berbahagiaBeberapa hari yang lalu papa dan mama mendengarkan sebuah tips dari radio mengenai apa yang membuat orang berbahagia. Setelah mendapatkan, mencerna dan memikirkannya, ternyata memang benar apa yang dikatakan pembicara tersebut. Apakah uang? Apakah pekerjaan ? Apakah pasangan atau anak atau family?

Yang membuat orang berbahagia

Berdasarkan sebuah riset di luar sana, ternyata yang membuat orang berbahagia bukan uang. Uang tidak membuat anda berbahagia. Bila basic need seseorang seperti rumah yang layak dan kebutuhan makan setiap hari sudah terpenuhi maka kenaikan harta tidak sebanding lurus dengan kebahagiaan itu sendiri.

Lain cerita bila seseorang itu tidak punya rumah dan kebutuhan makan masih belum terpenuhi maka uang bisa membuatnya menjadi bahagia, namun diatas itu kekayaan tidak bisa menambah kebahagiaannya.

Jadi tidak usah korupsi…hiduplah jujur, toh kekayaan berlebih tidak akan membuat kebahagiaan meningkat dengan pesat. Hidup jujur akan lebih memberikan kedamaian dalam hati dan dalam kehidupan seseorang.

Lalu apa?

Pendidikan yang tinggi, S1, S2, S3 juga tidak membuat seseorang menjadi lebih bahagia.
IQ yang cerdas, juga tidak. Banyak orang yang mempunyai kemampuan otak yang biasa namun dapat menjadi orang yang berbahagia.

Dari riset tersebut ternyata:
1. Arti hidup atau agama itu yang membuat seseorang dapat menjadi berbahagia. Bagaimana hubungan anda dengan Sang Pencipta? Itu yang bisa menaikkan kebahagiaan anda
2. Family atau keluarga, baik itu papa, mama, adik atau kakak anda bisa membuat seseorang itu menjadi berbahagia.
3. Sahabat atau teman. Coba anda perhatikan…. seseorang akan lebih sering tersenyum atau tertawa saat bertemu dengan sahabat atau temannya dibanding saat dia sendirian. Data ini juga papa dan mama dapatkan dari survey.
4. Pekerjaan atau kesukaan yg dilakukan. Bila seseorang melakukan pekerjaan yang disukai, maka itu bisa membuatnya menjadi lebih berbahagia. Kebalikannya, bila seseorang itu melakukan pekerjaan yang tidak disukai seringkali dia mengeluh atau tidak berbahagia.

So… teman-teman mari kita lihat dan tata lagi…. apakah yang kita lakukan akan membuat kita berbahagia? Semoga !

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

58 Responses to “Apa yang membuat orang berbahagia?”

  1. Mr Psycho says:

    kebahagian ditentukan oleh pikiran dan kemampuan kita mensyukuri keadaan ya bro n sis .. tak perlu jauh2 dengan mobil ferari atau rumah sebesar lapangan bola, seorang jomblo yang dapet pacar, bisa merasakan kebahagiaan hehehe

  2. anny says:

    Setuju banget papa, mama, bahwa kebahagiaan akan terasa banget jika kita merasa hidup dalam ridho Nya, dan punya dukungan dari keluarga, sahabat, dan juga ketika kita punya aktivitas yang bikin kita sreg :D

  3. Srex says:

    Numpang share yaa….
    Kebahagiaan seseorang berkembang menurut tingkat kebutuhannya, jadi tidak dapat disamakan antara orang satu dg orang lainnya. memang secara prisip, kebutuhan dasar harus dipenuhi dulu, baru orang tsb dapat mnikmati kebahagiannya…dan akan makin berkembang selaras dg tingkat sosialitasnya.
    (google: Maslow pyramid theory)

  4. bintangtimur says:

    Kebahagiaan setiap orang tentu berbeda. Bila dia senang bersosialisasi, tentu teman yang banyak akan membuatnya bahagia. Bila orang tersebut suka menumpuk materi, uang yang banyak akan membuatnya merasa bahagia. Bila dia suka memberi, maka saat memberi adalah saat dia merasa sangat bahagia :)
    Mbak, posting ini bikin saya makin yakin, bahwa kebahagiaan kita akan terjaga bila kita dekat dengan Sang Pencipta dan selalu berempati pada sesama manusia…

  5. vany says:

    mnrt saia kebahagiaan itu relatif siyh, ma…
    trgntung cara pandang kita…hehehe
    tapi, yg paling penting kalo diri kita sendiri bahagia baru saia senang melihat org lain bahagia.. :D

  6. gusthy says:

    kebahagiaan bersumber dari dalam diri kita sendiri, tergantung bagaimana pemahaman kita terhadap kehidupan.
    makasih

    • papadanmama says:

      sama aja dg begini kali ya gusthy : kl kita bs mensyukuri apa yg telah Tuhan berikan, psti kita akan merasa bahagia
      hehe…makasih jg gusthy

  7. matanaga says:

    idem atau sda dengan teori mas gusti..
    sedikit mendefinisikan bahagia yaitu punya temen baik, support dan bisa di ajak pacaran..?? lohh!
    post yg menarik.. papadanmama-dejombisitimaule ;p

  8. julie says:

    kebahagiaan hanya bersumber dari hati dan pikiran

  9. nuun says:

    semua point dalam postingan, sy rasa 100% benar. Mudah2an, bahagianya kita di dunia, berlanjut hingga di akhirat kelak.

  10. “Sukses bukanlah kunci menuju ke kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci menuju sukses. Bila Anda menyukai yang Anda kerjakan, Anda akan sukses…”Saya tunggu kunjungan balik di website saya thx, sukses selalu

  11. orange float says:

    kita terlahir sudah membawa kebahagiaan masing-masing

  12. andivan says:

    kebahagiaan yg paling dekat ingin kuraih adalah berkumpul bersama suami dan anak2. setelahnya tergantung individu menyikapi semua masalah, jika dijalankan dengan bersyukur pasti kurang-lebihnya hidup seseorang akan diterima dengan ikhlas dan lapang dada.. bahagia deh… hehehe.. gampang2 susah yaaa…..

  13. cahayabali says:

    bener banget….kebahagiaan tak hanya dilandasi dengan materi saja

  14. idana says:

    setuju dengan isi postingan, setuju dengan komen mba irma…bahwa kebahagiaan kita akan terjaga bila kita dekat dengan Sang Pencipta dan selalu berempati pada sesama manusia‚Ķ

  15. r3tno says:

    Bahagia gak akan datang dengan sendirinya, berusaha menumbuhkan kebahagiaan kita setiap saat :)

  16. kebahagiaan manusia tidak bs diukur karna bahagia berbicara tentang rasa, tidak hanya tergantung pada keadaan yg situasional tp juga dari hati

  17. uni says:

    bahagia memang ga selamanya datang dari faktor eksternal, bahagia yg sejati selalu ada dalam diri ^_^, dan tak sulit untuk ditemukan :)

  18. wibowo says:

    saya bisa menikmati hidup, ketika ada keluarga yang “menyalahkan” jalan yang saya ambil ternyata salah.
    saya bisa menikmati hidup dengan gaji yang buat ukuran tertentu sangat jauh dari layak.
    dan saya bisa bahagia, karena bahagia saya ciptakan sendiri. dihati..

    kunjungan perdana. salam kenal ya ^_^

  19. zee says:

    Wah itu benar sekali. Keluarga, sahabat, pekerjaan bisa bikin bahagia… Saya baru sampai pada tahap itu. :)

  20. JUN says:

    Amin, semoga saja :)

  21. lipat brosur says:

    membuat orang berbahagia adalah jika keinginan mereka terkabulkan

  22. isti says:

    kebahagiaan memang berasal dari diri sendiri

  23. julie says:

    berkunjung lagi
    aku berbahagia karena membaca postinganmu mah :D

    • papadanmama says:

      duuuh…makasiih banget atas perhatiannya ya
      sy malah msh blm sempet kunjung balik ke rmh julie
      maaf yaaa…nanti kl kesibukan dah sdkt mereda sy psti kunjung deh :)

  24. elmoudy says:

    pertanyaan yang sulit..
    kira2 apa ya yang bisa membuat bahagia..
    atau bahagia itu yg gimana??
    ampe sekarang aku masih sedang mencari makna sejatinya itu mamadanpapa….

    • papadanmama says:

      dari para komentator byk yg sependapat bahwa kebahagiaan sejati bersumber dari hati & kedekatan kita dg Sang Pencipta.
      smoga kow pun segera menemukan arti kebahagiaan bagi dirimu sendiri ya sobat :D

  25. setujuuuuuuu…
    kalo menurut aku mah pada dasarnya sih…happiness is a state of mind…jadi kalo kita berfikiran bahwa kita orang yang bahagia …berarti kita orang yang berbahagia…demikian juga sebaliknya…

    • papadanmama says:

      ahhh….pemikiran yg sederhana
      artinya kita ingin hidup bahagia, kita hrs berpikir bhw saat ini kita sdh mendptkan kebahagiaan itu, bukan begitu Ry :)

  26. bintangtimur says:

    Mbak, posting dong, posting…kangen nih :D

    • papadanmama says:

      duuuh…mbak irma, makasiih banget atas perhatiannya yaaa
      sy jd terharu, hiksss

      krn kesibukan ngurus si kecil yg baru msk sekolah (si sulung msk SD & si bungsu msk PG yg msh perlu ditemani) jd blm sempat posting & berkunjung ke rmh teman2
      maaf banget ya….

  27. anny says:

    Mana Updatenya papa, mama :D
    Banyak yg kangen nih termasuk daku he..he…

    • papadanmama says:

      duuh…terima kasih buat perhatiannya teh
      sy jg kangen berkunjung ke blog teh anny

      maaf, blm sempat posting & BW krn kmrn2 msh sibuk nemani & ngurus anak2 awal msk sekolah.
      bila semua dah selesai sy janji psti silahturahmi lg ke rmh teman2

      have a nice day :)

  28. [...] ada beberapa hal yang membuat berbahagia (baca artikel sebelumnya) atau beberapa hal yang dapat membuat seseorang itu tersenyum dan tertawa, [...]

  29. miyosi says:

    mbk aku izin share, kukasih sumber kok :D

  30. fandhie says:

    nomor 4. itu dah saya buktikan dalam hidup sendiri…
    biarpun harus melakukan pengorbanan yg sangat besar utk mendapatkan pekerjaan yang saya sukai, begitu tercapai rasanya hidup udah paling bahagia banget dah. kagak ada jenuh dan bosennya bekerja. malah klo liburan kelamaan kangen ma kerjaan. apalagi trus ditunjang dengan kehadiran sahabat dan teman yg seru, cocok dan sejalan. kapan aja ada klo kita lg butuh bersosialisasi. Dan yang paling utama karena saya selalu sadar apapun yang terjadi dalam hidup saya Tuhan sudah mempersiapkan yang terbaik, tinggal tergantung usaha saya seperti apa.. :-)

    *nyolong posting nih wkwkwk*

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »