menyelesaikan-dengan-cepatDalam suatu waktu ketika anak kami sedang mengerjakan PR matematika, papa dan mama melihat sebuah trik cerdik untuk menyelesaikannya secara cepat. 10 lembar soal pengurangan yang tiap halamannya berisi 10 soal seperti 14-5=…, 14-7=…, 14-10=… dapat diselesaikan dengan sangat cepat, dalam beberapa detik saja dengan jawaban yang benar.

Karena merasa sedikit aneh dengan cara pengerjaannya, mulailah kami mengamati lebih dalam lagi. Oh ternyata…

Menyamakan tujuan antara orang tua dan anak

Bagi anak kami yang mendapatkan soal matematika diatas, masalah dia adalah bagaimana dapat menyelesaikan dengan cepat dan benar. Namun bagi para pengajarnya, setelah kami konsultasi adalah selain menyelesaikan dengan cepat dan benar yang penting juga cara penyelesaiannya harus diperhatikan.

Soal pengurangan seperti dibawah ini :
1. 14 -  5 = …
2. 14 -  7 = …
3. 14 - 10 = …
4. 14 -  6 = …
5. 14 - 11 = …
6. 14 -  8 = …
7. 14 -  9 = …
dst

dikerjakan oleh anak TK dan selesai dalam beberapa detik, tentu bikin kami penasaran.

Apa yang anak kami lakukan adalah mengerjakan dengan mengurutkan soalnya. Jadi dikerjakan dulu 14-5=9, dan kemudian dia mengerjakan soal 14-6, 14-7, 14-8 dst agar dapat menulis hasil 8,7,6 dst urut kebawah dengan cepat dan benar.

Karena titik berat tujuan PR matematika bagi anak kami adalah mengerti proses perhitungannya dan bukan sekedar mendapatkan hasil, maka papa dan mama segera menghentikan dan memberikan alasan kenapa harus urut dari atas. Tentu saja anak kami melakukan argumen dan bertanya, kenapa tidak boleh? Kan saya bisa mengerjakan lebih cepat dan benar?

Waktu itu kami pun menjelaskan dengan bahasa anak yang intinya bahwa saat ini skill/kemampuan menyelesaikan tiap soal lebih penting daripada kecepatan.

Persoalan dalam hidup mungkin tidak bisa anda urutkan seperti itu, namun harus anda hadapi dan selesaikan satu persatu. Karena dengan demikian anda akan menjadi orang yang lebih kuat.

Peristiwa ini membuat kami ingat juga akan sebuah kalimat, “Menjadi kaya itu mudah, yang penting bagaimana menjadi kaya dengan legal dan masuk surga“.

Jadi ingat berita markus yang rame nih :) dimana setiap orang ingin kaya dengan cepat dengan mengorbankan masa depannya sendiri.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

30 Responses to “Menyelesaikan dengan cepat itu perlu, namun gunakan jalan yang benar”

  1. Mamah Aline says:

    uraian yang menarik mba, salam hangat maaf baru mampir lagi

  2. gusthy says:

    “skill/kemampuan menyelesaikan tiap soal lebih penting daripada kecepatan.”
    saya suka banget…
    makasih papamama

  3. bintangtimur says:

    Bener mbak, bukan kecepatan dan hasil akhir yang penting dalam menjalani hidup, tapi proses untuk mencapai hasil akhir itu yang lebih penting…proses yang tidak selalu mudah, tapi pasti memberi satu pelajaran agar kita lebih dewasa :)
    Analogi-nya keren mbak, salut!

    • papadanmama says:

      “proses tdk selalu mudah, tapi pasti memberi satu pelajaran agar kita lebih dewasa”

      komentar yg menyejukkan sekali, membuat kami lbh bersemangat utk terus belajar dlm hidup ini.
      terima kasih banyak mbak ir :D

  4. anny says:

    Proses akhir akan mudah kita raih jika kita mampu melalui proses dan perjalanan dalam rangka pencapaian itu ya ma, pa :D

  5. yuniarinukti says:

    Makasih atas pembelajarannya Mama dan Papa, meskipun agak susah mengajari seorang anak..

  6. setujuuuuuu banget mba…
    sependapat ama mba Irma…

    kadang kadang kita suka terlalu fokus sama hasil akhir sampai melupakan prosesnya….

  7. zee says:

    Wow. Quote yang tepat, bagaimana menjadi kaya tapi legal dan masuk surga….

  8. andivan says:

    kirain trik menyelesaikan pengurangan dengan cepat, ternyata analogi keren yang berkaitan dengan solusi dan hasil akhir.. nice mba..

  9. julie says:

    yang penting memang proses ya ma
    keren dehhh pokoqnya kalo mama dan papa :D

  10. Ocehanburung says:

    Wah..wah… apa kabar papa dan mama??? bagamana kabar surabaya?? aman?? saya harap demikian… (jadi ngelantur..)

    Oke.. dari sudah buanyak posting yang papa dan mama tulis, tulisan ini yang paling, sangat, amat saya suka!!! karena tidak hanya pengetahuan yang ditawarkan, tapi juga pesan moral yang sangat mengena…

    Betul…

    Kadang dalam hidup, kita “dipaksa” untuk menjalani/melakukan apa yang tidak bisa kita kontrol namun kita harus menjalankannya.. untuk yang demikian senjatanya adalah.. sabar dan teliti… dua hal yang memang harus ditanamkan sejak dini kepada anak kita.. karena jika tidak, maka akan berat buat mereka untuk dapat mengarungi hidup ini…

    Salam….

    kalo boleh nyontek facebook… Like it!!!!!

  11. melly says:

    Jadi istilah lebih cepat lebih baik jg itu masih salah yah mba, klo dikejer waktu gmna?
    hehehe

    tp uraiannya pas bgt.
    apa kabar pa/ma ? dah lama gk mampir kesini :)

  12. matanaga says:

    pernah suatu ketika ada pelajaran matematik
    dan saya agak keteter sebab banyak jalan untuk mengkalkulasikannya
    dan kemudian anak pun lebih cepat tanggap lalu saya tenang
    tentang cepat kaya tetapi mengorbankan masa depan??
    hahahah.. jgn sampe dah! :)

  13. elmoudy says:

    beenr sekali itu papa n mama…
    proses akan jauh lebih penting drpd hasil..
    karna proses itu kan yang akan membentuk karakter
    baek buruknya proses… ya itulah karakter yg terbentuk kan

  14. jumialely says:

    Menyelesaikan masalah harus dengan jeli dan tidak tergesa-gesa ya mbak, trik, dan cara yang benar yang di butuhkan, untuk mencapai satu tujuan, maka kita harus melakukan langkah yang benar dan tepat pula. salam mbak

  15. sunflo says:

    tips yang cocok buat ortu dan guru niiee… jadi ingat kerjaanku yang dulu kala jadi guru… perjuangan memahamkan suatu materi ke murid2..dan aq lebih senang menjelaskan dengan proses agar mereka paham… ^^

  16. srex says:

    yak betul sekali, walaupun pada anak kecil memang lebih susah untuk memberi pengertian ttg esensi matematika, proses dari suatu pekerjaan justru lebih melatih kemampuan logika si anak..siiip….
    tx dah mampir yaa….

  17. Mr Psycho says:

    nah itu dia bro n sis, rejeki sudah ada yang mengatur, kalau korupsi dll itu yang mau cepat kaya nggak mikir dosa, satu per satu mulai masuk penjara deh

  18. filosofi pendidikan yang baik. Anak tidak saja diajarkan tentang bagaimana meyelesaikannya tapi juga cara mengerjakan dengan tepat. penting sekali diajarkan. hmmm guru yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas . selamat ya

  19. Mamah Aline says:

    menerapkan pemahaman secara mudah butuh trik yang jitu agar anak cepat megerti…, tipsnya bagus sekali buat digunakan mba

  20. suarahatiku says:

    Intinya prosesnya yah Mba…bukan hasil akhirnya yah…atau dua2nya penting??hehehe…btw, setuju bangaet sama kalimat terakhir…mungkin sama dengan idiom inii, muda kaya raya, tua foya-foya, mati masuk surga…hahaha…

  21. vany says:

    setuju, ams…
    yg terpenting bkn hasil akhirnya…
    tapi prosesnya…
    bagaimana cara anak2 itu paham dan mngerti bagaimana cara mengerjakan soal2 itu untuk selanjutnya…. :D

  22. vany says:

    eh, saia udah lama gak mampir nih…
    apa kabar, mama?
    semoga mama baik2 saja dan tetap semangat dlm mengajari anak2nya ya… :D

  23. depz says:

    lebih cepat (tak selalu) lebih baik

  24. wulan says:

    Inti pelajaran yang sangat bagus untuk dipahami anak yang sedang bertumbuh…
    Makasih sharingnya ya… :)

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »