menghilangkan-amis-ikanIkan adalah salah satu sumber makanan yang bagus untuk perkembangan otak anak kita. Ikan salmon adalah salah satu kegemaran anak pertama kami, namun tidak bagi anak kedua kami. Rupanya dia tidak tahan dengan bau amis ikan salmon yang kami rebus.

Bagi banyak orang yang sehari-hari tidak di dapur termasuk kami, mungkin akan bingung bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan agar anak suka memakannya. Setelah cari ini itu dan membaca disana sini, ternyata mudah untuk menghilangkan bau amis tersebut.

Tips menghilangkan bau amis ikan

Ikan yang akan diberikan sebaiknya jangan digoreng karena vitamin dan protein bisa rusak, berikut adalah langkah-langkah menghilangkan bau amis ikan:

1. Bersihkan ikannya atau beli potongan yang sudah dibersihkan.

2. Tetesin ikan dengan jeruk nipis, lalu cuci bilas dengan air

3. Rebus ikan dengan jahe sebesar 1/2 jempol tangan (bukan jempol kaki hehehe)

4. Beri bawang putih 3 siung yang sudah dikupas dan di timpuk

5. Wortel di iris tipis tipis, tambahkan daun seledri utk memberi aroma wangi

6. Beri garam halus secukupnya

“Jangan tambahkan penyedap rasa atau MSG atau bumbu instan, buatlah bumbu sendiri karena anda bisa kontrol sendiri dan tau pasti apa yang anda berikan untuk anak anda”

Hasilnya?

Senang rasanya melihat anak kami yang kedua juga dapat mengkonsumsi ikan salmon rebus tanpa kesulitan. Semoga tips ini bermanfaat bagi para mommy sehingga anak-anak bisa mendapatkan asupan yang bagus buat otak dan tubuh mereka.

Punya cara yang lain? Mari berbagi tipsnya

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

33 Responses to “Cara menghilangkan bau amis ikan agar anak suka”

  1. isnuansa says:

    Hmmm,pake jeruk nipis dan jahe memnag cukup ampuh menghilangkan bau amis pada ikan. Bener banget!

  2. Beranda Jiwa says:

    wakh tipsnya keren banget nih….tapi istri aku tau gag yah

  3. Ocehanburung says:

    Hmmm….

    Akan saya coba…

    Eh kalo mau kirim e-mail pribadi ke ownernya kemana nih ??? kasih tau ya… mau ada yang saya tanyain masalah pribadi, mudah2an bisa bantu.. (kalo bisa e-mail kantor lebih bagus.. hehehehe…)
    kirim ke e-mail yahoo saya dulu ya… tiankris15@yahoo.com

    Saya tunggu

  4. bintangtimur says:

    Hehehe…ngebayangin jahe sebesar jempol kaki, dan bawang putih yang ditimpuk… :P
    Biasanya saya cuma dicuci pake jeruk nipis aja mbak, ternyata harus dikasih jahe dan bawang putih ya, supaya bau amisnya hilang ;)
    Yup, kalo ada ikan salmon di rumah, saya coba deh!
    Makasih tips-nya :)

  5. gusthy says:

    wah..makin banyak ilmu untuk persiapan nih..
    makasih

  6. papadanmama says:

    hihihi…kok yg dibayangin jempol kaki sih mbak? :D

  7. waaaahhh…
    makasih tips nya ya mba….
    ntar di cobain deh….

    Kalo bikin bubur buat anak ku yang 9 bulan,
    apakah baiknya ikan nya di pisah in aja rebusan nya dari bubur pake resep diatas ya?

    Kalo bubur udah mateng baru di blender dan di gabung in?
    TAkut bubur nya bau amis soalnya

    • papadanmama says:

      Bener ry, mending dipisah bikinnya spy buburnya ga amis.
      Pengalaman kami wktu anak usia 9 bln, kami beri makan nasi tim saring (itu lho…nasi di tim kemudian di blender agak kasar alias ga halus2 amat). Daging/ayam yg sdh dicincang diblender bersamaan dg nasi tsb, tp krn ikan memiliki tekstur yg lbh lunak kami sajikan lgs tanpa di blender (kan bs di penyet2 dg sendok).

      just for sharing :D

  8. adiarta says:

    Kayak masakan jepang… Gak perlu digoreng. Kandungan gizinya juga lebih utuh. btw, ikannya ditetesin jeruk nipis dulu, baru dicuci ya? kalo dicuci dulu gimana? apakah efeknya sama? :)

  9. hanif IM says:

    gak bisa masak, jadi hanya nyimak dulu disini. hehe…

  10. Mamah Aline says:

    kalo amis, anak-anak gak mau pada makan…makasih tipsnya ya…

  11. achoey says:

    Tips yg sangat membantu
    terutama bagi ibuku yg gak suka bau amis :D

  12. sakurata says:

    Info yang pas buat Saya yang punya bayi (walo saat ini masih ASI eksklusif). Pinginya, ke depan kalo sudah tiba waktunya menu untuk buah hati tercinta terbebas dari penyedap rasa /pengawet.

    Terimakasih.
    Selamat Berakhir Pekan

    • papadanmama says:

      waah…setuju sekali pak dg prinsipnya
      sebaiknya mmg mknan yg kita konsumsi bebas dari penyedap rasa & pengawet

      terima kasih kembali sdh mampir, hehe…

  13. Aku sih jeruk nipis aja cukup..
    Ternyata bisa dimacem2in lagi pake jahe and dsb yah…
    heeem baru tau..

  14. uni says:

    yg uni tau hanya pake jeruk nipis, ternyata pake jahe juga bisa ya, makasi papadanmama atas tipsnya :D

  15. suarahatiku says:

    ya ampuuun, saya berulang kali buka blog papadanmama di blogdetik kok gak update2, eh ternyata dah pindah ke sini yah….hehehehe…

  16. bintangtimur says:

    Halooo…tok…tok…tok…lagi pada liburan ya?
    Cuma singgah aja, siapa tau ada posting baru… :)

  17. mommycallysta says:

    dear papadanmama,

    mau tanya, anakku udah 14 bulan, jd sering bikinin sop sama nasi, udah ga nasi tim.
    itu air rebusan ikan bersama jahenya dibuang, atau bisa langsung dimakan seperti sup? klo dibuang, nanti protein ikan yang larut ikut terbuang?

    trims atas masukannya

    • admin says:

      Dear mommycallysta, wah selamat deh anaknya suka makan ikan, itu bagus.
      Kalo anak kami biasanya airnya juga ikut di berikan, jadi seperti makan sup.

  18. Raya says:

    Terimakasih buat tipsnya

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »