencret dan panas untuk bayi. Biasanya papa dan mama sendiri membawa ini untuk persediaan bila diperlukan.

Berlibur memang menyenangkan bagi semua orang. Mulai dari menulis persiapan barang yang akan dibawa oleh anda dan bayi anda, menata dan menyiapkannya sampai hari H keberangkatan itu sendiri.

Selamat Berlibur !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

12 Responses to “Persiapan penting sebelum pergi berlibur dengan bayi”

  1. anny says:

    Perlu dishare nih buat saudara dan temanku yg masih punya bayi :)

  2. mamah aline says:

    ngalamin waktu si kecil bayi sering bepergian ternyata bawaan dia lbih banyak dari orang tuanya, ditambah tissue basah, kosmetiknya juga waduuhh..buat jaga-jaga, info ini sanagta baik buat yang memilki bayi

  3. Luv says:

    tambah 2 lembar kain bedong bayi. Bisa buat selimut atau alas untuk meletakkan bayi.

    2 Luv: thanks, kita edit posting diatas ditambahkan saran anda, nice info

  4. perigitua says:

    haddiirrr…

    hihihihi.. jadi inget si kecil afra baru berumur 1 tahun, kalo lagi ke luar kota, bajuku cuma kebaikan di taruh di tas kresek.. wkwkkwkwk.. mana jok belakang udah diikhlaskan untuk jadi bagasi hihihi…
    mantap infonya… sukses selalu…

    cu…

    to perigitua: wah bisa jadi seperti orang pindah rumah ya? hehehe ternyata sama :)

  5. nuun says:

    ap ya persiapan si kecil klo bepergian suka rewel ??

    to nuun:ada anak yang begitu, anak kami saat bepergian biasanya rewel untuk makan, tapi yang satunya malah semangat untuk makan. Kemungkinan lain rewel karena masuk angin atau kecapekan, jadi sediakan baju hangat, makanan kecil kesukaannya dan minyak kayu putih. Beri jeda istirahat karena kondisi fisik anak kecil tidak sama dengan orang dewasa. Selamat berlibur.

  6. bintangtimur says:

    Selamat berlibur papadanmama… :D
    Semoga liburannya menyenangkan ya, hati-hati lo, jangan ada barang yang ketinggalan…!
    Anak saya udah besar nih, jadi biasanya dia nyiapin semuanya sendiri, malah saya yang sering dibantuin packing… ;)

    to bint4ng timur: enak memang punya anak yang udah besar dan bisa bantuin kita hehehehe

  7. gusthy says:

    selalu bermafaat artikel2 di sini…
    makasih papamama…
    met tahun baru

  8. Kalo ajak jalan2 bebi emang harus bener-bener well prepared, apalagi kalo perjalanannya cukup jauh.

    Cari Uang Di Internet

  9. Pandu says:

    jadi pingin punya bayiii

  10. Wow!!!
    Thanks infonya yaaa…:)
    pas kebeneran mau traveling niih…

    satu lagi yang selalu ada di tas ku sih…minyak telon…:)

  11. carita says:

    wah tips nya boleh juga thx dah berbagi :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »