baby-smileDalam sebuah penelitian, ternyata dalam satu hari seorang anak itu tersenyum atau tertawa adalah sebanyak 300 kali dan seorang dewasa itu sekitar 15 kali ! Wah, suatu perbedaan angka yang amat jauh ya… kalau di hitung secara rata-rata, berarti seorang anak itu tersenyum atau tertawa adalah tiap 3 menit dalam 14 jam per hari nya, sedangkan kalau seorang dewasa itu tersenyum atau tertawa adalah setiap 64 menit dalam 16 jam per harinya.

Mengapa demikian?

Selain ada beberapa hal yang membuat berbahagia (baca artikel sebelumnya) atau beberapa hal yang dapat membuat seseorang itu tersenyum dan tertawa, tersenyum atau tertawa juga sedikit banyak dipengaruhi oleh sifat dasar seseorang.

Apakah dia seorang sanguin yang populer, yang suka tersenyum, bahkan saat tidurpun dia terkadang masih tersenyum ! Atau dia seorang korelik sang pemimpin yang dapat diandalkan, seorang melankolis yang sempurna atau seorang plegmatis yang cinta damai?

Namun pengaruh terbesar terhadap seseorang itu mudah tersenyum atau tertawa adalah pikirannya saat itu.

Seseorang yang stress atau tertekan, tentu akan lebih jarang tersenyum… bagi anda yang jarang tersenyum, coba cek lagi… apakah ini penyebabnya? Apakah stress karena pekerjaan? Dead line?

Tahukah anda, kalau dengan tersenyum atau tertawa sejenak akan dapat melonggarkan ketegangan dan dapat memberikan power atau tenaga pada anda untuk kembali bekerja?

Suatu hari ketika papa terlambat berangkat kerja, stress juga karna jalanan macet sekali dan sampai di jalan kecil ada mobil yang tidak bisa lewat karena diserobot motor dan motor tersebut berhenti namun kurang ke kiri dikit.

Disini papa perhatikan si sopir mobil, dia tidak marah, cuman diam. Yang dibonceng si pengendara motor turun dan mengangkat pantat motornya ke kiri hingga mobil bisa kembali jalan. Disini terlihat si sopir tertawa bersama temannya karena kecerdikan motor tersebut.

Peristiwa kecil ini membuat papa dan mama tersenyum, karena ulah motor itu memang salah namun dia cukup cerdik untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkannya. Daripada fokus kepada kesalahannya dan menambah beban sendiri karena stress macet tadi, lebih baik papa tersenyum dan fokus pada ulah cerdiknya itu.

Senyum itu menular lho !

Jadi sobat, tersenyumlah disetiap kesempatan dan bila anda punya anak kecil yang suka bercanda sampai cekikikan, ingatlah kalau dalam 1 hari, mereka bisa seperti itu sampai 300 kali. Keep smile and say… cheeeess

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

46 Responses to “Sudahkah anda tersenyum hari ini?”

  1. isti says:

    keep smiling :D

  2. bintangtimur says:

    Horeee, udah ada posting baru disini :D
    Saat baca posting ini saya sudah menambah jumlah senyum yang saya lakukan sepanjang hari ini…banyak lagi, siapa tau bisa lebih menyehatkan jiwa dan raga ;)
    Kalau ingin tertawa (artinya lebih dari sekedar tersenyum ya…) saya selalu pergi ke lapangan tennis dan bermain tennis sepuasnya. Disana tertawa itu sangat mudah, senyum juga tak henti terus mengembang…apalagi kalau lagi main bagus, waaaah, maunya senyum terus, mbak…hehehe :D
    Yup, trima kasih tips-nya, mari kita tersenyum agar dunia menjadi lebih ramah kepada kita… :)

  3. anny says:

    Horeeee juga, ada newpost disini :D
    Pam, Mam. Suerrr hari ini saya dikantor dari pagi stress akibat pekerjaan dan customer yang super ngeyel he..he…, udah baca posting papa mama, saya mau sejenak longgarkan urat dengan dengar musik supaya tersenyum dan rileks, makasih artikelnya papa, mama :)

  4. gusthy says:

    heheheeheheheheheehehehheehehehhe
    hahahahaahahahahahahahahahahah
    hihihihihiihihihihihihihihihih
    senyum terus hahahahahahaha
    mantap

  5. zee says:

    Saya kalau sudah bete bawaan jengkel deh dan malas senyum.
    Biasanya butuh coca cola dingin biar adem hahaha…
    Tapi klo sudah ketawa, bisa ga berhenti-henti :D

    Saya setuju lho, senyum itu menular. Terima kasih udah mengingatkan karena saya akan membiasakan diri tersenyum sering2… :)

  6. kebetulan hari ini banyak kerjaan trus meeting,dll..jadi susah tersenyum neh…hiks..hiks.

  7. uni says:

    hanya ingin senyum :D
    makasi papadanmama, memang benar ya, para ‘malaikat kecil’ itu begitu pandai tersenyum :)

  8. orange float says:

    apalagi kalo ketemu cowok cakep pasti bawaannya pengen senyum aja(senyum senyum malu maksudnya) :]

  9. elmoudy says:

    tersenyum pada pagi hari sangat menyenangkan… apalagi dengan cuaca yang cerah.. langit biru dan udara segar… hmm.. kayak pagi hari tadi… senyum yang membahagiakan kayak bayi di foto itu.. rasanya gimana yaah… jadi inget ama yang di rumah hehehee

  10. andivan says:

    tersenyumlah, maka hari mu akan selalu indah.. hehehe
    nice post pa…ma.. :-bd

  11. yuniarinukti says:

    Eh.. bentar *ingat-ingat* tadi udah senyum belum ya??
    Syukur deh, hari ini aq sudah tertawa-tawa…
    Makasih Papadan Mama sdh diingetin :) :-bd

  12. Aku juga baca postingan ini sambil senyum senyum lhooooo :) =))

  13. dark says:

    benar sob, karena senyum adalah ibadah, bukankah begitu?

  14. sepatubooth says:

    he..he..ternyata pagi ini saya masih tersenyum mbak :))
    tapi kalau pas panas-panasan wah agak sulit kayaknya buat tersenyum @-)

  15. idana says:

    pagi tadi aku senyum2 sendiri ma…setelah baca postingan ini jadi tambah lebar senyumnya :D

  16. Mamah Aline says:

    senyum itu ibadah, menularnya pun membuahkan pahala ya mba… saya mesti sering tersenyum juga

  17. Srex says:

    Posting yg menggelitik…
    Senyum itu mudah dan tidak menyakitkan atau menghabiskan energi, hanya dibutuhkan beberapa otot wajah untuk berkontraksi…jadi memang logis kalau kita tak perlu pelit untuk tersenyum…betapa indahnya dunia bila senyum merebak dimana-mana.

  18. Irawan says:

    senyum adalah obat stress paling murah dan mujarab… tetapi sekaligus menjadi pertanda orang stress…

  19. abru$e says:

    Habis baca post ini saya langsung ’senyum dikulum …
    btw senyum selalu membawa keindahan … http://papadanmama.com/blogs/w.....lies/4.gif

  20. sakurata says:

    Dan..senyuman adalah sedekah yang termudah :), tentunya senyuman yang tulus ya Bu

    Salam

  21. melly says:

    aku udah tersenyum pagi ini :)
    karena setiap pagi setelah bangun tidur aku usahain senyum :)

  22. fandhie says:

    hahaha saya termasuk org yang jarang senyum atau tertawa,
    tapi selalu belajar tersenyum ke org-org yg baru atau tidak kita kenal sekedar untuk menyebarkan energi positif hahaha..

  23. miyosi says:

    mohon maaf lahir batin atas smua ksalahan baik lisan maupun tulisan baik disengaja maupun tidak, met ramadhan (miyosi & kluarga)

    *mo lanjut jalan2 ke temen2 yg punya blog

    :D

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »