ibu-hamilSewaktu papa dan mama mengunjungi istri adik yang sedang mengandung, sampailah kami pada pembicaraan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kelahiran anak. Selain perlu barang untuk persiapan kelahiran anak di rumah dan persiapan kelahiran anak di rumah sakit, perlu juga persiapan fisik bagi mama untuk proses kelahiran normal.

Bagi anda yang ingin melahirkan dengan operasi, latihan fisik sederhana ini baik juga bagi anda karena bila fisik mama fit maka akan memberikan rasa percaya diri yang lebih bagi mama.

Latihan Pernafasan dan Otot

Masih ingat ketika hamil anak pertama dan kedua, mama selalu bangun pagi untuk berjalan kaki berkeliling mengitari komplek perumahan. Berjalan kaki bagi calon mama dengan usia kandungan diatas 7 bulan sangat banyak manfaatnya apabila dilakukan dengan tepat dan benar.

Apa fungsi jalan kaki bagi calon mama dengan usia kandungan diatas 7 bulan? Selain melatih secara fisik otot mama yang nantinya dipakai untuk proses melahirkan normal, ternyata jalan kaki membantu seorang calon mama untuk melatih pernafasannya.

Pada beberapa calon mama, ada kalanya saat hamil besar terjadi nafas yang pendek-pendek atau terasa agak susah untuk bernafas. Ini hal biasa dan bisa anda tingkatkan dengan berlatih jalan kaki.

Bagaimana cara jalan kaki bagi calon mama? Anda tidak bisa berjalan kaki dengan santai meskipun terasa berat di perut namun harus berjalan kaki dengan cepat. Ya, jalan cepat bagi ibu hamil diatas usia kehamilan 7 bulan adalah cara yang tepat untuk meningkatkan fisik calon mama, selain sekarang banyak senam kehamilan yang diadakan oleh banyak rumah sakit.

Pada saat jalan cepat, maka anda mau tidak mau akan belajar bagaiamana mengatur irama nafas anda. Hal ini akan diperlukan anda saat proses melahirkan secara normal, saat mendorong buah hati anda keluar dari rahim anda. Keteraturan tarikan nafas yang anda latih akan terasa sekali manfaatnya saat itu.

Bagaimana menghilangkan rasa malas untuk jalan kaki? Seorang teman yang baru melahirkan anak dengan operasi menghabiskan biaya sekitar 20 juta dan kelahiran normal akan berkisar sekitar 7 juta. Dengan berlatih jalan kaki cepat saat usia hamil diatas 7 bulan, berapa uang yang bisa anda hemat?

Cari teman untuk mendampingi berjalan kaki bila perlu, bangunkan papa bila perlu :))-  Tentu ada juga mama yang tidak tega membangunkan papa pagi-pagi untuk menemaninya berjalan kaki.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags: ,

22 Responses to “Latihan fisik sederhana bagi mama untuk persiapan melahirkan”

  1. fitrimelinda says:

    wah…tips buat masa depan neh.. :-bd

  2. Mamah Aline says:

    bagus sekali buat persiapan calon mama yang ingin lancar dan sehat ketika melahirkan mba, pasti banyak orang yang ingin tahu informasi ini

  3. gusthy says:

    ini juga wajib dibaca isteri saya hehehhe :D

  4. wah… semoga ini berguna bagai para pasutri….
    inilah indahnya blogging…. bersama cerdaskan bangsa…
    =D) =D) =D)

  5. Waktu hamil dulu juga aku rajin jalan tuh mba…
    Sambil bawa mp3 biar gak sepi…

    cuman payahnya hidup di komplek, tiap jalan pagi, banyak yang nyapa…yang akhirnya jadi ngobrol basa basi…hihihi..
    niat jalan 30 menit jadi cuman 10 menit deh karena kebanyakan ngobrol …hihihi…

  6. julie says:

    kapan yaaa aku hamil lagi? :D

  7. bintangtimur says:

    Mbak…jadi inget waktu hamil Risa dulu!
    Saya bela-belain ngepel rumah tiap hari sejak kehamilan masuk bulan ketujuh, hehe, jalan kaki sih udah pasti…saya selalu ditemenin tante yang tinggal di rumah saya. Kalo hari libur, baru deh acara jalan kaki tadi ditemenin sama suami ;)
    Thanks tipsnya mbak, saya bisa nularin ilmu ini ke ibu-ibu muda di lingkungan saya… :D

  8. anny says:

    Papa, mama kebetulan banget saya punya teman yang sedang hamil tua, saya mau kasih artikel ini sama dia ah he..he….makasih ya papa, mama :)

  9. zee says:

    Saya dulu termasuk yang aktif gak jelas.
    Saking aktifnya, malah jadi PKD karena malamnya gejala pre-eklamsia. :D

  10. julie says:

    mah mana nih tips barunya :D

  11. melly says:

    jadi pengen ngerasain hamil :D
    gmna caranya?

  12. junie says:

    pengalamanku waktu hamil dulu. Jalan-jalan pagi ditemani kakak dan keponakanku. Minggu pagi ditemani suamiku. Alhamdulilah, sampai pada waktunya semuanya berjalan lancar walaupun kelahiran buah hatiku harus dipacu dulu katanya sih anak pertama emang kaya gitu “cari jalan dulu” he…he…he… Nice posting thx infonya. Salam kenal :-bd

  13. Mempunyai anak merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Rasanya tak lengkap jika di tengah-tegah keluarga tanpa kehadiran si buah hati. Ketika seorang istri menunjukkan tanda-tanda kehamilan, harapan itu pun mulai tumbuh. Namun, risiko semasa kehamilan, saat persalinan, dan pasca melahirkan sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi ibu hamil, apalagi jika itu adalah pengalaman yang pertama kalinya. Bagaimana tidak, World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa ada 500.000 kematian ibu melahirkan di seluruh dunia setiap tahunnya. Adapun 99 persennya terjadi di negara berkembang. Berdasarkan angka tersebut, diperkirakan bahwa hampir satu orang setiap menit meninggal akibat kehamilan dan persalinan. Angka kematian maternal di negara berkembang diperkirakan mencapai 100 sampai 1.000 lebih per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan di negara maju berkisar antara 7 sampai 15 per 100.000 kelahiran hidup. Hal ini berarti bahwa di negara berkembang risiko kematian maternal adalah satu di antara 29 persalinan, sedangkan di negara maju adalah satu di antara 29.000 persalinan.
    Namun demikian, perawatan selama kehamilan dan persalinan yang telah diperbaiki dapat mengurangi kematian maternal dan kematian perinatal. Perbaikan aspek sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan dapat membantu mengatasi 64% penyebab kematian ibu. Selain itu, perbaikan penanganan klinis juga dapat mengatasi 36% kematian ibu. Lebih dari itu, sebenarnya risiko semasa kehamilan, saat melahirkan, dan pasca melahirkna tidak perlu dikhawatirkan seandainya kehamilan sudah dipersiapkan sedini mungkin. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah memiliki pengetahuan yang memadai mengenai kehamilan.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »