susu-sapiArtikel baik atau burukkah susu bagi tubuh kita yang sebelumnya ini membahas soal susu masih sedikit sekali. Mari kita lihat potongan dari buku The Miracle of Enzyme by Dr. Hiromi Shinya: “Tidak ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu –kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi ti­dak akan minum susu. Mengapa manusia seper­ti menyalahi perilaku yang alami seperti itu?”

Manusia seharusnya hanya minum susu manusia (maksudnya ASI). Bagi yang ingin mengetahui keuntungan susu yang paling baik buat manusia (ASI) anda bisa baca di tag : asi.

Baik atau buruk susu menurut dr Shinya

Papa dan mama sendiri mula-mula tidak percaya dengan pernyataan kalau susu sapi tidak baik untuk manusia.

Itu gara-gara pabrik susu yang terus mengiklankan produknya, ujar dr Shinya. Mengapa susu paling jelek untuk manusia? Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis?

Bagaimana hal itu bisa terjadi ? Dalam buku tersebut diterangkan bahwa susu adalah benda cair, yang ketika masuk ke dalam mulut dan langsung mengalir ke kerongkongan. Akibatnya, susu tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita. Karena tidak bercampur enzim yang mempunyai fungsi untuk membantu pencernaan, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh terpaksa mengeluarkan cadangan “enzim induk” yang seharusnya dihemat.

Enzim induk ini berfungsi untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Jika enzim induk ini terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, pertumbuhan tulang akan terganggu yang akhirnya menyebabkan osteoporosis.

Waktu papa dan mama cari lagi, terus bagaimana pemenuhan kalsium untuk tulang kita? Di buku tersebut dikatakan bahwa untuk pemenuhan tersebut banyak makan ikan kecil.

Yang papa dan mama dapat lagi dari buku tersebut adalah:
1. Mengunyah makanan dengan baik akan memperingan kerja usus dan enzim induk. Proses mengunyah adalah proses pertama dari satu siklus dalam pencernaan manusia. Dalam buku tersebut dikatakan juga dalam air liur kita mengandung pembunuh jamur atau bakteri yang terdapat dalam makanan yang kita kunyah.

Usus dapat menyerap makanan yang berdiameter kecil (berapa ukurannya lupa deh). Karena itu makanan yang dikunyah dengan baik akan membantu penyerapan di usus, bila tidak maka pada saat buang air besar makanan itu akan dibuang lagi. Proses pembusukan di usus akibat makanan yang tidak dikunyah dengan baik ini akan memperberat kerja pencernaan.

2. Susu yang baik menurut dr Shinya adalah susu yang dihasilkan dari kedelai asli, menurut papa dan mama ini lebih mirip juice. Catatan : bukan susu kedelai instant dengan bahan pengawet tapi susu kedelai asli.

3. Minum sebaiknya dilakukan 30 menit sebelum makan, agar air sudah sempat diserap usus lebih dulu untuk mempermudah mencerna makanan yang akan masuk.

Sebagian besar dalam buku tersebut, dr Shinya banyak menyarankan agar manusia lebih banyak memakan buah, sayur, biji-bijian.

Waktu penelitian dan jumlah pasien

Setiap memeriksa usus pasiennya, dr Shinya sekalian melakukan penelitian. Yakni, untuk mengetahui kaitan wujud dalamnya usus de­ngan kebiasaan makan dan minum pasiennya. Dia menjadi hafal pasien yang ususnya berantakan pasti yang makan atau minumnya tidak ber­mu­tu. Dan, yang dia sebut tidak bermutu itu antara lain susu dan daging.

Dia melihat alangkah mengerikannya bentuk usus orang yang biasa makan yang ”jelek”,seperti benjol-benjol, luka-luka, berbisul, bercak-bercak hitam, dan menyempit di sana-sini seperti diikat dengan karet gelang. Usus orang yang makanannya sehat/baik, digambarkannya sangat bagus, bintik-bintik rata, kemerahan, dan segar.

Dibuku disebutkan sekitar 300.000 kali dr Shinya telah melakukan pemeriksaan usus manusia.

Ada yang sudah praktek? :) kunyah 30 kali itu waktu yang cukup lama namun berharga untuk dilakukan

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

39 Responses to “Baik atau burukkah susu bagi tubuh kita? (Bag 2)”

  1. wulan says:

    Simple…tapi bermanfaat..
    Good posting..
    Salam kenal :)

  2. gusthy says:

    wah informasi baru nih…
    betul2 baru..
    makasih papamama

  3. Ceritaeka says:

    Waduuuh suamiku kalo makan oatmeal pasti pake susu…
    piye iki.. :|

  4. bintangtimur says:

    Informasinya bikin saya ingin merubah cara makan deh, mbak… :P
    Makasih udah berbagi ilmu penting ini…ehm, saya juga seneng banget jadi komentator di urutan atas kayak gini ;)
    Mbak, selamat tidur ya, di garut sekarang udah lewat tengah malam…hiiii :(

  5. asfan says:

    jadi lebih tahu tentang susu nih…^_^
    nice posting euy…

  6. djoedy says:

    waduh saya jadi bingung mana yang benar ya susu sapi itu bagus untuk tubuh atau jelek untuk tubuh

    • papadanmama says:

      Beli bukunya aja biar gak bingung, karena disana lebih detail

      Kenapa begini? Kenapa begitu? Terus apa sebaiknya yang kita makan? Bagaimana caranya? itu ada juga disana.

      Cari informasi yang detail dan lengkap dulu, baru enak untuk memutuskan mau apa dan gimana.

  7. Ocehanburung says:

    Empat jempol untuk posting ini!!!

    so saya sudah bisa sesumbar kalo Susu sapi itu engga baik ya ??? papa dan mama yang tanggung jawab kalo semua pabrik susu instan bangkrut…

    hehehehehe…

    Salam….

  8. zee says:

    Saya suka minum susu kedelai. Dulu sempat langganan yang asli tp seringnya ya beli instant aja….

  9. anny says:

    Ternyata susu kedelai is better ya pa, ma :)
    saya gak mau mandang sebelah mata lagi deh sm susu kedelai ini he..he….

  10. matanaga says:

    susu yg sehat adalah susu yg langsung dari sumbernya?
    saya suka susu lohh..? tapi sejak jadi ayah sudah jarang
    ngalah sama anak :)

  11. Mr Psycho says:

    saya sudah jarang, tapi sesekali minum susu kok,kadang dicampur puding :D

  12. Mamah Aline says:

    baru tahu kalo susu sebenarnya gak berinteraski dengan enzim di mulut, banyak anak yang mengandalkan minum susu kaleng tapi gak makan nasi

  13. fandhie says:

    wah gw suka susu lho.. tp ga sering2 juga…

    btw kabar baik.. iya lama ga kunjung2an…
    lha wong postingan terbaru di blog saya juga itu temen yg bantu posting krn ga ada ide dan blm ada waktu hehehe..

    yg pasti keep bloging dong…

  14. waduh…horor begini….

    oooo….gitu ya mba :)
    Makasih banyak infonya ya mba…
    bermanfaat banget…

    Rada bingung juga kalo susu kedelai yang selama ini suka beli di tukang tahu beneran apa campuran ya???
    JAdi rada parno :(

  15. matanaga says:

    koq belon posting, Mah..? ;)

  16. orange float says:

    ngebayangi usus yang jelek itu, ih… serem banget.
    disini saya berkesimpulan sebaiknya makanan dikunyah sampai halus dan tak lupa sebelumnya minum susu kedelai. kalo susu untuk anti osteoporosis gmn, bagus ngak ????

  17. satu kata says:

    wah nice post bos, nambah pengetahuan nih

    salam kenal ya

  18. uni says:

    makasi papadanmama, hehe
    uni mesti ngurangin konsumsi daging en susu :D

  19. andivan says:

    kalo buat balita yang udah ngga mengkonsumsi ASI gmn neh pa-ma?
    jadi irit dunk ngga usah beli susu lagi, soalnya susu tuh masuk list belanjaan paling mahal.. hehehe..

  20. papadanmama says:

    Balita yang sudah tidak ASI sebaiknya pakai susu berbahan dasar soya dan untuk pemenuhan proteinnya bisa konsumsi ikan salmon, telor, tahu dan tempe.

    Sajian terbaik dengan stem ikan salmon, ada cara untuk menghilangkan bau amisnya.

    Untuk mengganti susu, biasanya diganti sedikit2 tidak bisa langsung deh, karena rasanya berbeda.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »