tanda-segitiga-plastik-5-ppPernahkah anda perhatikan tanda segitiga pada botol plastik anda atau anak anda? Atau cetakan plastik puding anda? Aman atau tidak bagi kesehatan anda dan keluarga?

Suatu ketika seorang teman bertanya pada papa dan mama, apakah aman botol minuman plastik seperti ini? Karena dia mendapatkan informasi bahwa ada tanda dan angka yang mesti diperhatikan untuk setiap plastik yang dipakai.

Sumber informasi soal plastik dan kesehatannya

Lynn R. Goldman, MD, MPH, professor Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health’s Department of Environmental Health Sciences mengatakan:

Bisphenol A (BPA) adalah kimia buatan manusia dipakai dalam pembuatan plastik termasuk tempat makanan dan minuman, termasuk botol minum polycarbonate, juga kaleng makanan. Banyak penelitian membuktikan bahwa BPA terlepas sebagian (bisa bercampur dengan makanan) bila plastik terkena panas. (http://www.jhsph.edu/publichealthnews/articles/2008/goldman_schwab_bpa.html)

Berapa derajat panasnya itu tergantung jenis plastik dan perlu diketahui kalau BPA itu berbahaya bagi kesehatan manusia. Dibahas juga disana tentang bagaimana dengan botol susu dengan kode 7 PC (Polycarbonate) apakah aman?

Hindari penggunaan botol dengan kode 7 apapun itu, termasuk 7 PC dibagian bawah, carilah kode 5 PP. Kalaupun terpaksa menggunakan kode 7, jangan memanaskan botol di microwave dengan susu didalam botolnya.

So..kalau anda melakukan steril botol dengan rebus botol atau dengan alat steril, jangan lupa bilas dengan air bersih dan tunggu botol dalam keadaan benar-benar dingin sebelum digunakan. Namun tetap sebisanya cari yang memiliki kode 5 PP.

In addition, freezing actually works against the release of chemicals. Chemicals do not diffuse as readily in cold temperatures, which would limit chemical release.

Jadi…Plastik apa yang aman untuk tempat makanan dan botol minum?

Jenis plastik ada bermacam-macam di http://en.wikipedia.org/wiki/Plastic dibagian bawah tertulis, untuk mempermudah pengolahan plastik, institut botol plastik memberi tanda yang mudah berdasarkan tipenya. Yakni tanda segitiga dengan angka didalamnya, seperti:

tanda-segitiga-plastik-1-pete1. PET / PETE = polyethylene terephthalate

Biasanya dijumpai juga di botol air mineral di Indonesia, hanya untuk 1 kali pakai saja.

tanda-segitiga-plastik-2-hdpe

2. HDPE = high-density polyethylene

Biasanya dijumpai di botol detergen, botol air isi ulang, botol susu. Aman untuk 1 kali pakai, untuk pemakaian berulang kali ada beberapa website yang TIDAK MENGANJURKAN namun ada beberapa website yang TIDAK membahas, cuman dikatakan AMAN. Perlu cari informasi lebih lanjut deh :)

tanda-segitiga-plastik-3-v3. PVC = polyvinyl chloride

Biasanya dijumpai di pipa, furniture outdoor.

Tidak untuk tempat makan minum.

tanda-segitiga-plastik-4-ldpe4. LDPE = low-density polyethylene

Biasanya dijumpai di tempat makanan, plastik kemasan.
AMAN !

tanda-segitiga-plastik-5-pp5. PP = polypropylene

Biasanya dijumpai di tempat minum, tempat makanan spt yogurt. Ini plastik jenis yang terbaik untuk tempat makanan dan minuman. AMAN !

tanda-segitiga-plastik-6-ps6. PS = polystyrene

Biasanya dijumpai di tempat minum sekali pakai.

tanda-segitiga-plastik-7-other7. Other = selain 6 kode diatas, bisa PC, SAN, ABS, Nylon atau OTHER.

Aman atau tidak tergantung jenis plastiknya.

Mulanya kami hanya berpikir… ah cuman botol minum aja yang plastik, eh ternyata setelah melihat isi dapur dan lemari es… wow… ternyata banyak tempat makan yang dari plastik. Mulai dari cetakan puding, tempat simpan kerupuk, tempat simpan kue kering, tempat makan anak, botol susu, tempat gula pasir, dsb dsb…

Yang penting… jangan masukin makanan panas ke dalam plastik… kalaupun itu terpaksa, pastikan plastik tersebut no 5.

Punya info lain seputar ini? Kami dengan senang hati mendengarnya.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

48 Responses to “Tanda segitiga pada botol plastik”

  1. gusthy says:

    luar biasa blog ini…
    selalu mencerahkan..
    makasih papamama

  2. Ocehanburung says:

    Nice!!!!!

    Tapi ingat.. tanda-tanda itu hanya akan berpengaruh, hanya jika kita sengisinya dengan air panas, kalau bisa dipastikan kita mengisinya selalu dengan air dingin… tidak masalah…

    setidaknya demikian pengertian saya…

    Salam…

    • papadanmama says:

      Utk beberapa kode iya, tapi kode 1 PETE hanya 1 kali pakai.

      Yang sering papa dan mama sendiri lupa adalah, kadang botol air ini kita isi dengan air panas dari dispenser, tujuannya sih ingin membuat air minum yang hangat.

  3. bintangtimur says:

    Wah, infomasinya berharga banget….!
    Selama ini saya tidak terlalu perhatian pada jenis-jenis plastik yang aman digunakan buat menyimpan makanan/minuman, ternyata kita harus lebih hati-hati ya, jangan asal plastik aja… :)
    Botol air mineral juga banyak yang suka berulang-ulang diisi ya, saya suka dua kali ngisi juga sih, baru setelah itu dibuang…tapi setelah baca posting ini, kayaknya harus langsung dibuang deh, jangan coba-coba diisi ulang… ;)

    • papadanmama says:

      iya, dulu papa dan mama juga sering pakai sebarang plastik, tapi setelah tau gini jadi sering ‘angkat-angkat’ dan lihat pantatnya barang plastik :D

  4. andivan says:

    dapet ilmu lagi neh disini..
    thanks, papadanmama memang selalu peduli… :)

  5. nobhie says:

    nmakasihhh infonya mas
    next time saya akan liad kode di botol plastik hehe

    Berkunjung Dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

  6. uni says:

    terimakasih atas infonya papadanmama, berarti inget2 yg aman itu no 5 :D

  7. Mamah Aline says:

    saya jadi tahu arti kode segitiga pada kemasan botol,jadi athu mana yang cuma boleh sekali pakai. makasih banget infonya berguna buat saya…

  8. melly says:

    Aku sering gak merhatiin kode pengaman di botol plastik seperti itu. klo ada tanda segitiga aku pikir semua aman :D
    makasih pa-ma artikelnya, jadi lebih tau mana yang baik dan tidak baiknya :)

  9. sunflo says:

    makasih for sharing infonya… ^^ jadi tahu arti tanda segitiga kek gtu di plastik nieee…

  10. san says:

    makasih papadanmama,,
    selama ini saya sering lihat banyak orang yang menggunakan botol Aqua lebih dari satu kalii,,
    ehhh, ternyata itu berbahaya….

  11. orange float says:

    jadi kesimpulannya sebisanya gunakan kode 5 pp gitu ya…. thank’s infonya bagus :D

  12. sauskecap says:

    makasih infonya, saya sering lihat… tapi ga pernah ngamatin ada angkanya….

  13. Banana says:

    terima kasih informasinya, jadi nambah wawasan setelah membacanya…

  14. matanaga says:

    info yg okey?
    jadi tau mana yg aman dan sehat
    kalo masih ada yg ngga mancantumkan segitiga dan angka di dalamnya, bagaimana tuh?

  15. vany says:

    kalo makan makanan di wadah stereoform itu juga bahaya ya, mbak?
    thanks buat infonya… :)

  16. julie says:

    good info
    tapi sebenarnya penelitian tentang BPA itu masih simpang siur yang jelas kalo ada botol PC carilah yang memang bebas BPA seperti NUK (hihihi gw iklan)

  17. nA says:

    hehehehhee iya yaa, jarang merhatiin juga tanda2 seperti itu.. makasih papamama 4 remaining me…

  18. hanif IM says:

    soalnya jika dipake berulang2 zat kimia yang terkandung di dalamnya ya bisa memuai dan mencemari air di dalam botol.

  19. suarahatiku says:

    Ohh gitu yaah…duh aku banyak bgt alat2 makan dari plastik….

  20. depz says:

    info yg bagus

    makasih buat sharenya

  21. yazid says:

    sunguh berguna info ini utk kesihatan keluarga lebih2 lagi bayi kecil :-bd

  22. siteknocard says:

    INFO SANGAT BERMANFAAT. Kami juga ada info sangat bermanfaat, solusi bagi siapa saja yang ingin memiliki website! :-bd

  23. Lia says:

    Makasih infonya pa-ma, tapi slama ini saya sudah cari botol susu bayi yang bernomor 5 belum ketemu.. kalau di surabaya di mana saya bisa menemukan botol susu bayi bernomor 5 ya? ~O)

    • admin says:

      Halo Lia… memang susah carinya, pake no 7 aja dengan perlakuan tidak memasukkan air panas melainkan air hangat untuk buat susunya atau…. susunya dibuat diluar botol (pakai gelas kaca yg ada ujung untuk menuang), setelah selesai baru dimasukin ke botolnya.

  24. ade says:

    kalau botol no 7 katanya berbahaya, tapi bagaimana kalau galon aqua itu labelnya no.7, mohon diberikan pencerahan

    • admin says:

      Halo ade, no 7 itu other, jadi bahannya tidak termasuk di no 1 sd 6. Tidak semua bahan plastik tahan terhadap panas (air panas/kuah panas)

  25. kiki says:

    wah bagaimana kalau cetakan puding?kan banyak atau hampir semua dari plastik?dan puding dicetak saat masih panas/

    • admin says:

      Halo Kiki, cari cetakan yang ada no 5 & sebaiknya dari perusahaan yg jelas / bukan import dari luar yang murahan

  26. aruhadi says:

    trims infornya. ternyata saya baru tahu nih.

  27. sani says:

    bang sya mau tanya ni ……
    saya punya sport bottle dengan tanda segitiga di tengah nya 7
    apakah aman untuk di pakai?seberapa aman?
    bisa di pakai untuk air panas/hangat?
    ..
    cara pencuciannya bagaimana?
    ..
    bgini saya awalnya di tawarin jualan botol ini..
    pendek cerita saya terima tawarannya… nd saya ambil bbrapa sample untuk ngliat pasar..
    awalnya saya ga tau sama sekali kalo ada baik dan buruknya konsumsi air pake botol minum tapi setelah saya buka di mr.google sya baca eh ternyata bgni…
    tlng kasi saya saran n penjelasan bang…
    saya takut nantinya jadi madarat
    kalo emang ga aman di pake saya insya Allah kembalikan ini barang n ga bakall saya jual…
    sebelumnya makasih

    • admin says:

      Halo sani… utk angka 7, itu pasti ada pasangan kodenya, misalnya PC
      utk air minum dingin dan hangat tidak masalah, tapi kalo panas tidak baik.

      Selamat berjualan, semoga sukses…

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »