hugMusim liburan sekolah sudah tiba, anak kami yang besar juga mengadakan liburan sendiri. Tanpa papa dan mama, tapi bersama dengan nenek, si kecil naik kereta api dan pulang ke kampung.

Ini adalah pengalaman pertama bagi papa dan mama, karena si kecil keluar rumah untuk beberapa hari tanpa salah satu dari kami ikut. Ada rasa kuatir dalam hati, bagaimana nanti makannya, bagaimana nanti tidurnya, kuat atau tidak di perjalanan dsb.

Menikmati liburan

Sepanjang perjalanan dengan kereta api, papa dan mama beberapa kali menelephon menanyakan ini itu. Wah, ternyata anak kami suka sekali naik kereta api. “Ternyata naik kereta itu enak ya” :D begitu celetuknya

Tidak hanya itu, makannya selama liburan ternyata luarrrr biasa. Kami yang ada di rumah merasa lega, melihatnya dapat menikmati liburannya sendiri kali ini.

Pelajaran bagi papa dan mama

Suasana di rumah berbeda sekali, biasanya kalau kami di rumah, sering sekali terdengar suara anak yang menyanyi ABC, Twinkle-twinkle, terkadang juga suara anak bertengkar… anak menangis, teriak-teriak, tertawa cekikikan dsb.

Sekarang jadi berbeda, sepiiiii sekali. Kalau kami pulang kerja, hanya suara anak kami kedua yang sedang bermain sendirian.

Papa dan mama jadi teringat, kadang kita terlalu sibuk dengan cita-cita sendiri, sibuk mengejar ini itu dan kurang menikmati waktu bersama dengan anak-anak. Kurang menghargai keberadaan mereka dan kurang menikmati keributan yang ditimbulkan juga oleh mereka.

Dengan ditinggal liburan begini, ternyata ada ‘pelajaran’ kecil yang papa dan mama dapatkan. Kebahagiaan itu bukan apa yang kita punyai atau apa yang kita dapatkan, tapi apa yang kita nikmati dan syukuri.

Pulang Rumah

Hari ini anak kami sudah kembali ke rumah, lucunya begitu sampai di halaman rumah. Dia langsung mencari adiknya dan mencium pipinya kiri kanan bolak balik sampai semua orang tertawa melihatnya.

Ternyata dia kangen juga sama adiknya :D

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

28 Responses to “Belajar menghargai anak dan segala keributannya”

  1. zee says:

    Memang yang dicari dari anak ya keributannya itu. Memang berisik, tapi ngangenin .. :)

  2. matanaga says:

    sungguh menyenangkan bila semua itu tak terlewatkan oleh anak2, liburan
    dan betul.. jika segala keributannya di jadikan bahan untuk pertanggungjawaban kita sebagai ortu
    walau kadang2 ngeselin, hahahah.. dan kadang2 kita nyubitin, hihihii.. dan kadang2 lagi mereka suka becandain kita dgn candaan yg lucuw2, asyikkk!
    nice story ;b

  3. anny says:

    Betul papa, mama, kebahagiaan itu termasuk moment yang tak sepatutnya kita lewatkan, kebersamaan dengan buah hati adalah kesempatan istimewa dalam hidup, walau ada masa2 membuat kita jengkel namun itu sudah alamiahnya begitu, bayangin aja kl mereka udah remaja dan dewasa pasti kebanyakan waktu mereka udah milik teman2nya :D
    Jadi masa2 mereka kecil harus kita nikmati dan berikan kesan unforgettable buat mereka.

  4. elmoudy says:

    walau kadang anak suka bikin sebel.. tapi disitulah sebetulnya kita diajarkan untuk bisa mensyukuri keberadaannya.. kalau tak ada keributan.. rasanya kok sepi hehee

  5. gusthy says:

    jadi pingin cepat2 bikin nih hehehhe…

  6. ammadis says:

    Iyya…postingan ini semakin membuat saya sadar…ternyata keributan itu hanya sebentar….

  7. andivan says:

    hehehe.. iya papa mama.. tanpa mereka dunia sepiiiiiiiiiiiiii…. :D

  8. sepatubooth says:

    Kebersamaan bersama anak merupakan kebahagiaan sebuah keluarga, dengan berbagai keceriaan maupun keributannya bisa membuat rasa tersendiri yang bisa dinikmati :)
    Salam

  9. uni says:

    iya, klo ada anak kecil, suasana rumah jadi semarak :D
    tiap ada keponakan yg maen dirumah, rumah jadi rame, plus berantakan :D

    • papadanmama says:

      hahahaha, betul…betull
      anak2 membuat berantakan itu sangat sangat betul sis, membuat hati ini rasanya jengkeeell kl liat rmh berantakan tp mau dimarahi ya gimana wong namanya jg anak2, kl minta rmh kudu rapi terus kasian mrk, kan mrk jd tdk bs bermain :D
      yah begitulah dunia anak ya sis

  10. kebetulan di rumah blm ada tukang ribut..pengennya sih ada yg ngeributin jd rumah ga sepi..:(

    • papadanmama says:

      gimana kl sesekali nyoba jaga’in keponakan bro, biar tau serunya kl rmh dipenuhi anak2, dijamin psti rmh anda akan dipenuhi suara riuh mrk (kdg canda tawa, kdg jg suara tangis krn bertengkar), hehe :D

  11. srex says:

    Hebatnya “dunia” anak2 yaa…
    keceriaan dan suatu luapan perasaan (keributan) yang luar biasa akan mereka ekspresikan, manakala memperoleh pengalaman baru….dan memang saat2 seperti inilah mereka sedang belajar tentang dunia…bekal mereka di kemudian hari…

    • papadanmama says:

      benar sekali pak
      kdg berasa berisiiik sekali tp kl ga ada mrk rmh lgsg terasa sepiiii sekali, kemudian muncul deh rasa kangen sm canda tawa & tangis mrk :)

  12. bintangtimur says:

    Kebayang deh mbak liburan pertama tanpa orang tua. Kitanya kadang khawatir, tapi mereka justru menikmati saat-saat harus belajar mandiri… :)
    Anak-anaknya lucu banget deh, yang laki-laki itu persiiiis banget sama keponakan saya yang tinggal di Surabaya, menggemaskan…!

    • papadanmama says:

      hahahaha
      iya betul sekali mbak ir, wktu si sulung dlm perjlanan di kereta, aduuuhh…dlm sehari itu sy bbrp menelpon hy sekedar menanyakan apakah si sulung ud makan siang? bagaimana dia mabuk perjlnan ato tidak, rewel ato tidak?
      pertanyaan2 kecil yg menandakan kekuatiran mamanya, hehe :D

  13. r3tno says:

    Keributan dan kenakalan anak-anak bisa ngangenin ya Mbak??? tanpa disadari suasana menyenangkan itu akan cepat sekali berlalu seiring bertumbuhnya anak-anak menjadi dewasa kelak.

  14. suarahatiku says:

    Papadanmama apakabar???waahh ternyata anak kita punya kesukaan yang sama yah, seneng naik kereta api, hehehehe….btw, ada banyak hikmah yg kita dapatkan dari liburan panjang kemaren yah….kalo aku, seminggu bersama terus menerus membuat aku jadi makin dekat dan makin kenal karakter anakku…hehehe..(selama ini kemana aja yah…??)

    • papadanmama says:

      aiihhh senengnya dikunjungi oleh si mou ):D(
      kbr kami baik mou, smoga mou pun demikian yah

      naik kereta api??? waah, dia senang sekali krn baru pertama kali itu melakukan perjlnan dg kereta, jd pengalaman ngga terlupakan deh. Bahkan saking senangnya smp dia lupa sama mama papanya, hahaha :D

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »