cerita-anakKemarin malam papa dan mama mendengar cerita bahwa ada seseorang yang cacat karna saat kecil mendapatkan pukulan yang keras dari papa dan mamanya. Ada juga yang sedikit tuli karena sering dipukul. Sebagai papa dan mama, anda harus tau bagaimana mengendalikan diri disaat marah, bila tidak bisa, cobalah berunding dengan orang sekitar, bila anda marah dan mulai tidak bisa menahan diri maka orang tersebut mengerti dan menghandle si kecil.

Salah satu sebab kemarahan papa dan mama biasanya adalah kenakalan si anak, tidak semua karna si anak, bisa juga karena si kecil mencontoh dari apa yang anda lakukan terhadap dia atau saudaranya.

Bagaimana agar anak mengingat ajaran orang tua?

Cara pertama agar anak menjadi ingat dengan ajaran papa dan mama adalah anda memberikan contoh secara nyata dan sengaja dengan berulang-ulang dihadapan dia. Contoh : Bila anda menasihati untuk selalu membuang sampah pada tempat sampah, maka anda sambil mengatakan “buang sampah di tempat sampah” lakukan juga hal tersebut dan ajak si kecil melakukan bersama anda.

Cara kedua adalah dengan cerita. Dengan bercerita baik dengan karangan anda sendiri tentang si kancil atau membaca buku cerita atau cerita tentang masa kecil anda yang positif, maka anda juga bisa memberikan pelajaran yang baik pada anak anda saat itu.

Papa dan mama melihat bahwa si kecil sekarang kalau keluar masuk kamar mandi selalu berjalan, tidak berlari seperti dulu. Terkadang kalau dia lupa, setelah kami mengatakan “kalau keluar masuk kamar mandi jalan saja” dia menyambung… iya, dulu waktu kecil saya pernah jatuh ya… kami pun tersenyum.

Memang waktu kecil dia pernah terjatuh gara-gara lari waktu masuk kamar mandi, jatuh yang ringan cuman hal ini kami tangkap dan sering kami ceritakan agar dia ingat kalau keluar masuk kamar mandi sebaiknya jalan.

Cara ketiga adalah dengan mendampingi melihat film anak. Ini sebenarnya sama dengan cara kedua, namun ada baiknya anda mendampingi anak saat menonton film anak agar anak menangkap apa yang positif dari cerita tersebut. Bila anak menjadi takut karna tokoh jahat dalam film anak, ceritakan dari sudut pandang yang positif sehingga anak dapat mengerti.

Jadi bagaimana agar anak mengingat ajaran papa dan mama? Beri contoh, libatkan dan berikan cerita bagi buah hati anda.

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

2 Responses to “Bagaimana agar anak mengingat ajaran orang tua?”

  1. kue natal says:

    Oya, film kartun juga mudah diingat lho

  2. evhie says:

    hemmmm….

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »