kartu-kreditPada jaman modern ini, Kartu Kredit dapat menjadi alat yang berguna bagi masyarakat modern tapi bila tidak bijak maka kartu kredit akan menjadi alat yang mematikan bagi penggunanya.
Mengapa demikian?

Salah satu faktor yang perlu anda ketahui adalah habis berapapun dengan kartu kredit akan terasa sama, maksudnya begini….

Setelah anda belanja habis 300.000, anda tinggal gesek dan tanda tangan diatas kertas tersebut, betul? Anda belanja habis 7 juta pun, anda juga tinggal gesek dan tanda tangan diatas kertas tersebut, benar? Tidak ada beda yang mencolok !

Efek diatas itulah yang kadang membuat seseorang itu terlena, terbuai kemudahan bertransaksi dengan kartu kredit. Bayangkan kalo anda bayar dengan uang tunai, pasti akan beda !

Cara bijak menggunakan dan menutup Kartu Kredit:

1. Milikilah hanya 1 saja kartu kredit, jangan terima bila ditawari dari 1 bank yang sama untuk jenis kartu berbeda. Jadi benar-benar hanya punya 1 bank 1 kartu saja. Satu kartu akan mempermudah anda mengontrol total pemakaian dan akan membuat anda fokus.

2. Tutuplah bila punya lebih dari 2 kartu kredit.

PERHATIKAN : Mintalah selalu memo penutupan kartu kredit tersebut, bila tidak dikirim mintalah lagi, jangan mau konfirmasi berdasarkan telpon saja

Kenapa penting ? Ketahuilah bahwa setiap permohonan kartu kredit maka nama anda akan tercatat di Bank Indonesia, sekalipun kartu kredit tersebut tidak anda pakai.

Memo penutupan ini BAIK UNTUK KESELAMATAN ANDA !  Banyak kasus, termasuk yang dialami papa dan mama… kartu kredit yang sudah diajukan untuk ditutup beberapa tahun yang lalu, sudah konfirmasi by phone, ternyata masih terlihat OPEN di Bank Indonesia (BI).

Banyak kasus yang lain, kartu kreditnya mulai menimbulkan tagihan iuran tahunan, yang semulanya adalah free/gratis.

Jangan berpikir, “Saya tidak akan bayar kalau ditagih”, maka disini akan menjadi kerugian bagi anda sendiri. Selain record anda terlihat jelek di BI, maka banyak energi yang akan terkuras karena kelalaian anda.

Pengajuan KPR anda akan tidak dapat restu dari BI. Hal kecil ini akan menghambat investasi anda yang besar!

3. Tidak usah malu bila punya hanya 1 kartu kredit saja. Kenapa gengsi? Bila gengsi akan membawa anda kepada kesulitan? Anda gengsi kepada siapa? Teman? Atau… anda ingin mendapatkan pengakuan status sosial dari teman? Bukankah sudah mulai timbul kesombongan dalam diri anda? Rasa ingin tampil lebih dari teman?

Saudara-saudara… tidak ada makan siang gratis ! Apa yang anda lakukan kelak anda harus bayar, mudah membuka kartu kredit, gratis, tapi ketahuilah untuk menutupnya ada harga yang harus dibayar, entah itu waktu anda untuk telp / pulsa anda kan?

Baca juga:

Kata kunci lain artikel ini:

Tags:

11 Responses to “Cara Bijak Menggunakan Dan Menutup Kartu Kredit”

  1. Ocehanburung says:

    Hmmmm… makasih infonya…

    saya malah baru mau bikin nih kartu kredit… abis kayanya ga keren hari gini ga punya kartu kredit..

    yang jelas tulsian ini bakal jadi rujukan saya…

    salam..

  2. depz says:

    huaaa….dah lama ga maen k blog informatif yg keren ini
    :D

    kartu kredit?
    astagaaa… saya kok blm punya yah
    hehe

    anw nice info :)

  3. steven says:

    :-bd thanks yach infonya…. ne saya lagi underwaiting aprove credit card, mudah-mudahan dengan informasi ini saya bisa menggunakan credit cardnya dengan bijak. :-bd =D)

  4. Kartu Kredit? takut ah….

  5. punya CC bikin jadi senang belanja :D

  6. nonaManis says:

    kangennnn berkunjung d blog ini :)
    betul pa dan ma cukup satu, dulu saya punya sejarah pelajaran yang sangat berharga walau pemakaian kartu kredit itu bukan untuk senang senang tapi cukupppp :) sekarang hanya 1 itu pun sudah terkontrol dengan amat sangat baik.

    • admin says:

      Waduh kangen juga nih :] Betul… sekali kau nonaManis

      • Kusnadi says:

        Halo salam kenal ..bagus deh blognya ..btw suka nulis arteikl tentang Bandung ga ?klo suka, share arteikl or tulis di Citizen Journalism web kita yah ..Oiya, jangan lupa follow (@BandungReview) dan like facebook fans page bandungreview.com juga yah!Thx

  7. Erwin says:

    pada intinya berapapun kartu kredit yg dimiliki asalkan pintar mengontrol penggunaannya… jangan besar pasak dari pada tiang… kalau sudah seperti itu mendingan gak usah mikir untuk punya kartu kredit… emang sih pas belanja senang cuma tanda tangan doang dapet barang yg di inginkan… tapi begitu tagihan datang apakah Anda bisa senang malah mungkin bikin pusiiiiiiiiiiiing… :-??

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:D =)) :-? :-bd :D/ =D) :] :(|) ~O) ):D( :-j :)) :-?? more »