agar-anak-suksesOrang yang sukses di bidangnya, memiliki salah satu karakter yang sama yakni mereka tidak suka menunda dan cepat dalam mengerjakan sesuatu termasuk cepat dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan.

Bagi anda yang punya anak, anda bisa memulai membentuk karakter dasar bagi anak anda dengan membuat suatu kebiasaan-kebiasaan sederhana yang menuntun mereka kelak menjadi orang sukses. Bagaimana itu?

Mulai dari hal yang kecil

Ketika anak kami belajar makan sendiri, kami membiarkan dirinya untuk makan dengan waktu yang cukup lama. Dulunya disuapin sekarang menyendok sendiri tentu membutuhkan penyesuaian dan waktu yang lebih panjang.

Setelah cukup lancar, sekarang si kecil yang sudah TK B ini mulai ‘mengenal’ target lamanya makan. Tujuan kami adalah membiasakan dia untuk mengerjakan segala sesuatu dengan fokus, cepat dan benar.

Lepas benar atau tidak, kami sering melihat orang yang terbiasa makan dengan waktu yang cukup lama maka untuk pekerjaan yang lain dia akan cenderung memakan waktu yang lama juga.

Seperti kata buku (lupa baca dimana), bila ingin lebih sukses cobalah berjalan lebih cepat 25% dari sekarang.

Bila anda praktekkan hal ini dan si kecil merasakan bahwa ini adalah suatu pemaksaaan dan ada resisten atau tolakan dari mereka, itu hal yang wajar. Jangan marah, sadari juga… kalau anda sendiri keluar dari kebiasaan yang ‘nyaman’ sekarang, tentu anda juga merasa tidak enak kan?

Kata buku lagi: “Bila ingin madunya, jangan tendang sarang lebahnya” :)

Untuk setiap pencapaian waktu makan yang cepat selalu berikan pujian, sehingga anak anda akan lebih bersemangat dan merasakan bahwa perjuangannya mendapatkan perhatian dari anda, papa dan mama.

Di awal dan akhir sebelum dia makan, kami selalu mengatakan: “Makan, mandi, belajar dan kerja PR itu tugasmu sendiri. Kerjakan segala sesuatu dengan cepat dan benar. Ntar yang pintar dan dipuji ama guru kan kamu sendiri, ya kan?”

Ini penting agar terekam dalam pikirannya bahwa ini adalah tugasnya dan buat kepentingan dia sendiri, kami satukan dengan bahasa cintanya (bahasa cinta anak kami adalah suka dipuji)

Kami melihat proses yang positif dari semua ini karena itulah papa dan mama disini ingin berbagi tips untuk anda semua, entah untuk anak atau keponakan anda.

Awal mulanya memang ‘dipaksa’ hingga hal tersebut menjadi ‘kebiasaan’ dan dari kebiasaan tersebut kelak bisa menjadi karakter yang melekat. Dan taukah anda kalau anda adalah pembimbing, mentor, motivator dan pelatih yang terbaik buat anak?

Mari kita lakukan dengan segenap hati, kesabaran dan pikiran buat sang buah hati.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

48 Responses to “Membentuk karakter anak agar menjadi orang yang sukses”

  1. anny says:

    Papa…mama…..aku bahagia banget bisa masuk sini lagi, biasanya yg muncul cuma telkom.net nya itu, sampe aku putus asa he..he…
    Oh ya, setuju banget dengan pola asuh yang papa dan mama terapkan diatas, kita harus segenap hati dan sepenuh jiwa bisa bimbing dan jd motivator buat anak kita sejak dini, agar kelak bisa terbiasa dengan bimbingan baik yg kt terapkan :D
    Ihhh heppy nya bisa masuk sini lg he..he..he…

  2. orange float says:

    yang paling ngebosenin yaitu saat menyuapi makan. lamaaaa banget. ngak sabar menunggunya

  3. sunflo says:

    hehehhe.. persiapan teori kalau besok punya anak nie…^^ tmakasih sharingnya..mba..^^

  4. julie says:

    wkwkwkwk ngakak liat komen si flo

  5. matanaga says:

    ‘bahasa cinta anak adalah di puji’ hahahh..
    “udin pinter deh? ganteng lagi & idungnye mancung.. ayoo aammm..?
    a.. a.. aammm..?”
    ayo di catat yg dari papadanmama biar cepet ponya anak :)

  6. gusthy says:

    orang yang jalannya cepat biasanya sukses ya papamama…seperti boss saya heehhe..
    makasih

    • papadanmama says:

      ehmm…terlepas benar ato tidak ya gusthy
      klo org jalannya cepat, makannya cepat, biasanya sih org tsb cekatan (mempunyai time management yg bagus).

      Mgkn krn sifat cekatan itulah yg membawa dia mencapai kesuksesan, gitu kali ya :D

  7. Karnilasari Bmt says:

    emang bener koqq… anak kecil itu suka dipuji, makin sering dipuji makin semangat dia melakukan sesuatu yg kita minta. asal mood-nya lagi bagus. BRAVOO mama papa….

    • papadanmama says:

      setuju mbak
      kadang2 anak kami jg moody
      klo lg ga pas mood-nya anak cewek kami bawaannya cemberut mulu, tp klo yg cowok bukan cemberut tp ‘no respon’, hahaha

  8. Setujuuuuu….
    di usia 3-4 tahun an anak ku juga udah diajarin mandiri….apalagi mau punya ade lagi….

    cuman ya…emang harus ekstra sabar…makan sendiri….belepotan nya ampuuuuun….nasi bertebaran dimana mana…hihihi…
    yaaa…namanya juga belajar :)

    • papadanmama says:

      betul erry
      awalnya sih sebel jg liat rmh jd kotor, nasi berjatuhan di lantai
      tp yah mau gimana lg, kita jg mesti belajar memaklumi mrk, hehe..

  9. Ceritaeka says:

    Artikel ini bener banget P&M
    Tapiii tapiii
    haduuuh koq nampaknya ribet bgt yah mendidik anak…
    Jadi ngeri punya baby :((

  10. zee says:

    Postingan ini bermanfaat sekali. Bisa saya pelajari juga untuk mendidik anak :).

  11. Jun says:

    meski belum punya anak sih, tapi segagnya punya trik dari sini untuk bekalnya nanti ;)

  12. Mamah Aline says:

    betul banget mba, anak yang makannya lebih cepat dari yang lain biasanya juga gesit, cepat tanggap,…

  13. uni says:

    “Bila ingin madunya, jangan tendang sarang lebahnya” seingat uni ini ada di buku 7 habitsnya bp Stephen R. Covey.
    btw, papadanmama makasi bgt ya untuk tips membentuk karakternya. :)

  14. ALRIS says:

    Tips papadanmama bagus buat dipraktekkan. Salam

  15. darahbiroe says:

    wah bener banget dan stujuu
    smua itu memng harus direncakan makasih reviewna sob sangat berguna

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salm blogger
    makasih
    :D

  16. antok says:

    mkasih banget artikelna
    memng begitu yaw shrusnya,,,

    blogwalking

  17. Ocehanburung says:

    Nice Posting!!!!

  18. suarahatiku says:

    papa dan mama pasti boseen dg komentar saya, tapi tetap saya mau bilang, postingan ini berguna banget, thx a lot yah……

  19. papadanmama says:

    sama2 mou
    makasiiih sudah mampir ke sini :D

  20. bintangtimur says:

    Mbak…seperti biasa, tips-nya keren banget dan sangat informatif :)
    Membentuk karakter tidak bisa dalam hitungan hari atau bulan, tapi harus dilakukan setiap hari. Perlu teladan orang tua, disiplin dan kontinuitas.
    Semoga generasi mendatang, akan memiliki karakter yang lebih baik ya!

  21. r3tno says:

    Teladan dari orang tua juga penting kali ya papamama.. Enakan aja nyuruh anak cepet makan, mandi tapi ortunya asyik sendiri. Ada temen pernah ngebilangin anaknya jangan suka pamer dong dek.. eh si anak dengan enteng jawab mamah juga suka pamer tas! wkwkwkwk maluuu banget.
    Anyway nice post! jadi makin semangat mendidik anak-anak.

  22. luv says:

    papa dan mama apa kabarrr… lama kali aku tak kunjung kemari, maaf yaaahhh… bener2 sibuk dan ada problem dgn akses blog.. huuu mutung deh. bahkan blog sendiri pun tak kutengok2. papa dan mama aku mau ke surabaya nih, hehe pengen beli sambel udang dan bebek goreng tentunya.

    oh ya artikelnya masih bagus hiks hiks … (bermimpi kapan bisa bikin artikel sebagus ini)

  23. depz says:

    sip sip
    slalu dapat belajar banyak kalo berkunjung ke blog ini
    :)

  24. afar says:

    postingan yang sangat menarik dan bermanfaat. dengan menerapkan hal yang anda jabarkan di atas, dapat membangun kemandirian anak, agar anak terbiasa dengan lingkungan luarnya. terima kasih :)

  25. gus fan says:

    betul juga ternyata,klo aku liat orang yang serba lama,akhirnya GAK sukses2.semoga alloh mensukseskan kita2 yang baca diblog ini.amin :)) :)) :-bd

  26. nani says:

    anak sy sdh sy ajari untuk mandiri dan pantang menyerah. tp yg kadangkala bikin gak sreg di hati, ada neneknya yang terus iba terus dimanja gt….

    • admin says:

      Halo mama Nani, sama seperti kami.
      Memang terkadang terbentur dg neneknya, biasanya kami ajak bicara neneknya agar mengerti situasi tersebut.

      Tapi memang terkadang nenek tidak mau dengar, kamipun mengalah untuk tidak beradu argumen dg nenek, tapi mendidik anak kami lebih sering. Perlu sabar ya :D

  27. 3dentshop says:

    Saya setuju, membentuk karakter anak agar menjadi orang yang sukses itu penting.
    Silahkan kunjungi blog kami http://3dent-shop.blogspot.com/
    3DENT shop menghadirkan produk unggulan JaFa Safety Belt (sabuk bonceng anak) dengan harga terjangkau. Terima kasih :)

  28. dessy says:

    Papa mama. Saya memiliki anak laki laki berusia 8 tahun. Anak saya ini susah sekeli di nasihati. Terkadang dia lebih mendengarkan perkataan orang lain dari pada kita orang tuanya. Dan tidak dekat juga dengan kakak dan adiknya. Prestasi di sekolahnya pun pas pasan. Kalo di suruh belajar susah sekali kadang dia marah dan nangis. Saya suka sampai marah. dia seakan akan blm memiliki rasa tanggung jawab. Dan dia terkadang juga suka menjiwai adekan di filem filem seperti ultraman , power rangger dll. Bagaimana ya cara membuat anak ini agar bisa lebih bertanggung jawab dan berprestasi. Mohon sarannya. Terima kasih sebelumnya.

    • admin says:

      Dear Dessy,

      Anak di usia 8 tahun masih belum terbuka akal budinya, masih belum mengerti akan tanggung jawab.
      Perlu pengorbanan mama Dessy untuk si kecil, berat memang, tapi percayalah itu sangat berharga. Baik bagi anda sebagai orang tua, juga bagi si anak.

      Contoh pengorbanan yang perlu dilakukan:
      1. Menemani belajar atau bermain sambil belajar. Ini memang kelihatan menghabiskan waktu mama, tapi teman ini lah yang dibutuhkan si kecil.
      Tidak bisa hanya bertanya : “Sudah belajar? Sudah selesai?”
      Dan mengancamnya: “Awas kalau dikasih pertanyaan tidak bisa menjawab !”

      2. Menahan marah. Kesabaran memang sebuah hal yang perlu di bayar oleh seorang papa dan mama. Kita semua belajar sabar.
      Ingatlah banyak orang yang ingin punya anak namun sampai sekarang belum diberikan oleh Yang Diatas.

      3. Banyak doa dan puasa. Ini salah satu sumber kekuatan yang akan mama dapatkan untuk jadi sabar dan pintar dalam mendidik anak.

      4. Banyak sharing dengan teman yang berhasil mengatasi hal ini, agar mama bisa mendapatkan ide baru.

      Sabar ya ma :)

  29. achmad says:

    “bila ingin lebih sukses cobalah berjalan lebih cepat 25% dari sekarang”.. izin copas kalimat ini ya..,

  30. helly says:

    sy setuju bahwa untuk membentuk karakter terkadang perlu dipaksa agar menjadi kebiasaan..,

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »