musicKomunikasi itu penting dalam sebuah hubungan apalagi antara pria dan wanita. Email yang baru papa dan mama terima dari seseorang ternyata menarik membahas tentang komunikasi dan semoga ini bisa menjadi bacaan di awal tahun baru 2010 ini.

Ketika wanita sudah ngomong panjang lebar dan pria hanya menjawab ‘Heemm’, emosi wanita biasanya langsung naik dan stres karena merasa tidak dianggap atau dihargai. Gejala itu kemudian diberi istilah Guy Attention Deficit Syndrome (GADS) yang membuat pria hanya diam saat wanita bicara.

Banyak wanita yang mengeluhkan pasangan prianya menderita gejala Guy Attention Deficit Syndrome (GADS) karena tidak memberi perhatian atau tanggapan pada saat berkomunikasi dengannya.Jika Anda sedang berbicara dengan pria dan hanya mendapatkan tanggapan ‘Heemm’ tanpa ada kalimat yang terucap dari mulutnya, jangan salahkan pria itu. Pria bukannya tidak mendengar apa yang diucapkan wanita, tapi memang begitulah cara pria mendengar wanita.

Menurut peneliti dari University of Sheffield , Inggris, otak pria tidak akan langsung terhubung pada saat wanita berbicara. Pria dan wanita punya struktur otak yang berbeda dalam mendengarkan sesuatu.

Pria menggunakan bagian otak primitifnya saat memproses suara wanita, yaitu bagian otak yang berfungsi untuk memilih. Jadi bukan karena pria tidak peduli dengan apa yang diucapkan wanita, tapi memang struktur otaknya yang membuat pria lebih lama dalam mencerna omongan wanita.

Peneliti pernah melakukan tes dengan memutarkan rekaman suara wanita dan pria pada sebuah grup pria.
Selama mendengarkan suara rekaman tersebut, otak partisipan di-scan menggunakan alat MRI (Magnetic Resonance Imaging). Dan hasilnya ternyata pria menggunakan bagian otak yang berbeda saat mendengar suara pria dan wanita.

Pria memproses suara wanita di bagian otak yang sama saat mendengarkan musik. Hal ini dikarenakan suara wanita lebih kompleks dan punya kekuatan melodi yang lebih besar. Jadi jika pria mendengar wanita berbicara, ia perlu menganalisisnya lebih lama untuk mengetahui maksud ucapannya,” ujar seorang peneliti seperti dikutip dari Thirdage, Jumat (11/12/2009) .

Dengan kata lain, ketika seorang wanita berbicara dan pria tidak menanggapinya, bukan berarti si pria tidak mendengarkan ucapan wanita, tapi ia hanya perlu waktu untuk menerjemahkan bahasa ‘melodi’ yang ia tangkap di bagian otaknya yang berbeda. Jika para wanita mengeluh susah berkomunikasi dengan pria, mungkin riset ini bisa membantu menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Jangan lupa menenangkan hati wanita yang sedang marah atau stres dengan mengatakan, “Sayang, suara kamu bagaikan musik di telingaku. Bukannya saya tidak mendengarkan ucapanmu, tapi simponi itu membuat saya tidak bisa mendengar kata-katamu”

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

16 Responses to “Riset Menarik Tentang - Mengapa Pria Hanya Diam Saat Wanita Bicara?”

  1. uphiet says:

    Pernah baca juga gimana bedanya pria dan wanita pada mimik mukanya saat mendengarkan orang lain bicara.
    Info yang menarik, menambah ilmu untuk lebih memahami pria dan wanita :)

  2. zee says:

    Huehueeee…
    Saya yakin banyak pria tidak mengerti kenapa wanita terlalu banyak bicara. Padahal sebenarnya para pria jg suka banyak bicara kalo sedang bersama teman2 pria mereka.

  3. gusthy says:

    hahaha…baru ngerti aku.
    hai wanita2…pahamilah kami para lelaki hehehe..
    makasih papa mama

  4. mio says:

    dengan kata lain pri itu ternyata lebih telat mikirnya dibanding wanita, atau dengan kata lain telmi bu he22 peace :)

    2 mio: hehehe… pria memang lebih rasional wanita lebih emosional, man from mars woman from venus kan?

  5. kw says:

    aku juga lebih suka mendengarkan, karena kebanyakan orang lebih milih berbicara…
    tapi bkn berarti tak merespon ya :)

  6. elmoudy says:

    wah bener juga.. n ilmiah
    memang pertama kali denger suara wanita
    seeprti mendengar nyanyain gaib dari mana gitu..
    jadinya kadang suka hanyut di dalamnya
    bahaya kalo gak cepet2 nyadar…
    heheee

  7. keren nih bisa menjadi bahan penjelasan untuk para wanita sekarang

  8. bintangtimur says:

    Rumah baru ya, papadanmama :P
    Maaf nih baru berkunjung lagi, alasan saya nggak penting kali ya…hehehe
    Saya juga suka bingung kalo ngajak ngobrol laki-laki yang baru kenal, pendiam lagi…reaksi mereka (menurut saya) tidak se-ekspresif wanita, ternyata ini sebabnya… :)
    Posting yang membuat saya harus lebih memahami laki-laki…ups!

  9. Mamah Aline says:

    memang pada beberapa pria reaksi mereka terlihat lambat saat berbincang dengan wanita lebih banyak diam, jadi itu toh penyebabnya hehehe baru tahu suara wanita merupakan melodi bagi sensor otak pria, cool…

  10. Luv says:

    wakakakakkk aku baru tau. pantesan kalu bicara pada pria maksudnya A ditanggapinya B. maksudnya C diartikannya D. wahahahahhh… (ngakak guling guling)

  11. papadanmama says:

    duuh luv smp segitunya
    pake guling2 segala
    wkwkwkwk :D

  12. huahahhaa kata2 yg trakhir bombal bgt tuh P&M :) hehehe

  13. viana says:

    Wah ni bener banget dgn karakter suami saya, saya mbebel sendiri,dianya malah diam,, ntr selang beberapa menit nanya , td cakap apa sayang??? malah suka kesel sendiri saya ny, but saya kagum ma suami saya dia orng sabar bget m hdpi saya yg b watak keras & suka merajuk… THX mama …

  14. papadanmama says:

    buat Eka : heheheh tul tul, tapi bumbu spt itu terkadang perlu ;)

    buat Viana : bisa belajar dari suami sendiri dong cara sabar :)

  15. orcados says:

    papa mama mohon izin artikelnya di posting di blog saya yah
    terima kasih :-bd

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »